Menu

Juergen Klopp Akhiri Kegagalan 6 Final Beruntun

Jurgen Klopp akhirnya dapat mengakhiri rangkaian kegagalan di 6 pertandingan final secara beruntun tanpa menghasilkan gelar juara yang diasuhnya bersama beberapa klub berbeda dengan kemenangan gemilang saat Liverpool meraih gelar juara Liga Champions UEFA 2018/2019 setelah di partai final mengalahkan sesama tim Premier League Inggris, Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 yang berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, pada hari Minggu (2/6/2019) dini hari WIB. Tuntas sudah rasa penasaran Klopp dengan keberhasilan mengangkat tropy sikuping besar itu, setelah musim lalu gagal meraihnya karena dikalahkan Real Madrid. Kini Jurgen Klopp sukses melakukan comeback sempurna dengan meraih gelar juara Liga Champions UEFA menebus kegagalannya di musim lalu.

Bersama Liverpool, Jurgen Klopp berhasil membawa anak asuhnya tersebut ke partai final Liga Champions UEFA dalam dua musim beruntun. Pada musim 2017/2018 Liverpool bertemu dengan Real Madrid di partai final, tapi saat itu Liverpool harus kalah dengan skor 1-3. Baru di musim ini 2018/2019 Liverpool berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0. Sebelum membawa Liverpool ke partai puncak dalam dua musim berturut-turut, Jurgen Klopp juga pernah membawa Borussia Dortmund ke final Liga Champions UEFA musim 2012/2013, tapi saat itu mengalami kekalahan dari Bayern Munchen.

Selain mengalami kekalahan di dua partai final Liga Champions bersama Liverpool dan Borussia Dortmund, Jurgen Klopp juga mengalami empat kekalahan saat mengantarkan timnya ke final. Semasa masih di Liga Jerman, bersama Borussia Dortmund, Klopp juga membawa Dortmund ke final DFB-Pokal tahun 2014 dan 2015 tapi mengalami kekalahan. Dua kekalahan lainnya dirasakan Jurgen Klopp saat sudah menangani Liverpool, yaitu kekalahan di Piala Liga Inggris dan Piala Eropa tahun 2016. Kini di tahun2019 Jurgen Klopp dapat merasakan manisnya gelar juara Liga Champions UEFA menebus enam kegagalan meraih gelar juara di partai final sebelumnya.

Jurgen Klopp begitu gembira setelah timnya Liverpool sukses meraih gelar juara Liga Champions UEFA 2018/2019 setelah menunggu 14 tahun sejak musim 2004/2005 terakhir kali juara, sekaligus gelar juara liga Champions keenam bagi Liverpool. Seperti dikutip dari BT Sport, Jurgen Klopp mengungkapkan rasa gembiranya “Saya sangat gembira untuk para pemain ini dan juga untuk fans kami, saya juga turut bahagia untuk keluarga saya. Mereka selalu menderita setiap tahunnya ketika ketika tampil di final, pertandingan terakhir, dan kami kalah. Mereka lebih pantas mendapatkannya dari yang lain karena mereka begitu mendukung saya. Pernahkah Anda melihat tim berjuang seperti ini, dengan sisa-sisa energi mereka?. Kami punya kiper yang membuat hal-hal sulit menjadi terlihat mudah. Bagus sekali, terima kasih banyak. Luar biasa sekali. Malam hebat. Bisa memperlihatkan trofi ini kepada orang-orang – ini mungkin malam terbaik dalam hidup saya, karier profesional.”

Memang Liverpool di musim 2018/2019 dibawah asuhan Jurgen Klopp tampil luar biasa, di liga Inggris hanya sedikit ketidakberuntungan yang membuatnya gagal menjadi juara Liga Inggris karena kalah 1 poin saja dari Manchester City. Liverpool mengumpulkan 97 poin hasil dari 30 kali kemenangan, 7 kali seri dan 1 kali menelan kekalahan. Demikian juga perjalanan di kompetisi Eropa begitu gemilang terutama saat partai semifinal menghadapi Barcelona. Di leg pertama saat bermain di Camp Nou markas Barcelona, Liverpool kalah 0-3, tapi dileg kedua saat bermain di Anfield, Liverpool membalikan keadaan dengan menang 4-0 atas Barcelona, sehingga Liverpool berhak maju ke partai final. Kemenangan atas Barcelona memberikan tanda bahwa di musim ini Liverpool akan mengangkat tinggi-tinggi tropy Liga Champions.

Dan pada akhirnya dengan para pemain berkualitas dan kerjasa tim yang baik serta pelatih berpengalaman sekelas Jurgen Klopp, berkat kesabaran dan kerja keras, Liverpool berhasil menjadi juara Liga Champions UEFA 2018/2019.