Menu

Juventus Atasi Udinese 4-1 Meskipun Tanpa Cristiano Ronaldo

Juventus lebih awal menjalani pekan ke-27 Seri A Liga Italia 2018/2019 dengan menjamu Udinese di Allianz Stadium pada hari Sabtu (9/3/2019) dini hari pukul 02.30 WIB. Mengingat Juventus pada tengah pekan yang akan datang tepatnya pada hari Rabu (13/3/2019) akan menjalani laga berat menjamu Atletico Madrid yang sudah unggul agregat 2-0 di leg kedua babak 16 besar Liga Champions UEFA. Karena itupula Massimiliano Allegri pelatih Juventus mengistirahatkan beberapa pemain utama seperti Cristiano Ronaldo dan memaiankan beberapa pemain muda dan cadangan. Walaupun Juventus tampil dengan tim lapis kedua yang dipadukan dengan pemain mudah ternyata mampu mengatasi perlawanan Udinese dengan skor telak 4-1 yang membuat Juventus kian kokoh di puncak klasemen Seri A.

Mengawali babak pertama Juventus langsung tampil menyerang mencoba menguasai jalannya pertandingan. Juventus mendapatkan gol pertamanya pada menit ke-10 bermula saat Alex Sandro berhasil mencuri bola yang diumpan pemain Udinese di sebelah kiri. Kemudian Sandro berlari sambil menggiring bola hingga mendekati kotak penalti, lalu melepaskan umpan silang ke depan gawang Udinese. Moise Kean penyerang muda berusia 19 tahun Juventus berhasil mencocor bola diantara dua bek lawan dan penjaga gawang, bola berbelok arah dan masuk ke dalam gawang, mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Juventus. Setelah gol pertama, baik Juventus maupun Udinese tampil lebih agresif dan saling membahayakan pertahanan lawan masing-masing walau tetap masih didominasi taun rumah Juventus dan Udinese sekali-kali melakukan serangan balik.

Pada menit ke-39 kembali penyerang mudah Juventus sukses menggandakan keunggulan. Berawal dari kesalahan pemain Udinese di tengah lapangan bermaksud member umpan pada rekannya berhasil dicuri dan dikuasai Moise Kean yang langsung menggiring bola masuk ke kotak penalti. Di dalam kotak penalti Kean mengarahkan dan menendang bola dengan penempatan ke pojok kiri gawang mengelabui hadangan pemain belakang dan kiper Udinese, mengubah skor menjadi 2-0 untuk Juventus. Keunggulan dua gol Juventus bertahan hingga akhir babak pertama selesai yang menjadi panggung untuk penyerang muda berusia 19 tahun Moise Kean. Melihat penampilannya kali ini mungkin harus lebih diberi kesempatan bermain lebih banyak lagi agar semakin terasah kemampuannya.

Memasuki babak kedua para pemain Juventus semakin nyaman dalam bermain terlebih dengan keunggulan dua golnya. Sebaliknya para pemain Udinese masih saja kerap kali membuat kesalahan sendiri yang menghukum mereka dengan ketinggalan dua gol di babak pertama. Menit ke-67 Juventus memperlebar skor menjadi 3-0. Diawali dengan umpan lambung dari tengah lapangan, kembali Moise Kean terlibat dalam adu sprint mengejar bola hingga ke kotak penalti dan dalam usaha perebutan bola, Nicholas Opoku mengganjal kaki Kean yang membuatnya terjatuh di dalam kotak penalti. Tak ayal lagi wasit langsung menunjuk titik putih. Dan Emre Can yang maju sebagai eksekutor tendangan penalti sukses menjalankan tugasnya, penjaga gawang tekecoh dengan bergerak ke arah kiri sedangan Emre Can menendang bola dengan pelan ke arah tengah.

Juventus semakin menjauhkan skor dengan menggenapkannya menjadi 4-0 pada menit ke-71. Berawal dari serangan dari sisi kanan yang kemudian diakhiri dengan sebuah umpan silang lambung oleh Rodrigo Bentacur, bola disambung dengan sundulan kepala Blaise Matuidi yang memantul ke tanah terlebih dahulu sebelum masuk ke pojok kanan atas gawang yang menyulitkan ditangkap penjaga gawang. Unggul 4-0 membuat para pemain belakang Juventus sedikit lengah, umpan lambung pemain Udinese ke sebelah kiri berhasil dikontrol dengan dada oleh Kevin Lasagna yang berdiri bebas sedikit menggiring bola masuk lebih dalam kotak penalti sebelah kiri gawang yang kemudian diakhiri dengan sebuh tendangan keras menyusur tanah ke arah pojok kanan gawang tanpa bisa diselamatkan Wojciech Szczesny kiper Juventus yang mengubah skor menjadi 4-1. Gol tercipta pada menit ke-84 dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan Juventus atas Udinese dengan skor 4-1 membuat posisi Juventus di puncak klasemen Seri A Liga Italia 2018/2019 semakin tak tergoyahkan. Hingga pekan ke-27 mengumpulkan 75 poin dengan 24 kali menang, 3 kali seri dan belum terkalahkan. Kemenangan Juventus atas Udinese juga semakin menegaskan dominasinya baik di Seri A dan memperpanjang rekor dengan enam kemenangan dari tujuh pertemuan terakhirnya dengan sekali imbang saat berhadapan dengan Udinese.

Susunan Pemain:

Juventus: Szczesny; Caceres, Barzagli (Bonucci 25′), Rugani, Spinazzola; Bentancur, Emre Can, Matuidi (Dybala 72′); Bernardeschi, Kean (Caviglia 80′), Alex Sandro

Udinese: Musso; De Maio, Troost-Ekong, Nuytinck (Opoku 25′); Ter Avest (Sandro 62′), Stryger-Larsen, Wilmot (Lasagna 46′), Fofana, Zeegelaar; Pussetto, De Paul.