Menu

Kemenangan Perdana Ole Gunnar Solskjaer setelah Dipermanenkan Manchester United

Manchester United menjamu Watford di Old Trafford pada hari Sabtu (30/3/2019) malam kick-off pukul 22.00 WIB. dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-31. Sekaligus menjadi laga perdana Ole Gunnar Solskjaer setelah diangkat menjadi manajer permanen Manchester United. Solskjaer tentu tidak ingin membuat noda dilaga debutnya sebagai manajer permanen MU, karena itu ia menurunkan tim terbaiknya. Di lini depan menurunkan Marcus Rashford yang diduetkan dengan Anthony Martial, didukung Juan Mata sebagai gelandang serang tengah. Sementara lini tengah yang mengatur serangan dan menjaga keseimbangan tim dipercayakan pada trio Ander Herrera, Nemanja Matic dan Paul Pogba. Dibelakang untuk menjaga pertahanan diisi empat bek antara lain Ashley Young, Chris Smalling, Phil Jones, Luke Shaw. Dan untuk penjaga gawang David de Gea masih belum tergantikan.

Sejak babak pertama dimulai tim tamu Watford berusaha keras menekan lebih dahulu pertahanan tuan rumah Manchester United. Sebuah kerja sama apik antara Adam Masina dan Roberto Pereyra membuka jalan bagi Abdoulaye Doucoure mendapatkan peluang di dalam kotak penalti, tapi tendangannya tidak cukup membahayakan gawang tuan rumah yang dijaga David de Gea. Manchester United masih berada dalam tekanan dan belum mampu mengendalikan permainan padahal bermain dikandang sendiri. Bahkan pada menit ke-11 hampir saja gawang MU kebobolan, berawal dari serangan cepat yang diakhiri dengan umpan lambung ke dalam kotak penalti berhasil ditanduk Troy Deeney, beruntung bola masih bisa ditepis David de Gea sehingga selamatlah gawang MU dari ketinggalan.

Sembilan menit kemudian tepatnya pada menit ke-20 Watford kembali menebar ancaman ke gawang The Red Devils. Gerard Deulofeu mengirim umpan matang yang langsung disambar tembakan kaki Pereyra, tapi bola terlalu lemah sehingga bola masih bisa diselamatkan. Sedikit mendapatkan ruang dari sebuah serangan balik, Luke Shaw di sisi kiri berlari kencang menggiring bola untuk kemudian mengirim umpan terobosan diagonal ke sebelah kanan yang kemudian berhasil dikuasai Marcus Rashford. Dua pemain Watford berhasil dikelabui Rashford untuk kemudian berhadapan langsung dengan Ben Foster kiper Watford. Dalam situasi satu lawan satu, Rashford sukses mengelabui Foster dan melepaskan sontekan bola yang mengarah ke gawang dan tanpa ada yang mampu menyelamatkan, bola masuk kedalam gawang pada menit ke-28 untuk keunggulan Manchester United.

Setelah berhasil mencetak satu gol, barulah para pemain Manchester United mulai keluar dari tekanan dan mengendalikan permainan. Hanya saja beberapa peluang yang tercipta belum mampu menambah keunggulan setan merah. Hingga akhir babak pertama Mancheser United sementara unggul 1-0 atas tamunya Watford.

Memasuki babak kedua tuan rumah kembali dibawah tekanan tim tamu, beberapa peluang oleh para pemain Watford sempat merepotkan para pemain MU. Daryl Janmaat yang mendapatkan bola dari umpan Doucoure tembakannya hanya melambung. Demikian juga dengan bola hasil tembakan Pereyra yang masih bisa diselamatkan David de Gea kiper MU. Sebelum Manchester United kembali dapat menambah keunggulan, sempat terjadi prahara di dalam kotak penalti MU. Deeney yang berhasil merebut bola dari penguasaan Nemanja Matic mengirim umpan pada Will Hughes, lalu mencoba menjebol gawang dengan terlebih dahulu mengarahkan bola ke dalam gawang, tapi hasilnya bola sedikit melebar dari gawang.

Dalam kondisi tertekan, Manchester United berhasil memanfaatkan serangan balik, umpan dari Andreas Pereira pada Jesse Lingard yang dilanjutkan melakukan tusukan dari sisi kanan untuk kemudian melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti, lalu disambut dengan sontekan Anthony Martial, tapi bola masih bisa dihalau Ben Foster. Bola liar dengan sigap dimanfaatkan Martial untuk menjebol gawang Wartford. MU unggul 2-0 atas tamunya Watford, gola tercipta pada menit ke-72. Ketinggalan dua gol membuat para pemain Watford mencoba melakukan serangan untuk memperkecil ketinggalan tapi selalu gagal.

Menjelang akhir pentandingan tepatnya pada menit ke-90 Abdoulaye Doucoure menguasai bola liar di dalam kotak penalti, lewat permainan satu dua dengan Isaac Success, Doucoure mengelabui pemain MU, lalu dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang mengubah skor menjadi 2-1. Disisa waktu tidak ada lagi gol tercipta, Manchester United menang 2-1 atas tamunya Watford. Berkat kemenangan kali ini untuk sementara menaikan Manchester United ke posisi 3 dengan 61 poin, menggeser Arsenal ke posisi 4 dengan 60 poin yang belum bertanding dengan selisih poin hanya 1. Perebutan posisi 3 dan 4 menjadi semakin sengit antara Tottenham Hotspur, Liverpool, Manchester United, Arsenal dan Chelsea.

Susunan Pemain:

Manchester United: David de Gea; Ashley Young, Chris Smalling, Phil Jones, Luke Shaw; Ander Herrera (Andreas Pereira 63′), Nemanja Matic, Paul Pogba; Juan Mata (Jesse Lingard 63′); Marcus Rashford, Anthony Martial (Marcos Rojo 77′)

Watford: Ben Foster; Daryl Janmaat (Kiko Femenia 55′), Christian Kabasele, Miguel Britos, Adam Masina; Abdoulaye Doucoure, Etienne Capoue; Gerard Deulofeun (Andre Gray 73′), Will Hughes (Isaac Success 81′), Roberto Pereyra; Troy Deeney