Menu

Kekalahan Pertama Manchester United dibawah Ole Gunnar Solskjaer Saat Menyerah 0-2 dari PSG

Manchester United (MU) menjamu Parist Saint-Germain (PSG) di leg 1 babak 16 besar Liga Champions UEFA 2018/2019 pada hari Rabu (13/2/2019) pukul 03.02 WIB. dini hari yang digelar di Old Trafford. Ini akan menjadi pertemuan pertama di kompetisi kompetitif. Akan tetapi belum ada tim dari Prancis yang bertandang mampu mengalahkan Manchester United di kompetisi Eropa dan di Liga Champions Eropa hanya ada dua tim Prancis yang mampu meraih hasil imbang yaitu AS Monaco di bulan Maret 1998 dengan skor 1-1 dan Lille pada bulan Oktober 2005 (0-0).

PSG sendiri bertandang ke kandang MU dengan modal baru sekali menang dari 10 pertandingan menghadapi tim-tim Inggris. Hal itu terjadi pada bulan Maret 2016 saat PSG berhasil mengalahkan tuan rumah Chelsea dengan skor 2-1 di babak 16 besar Liga Champions Eropa 2015/2016. Tapi kali ini, PSG membuktikan diri mampu juga mengalahkan Manchester United di Old Trafford dan mengulang sejarah seperti saat sukses mengalahkan Chelsea dikandangnya tahun 2016.

Sejak kick-off babak pertama kedua tim sudah memperagakan permainan menyerang sehingga enak buat ditonton dan tidak membosankan. Beberapa peluang terjadi untuk kedua tim tapi solidnya pertahanan keduanya membuat kesulitan untuk mencetak gol. Pada menit ke-5 Angel di Maria melakukan tembakan ke arah gawang dari luar kotak finati tapi sayangnya tembakannya meleset. Begitu juga dengan Ashley Young dan Rashford yang beberapa merepotkan pemain belakang dan kiper kawakan PSG, Gianluigi Buffon yang juga beberapa membuat penyelamatan gemilang dan hingga babak pertama berakhir skor masih 0-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim semakin gencar melakukan serangan dan baru pada menit ke-53 tercipta gol, berawal dari tendangan pojok Di Maria, bola melengkung ke tiang jauh gawang dan dari tengah kotak finalti, Presnel Kimpembe berlari mendahului pemain belakang MU menyambut bola dan menceploskan bola ke gawang MU yang dijaga David de Gea. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan PSG.

Hanya butuh 6 menit bagi PSG untuk menambah keunggulan, tepatnya pada menit ke-60 gol kembali tercipta untuk keunggulan PSG, diawali sebuah serang balik J. Bernat mengirim umpan terobosan dari tengah lapangan ke sisi kiri yang berhasil dijangkau dan dikontrol Di Maria. Angel di Maria kemudian mengirimkan umpan silang mendatar ke depan mulut gawang MU. Kylian Mbappe berlari merebuat bola diantara kawalang dua pemain belakang dan penjaga gawang MU, Kylian Mbappe sukses menyontek bola ke pojok gawang dan golpun tercipta, skor berubah 2-0 untuk keunggulan PSG.

Tertinggal dua gol, para pemain MU berusaha untuk mengejar ketertinggalan, tapi usaha dan kerja keras para pemain MU hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir tidak ada gol lagi yang tercipta, sehingga pada akhirnya Manchester United harus menyerah 0-2 dari Paris Saint-Germain (PSG). Ini adalah kekalahan pertama Manchester United setelah ditangani Ole Gunnar Solskjaer, sekaligus mengakhiri rentenan tren positif kemenangan dan tak terkalahkan MU sejak terakhir kalah pertengahan Desember 2018.

Bagi PSG kemenangan 2-0 di kandang MU selain mematahkan belum ada tim Prancis yang mampu mengalahkan MU dikandangnya juga membuka peluang mereka untuk dapat melaju ke babak perempat final. Peluang MU walaupun tipis masih bisa lolos asalkan di leg 2 di kandang PSG bisa mengalahkan PSG dengan skor lebih dari 2 gol, jika imbang 2-2 maka laga akan dilanjutkan perpanjangan waktu. Jadi intinya MU tidak boleh kalah atau seri di leg kedua nanti. Sedangkan untuk PSG lebih ringan bebannya di leg 2 karena hanya membutuhkan hasil imbang saja.

Susunan Pemain:

Manchester United: David de Gea; Ashley Young, Eric Bailly, Victor Lindelof, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic, Paul Pogba; Marcus Rashford (Romelu Lukaku 86′), Jesse Lingard (Alexis Sanchez 45′), Anthony Martial (Juan Mata 46′)

Paris Saint-Germain: Gianluigi Buffon; Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Marco Verratti (Leandro Paredes 75′), Marquinhos, Julian Draxler; Dani Alves, Kylian Mbappe, Angel di Maria (Dagba 81′)