Menu

Karolina Pliskova Menantang Naomi Osaka di Semifinal Australia Terbuka 2019

Petenis asal Republik Ceko, Karolina Pliskova akan menantang petenis asal Jepang Naomi Osaka pada laga semifinal Australia Terbuka 2019. Sebelum melaku ke semifinal, Karolina Pliskova berhasil mengalahkan petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams dalam 3 set dengan skor 6-4, 4-6, dan 7-5. Pertandingan yang berlangsung di Rod Laver Arena pada hari Rabu (23/1/2019), sebenarnya nyaris membuat Pliskova menyerah atas Serena Williams.

Keberhasilan Karolina Pliskova yang pernah menempati rangking 1 dunia itu lolos ke semifinal Australia Terbuka adalah yang pertama kalinya. Tidak mudah baginya untuk bisa melaju ke semifinal setelah unggul di set pertama, di set kedua dia malah harus menyerah dari Serena dan di set ketiga nyaris kalah setelah sempat tertinggal 1-5 dengan posisi match point untuk Serena. Dalam situasi tertekan Pliskova mampu bangkit dengan mematahkan tiga kali servis Serena dan merebut 6 poin beruntun lalu mengunci kemenagan untuk mendapatkan tiket ke semifinal.

Karolina Pliskova mengaku bahwa dirinya setelah menang di set pertama sedikit pasif di set kedua, sedangkan Serena bermain bagus dan permainannya meningkat. Dalam situasi tertekan Pliskova mencoba memotivasi dengan mencoba terus dan memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Dikutip dari Reuters setelah pertandingan selesai, “Dia meningkatkan permainannya di set kedua. Dia bermain sangat bagus, mengejar bola. Saya sedikit pasif. Pikiran saya bukan di ruang ganti, saya masih di sana. Saya sedikit pasif. Tapi saya bilang ‘ayo coba game ini’. Saya memaksimalkan peluang dan menang.” terang Pliskova.

Sementara itu lawan Karolina Pliskova di semifinal yaitu Naomi Osaka yang merupakan juara Amerika Serikat Terbuka 2018 berhasil maju ke semifinal Australia Terbuka 2019 setelah menyingkirkan Elina Svitolina yang merupakan unggulan keenam dalam dua set langsung dengan skor 6-4, 6-1.

Naomi Osaka (Foto: Aly Song/Reuters)

Pertemuan Karolina Pliskova dengan Naomi Osaka untuk kali keempat, sementara rekor pertemuan keduanya secara head to head Pliskova unggul 2-1. Bahkan dipertemuan terakhir di final Toray Pan Pacific Open, pada September 2018, Pliskova berhasil mengalahkan Osaka.

Pliskova mengaku akan menikmati pertemuannya dengan Osaka, menurutnya Osaka itu berbahaya, tapi tak ada yang lebih berbahaya dari Serena. “Saya senang bermain dua hari beruntun. Osaka berbahaya, tapi saya kira tidak ada yang lebih berbahaya daripada Serena. Jadi saya akan menikmatinya,” kata Pliskova.

Disisi lain Naomi Osaka memuji Pliskova yang akan jadi lawannya di semifinal, sebagai lawan yang berat, dan servisnya susah dibaca jadi akan sangat menyulitkannya. Masih menurut Osaka, Pliskova sekarang jarang membuat kesalahan sendiri jadi itu akan menyulitkan dirinya. “Saya sudah melawannya (Pliskova) beberapa kali. Dia benar-benar lawan berat. Saya jarang bisa membaca servisnya, jadi ini akan sangat sulit bagi saya. Sekarang dia tak terlalu banyak membuat kesalahan sendiri, itu sedikit berbahaya”, tutur Naomi Osaka