Menu

Jorge Lorenzo Resmi berpisah dengan Ducati Gabung Repsol Honda.

Jorge Lorenzo secara resmi sudah berpisah dengan tim Ducati, dan untuk MotoGP 2019 ia bergabung dengan tim Repsol Honda untuk berduet dengan Marc Marquez menggantikan Dani Pedrosa yang sudah memutuskan pensiun dari dunia balap MotoGP. Rider asal Spanyol itu sebenarnya dikontrak Ducati selama dua tahun sejak tahun 2016 dengan nilai kontrak mencapai 30 juta euro yang menjadikannya pembalap dengan bayaran tertinggi. Tapi, belum setengah musim berjalan tahun lalu, ia sudah menyatakan akan meninggalkan Ducati diakhir musim.

Sempat menjadi pusat perhatian di musim 2018 karena jauh-jauh hari Lorenzo sudah memutuskan untuk berpisah dengan tim Ducati diakhir musim, tapi Ducati menyatakan bahwa Lorenzo memberi dampak positif. Kepergian Lorenzo dari Ducati diduga karena adanya perselisihan dengan Claudio Domenicali yang tidak lain adalah CEO Ducati. Walau demikian, sang CEO menepis isu tersebut dan menyatakan tidak ada yang perlu dipersalahkan atas kepergian Lorenzo dari tim Ducati untuk musim 2019.

Seperti dikutip dari Crash, Claudio Domenicali mengatakan, “Kami belajar banyak pada sisi teknik dan manusiawi sebagai sebuah tim. Hidup memang seperti ini, sebuah cerita, orang-orang bertemu dan kita memiliki sebuah hubungan yang sangat positif. Hubungan dengan Lorenzo fantastis tapi banyak hal tidak berjalan sesuai yang direncanakan di mana bukan salah siapa-siapa, itu bukan kesalahan Jorge, ya begitulah. Kami rasa kami berada di sini setelah dua tahun yang sangat positif bersama. Kami sudah memenangi banyak balapan dan meningkatkan motornya, sekarang kami melihat masa depan dengan cara yang positif. Kami telah melalui banyak momen buruk, baik dan kami menatap musim 2019 dengan tangguh”.

Memang performa Jorge Lorenzo bersama Ducati bisa dibilang tidak memuaskan jauh berbeda ketika masih bersama tim Yamaha MoviStar sebelum bergabung dengan tim Ducati. Mungkin banyak permasalah yang dihadapi Lorenzo bersama Ducati yang tidak kunjung menemukan solusi atas performa motor yang ditungganginya dilintasan dan gaya membalapnya.

MotoGP musim 2019 tentu akan menjadi ajang pembuktian bagi Jorge Lorenzo setelah bisa dibilang kegagalan berprestasi lebih baik lagi bersama Ducati. Bersama Repsol Honda tentu Lorenzo berharap bisa berprestasi lebih baik lagi terlebih dia akan bersama Marc Marquez yang sudah dikenalnya. Dengan dukungan teknis dan motor yang bagus mungkin performa Lorenzo di musim 2019 ini akan menjanjikan menciptakan persaingan yang ketat dengan tim-tim MotoGP lainnya. Mari kita nantikan kiprah Jorge Lorenzo bersama Repsol Honda di tahun 2019 ini.