Menu

Jerman Menang Dramatis 3-2 atas Belanda di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Pertandingan klasik yang banyak dinanti penggemar sepakbola dunia adalah Belanda yang menantang Juara Dunia 2014 Jerman dalam lanjutan Grup C di kualifikasi Piala Eropa 2020. Belanda yang tampil gemilang di laga pertama Grup C saat menjadi tuan rumah menghadapi Belarusia berhasil memetik poin penuh, setelah Belanda menang dengan skor telak 4-0 atas Belarusia. Tapi saat menjamu tim kuat Jerman, pasukan Ronald Koeman tersebut harus takluk 2-3 dikandang sendiri. Kemenangan Jerman di kandang Belanda tidak didapat dengan mudah, setelah bekerja keras sepanjang 90 menit lebih pasukan Joachim Loew berhasil keluar sebagai pemenang dengan kemenangan dramatis dimasa injury time. Die Mannschaft sudah unggul 2-0 di babak pertama, untuk kemudian disamakan The Orange di babak kedua dan dipenghujung laga Jerman mampu mencetak gol penentu kemenangan.

Belanda menjamu Jerman di Johan Cruijff Arena, Amsterdam pada hari Senin (25/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. tuan rumah sejak awal laga sudah tertekan dari tim tamu. Serge Gnaby dan Nico Schulz hampir saja mampu membuat Jerman unggul cepat diawal pertandingan atas tuan rumah. Belanda baru bisa mengancam gawang Jerman setelah pertandingan berlangsung 12 menit, tapi tembakan keras Memphis Depay masih melambung diatas gawang. Tiga menit berselang dari ancaman tuan rumah, Jerman berhasil mencetak gol. Tusukan Nico Schulz dari sisi kiri yang memberikan umpan tari pada Leroy Sane berhasil dimaksimalkan oleh penyerang Manchester City tersebut dengan sebuah tembakan keras kaki kirinya yang membuat bola meluncur keras kedalam gawang tanpa bisa diselamatkan Jasper Cillessen penjaga gawang Belanda. Gol Leroy Sane tercipta pada menit ke-15 yang mengubah skor menjadi 1-0 untuk Jerman.

Tuan rumah Belanda yang berusaha menyamakan skor memperoleh peluang pada menit ke-25 umpan matang Quincy Promes di dalam kotak penalti disambut tendangan keras Ryan Babel yang dalam posisi bebas, tapi peluang emas tersebut gagal membuahkan hasil karena bola berhasil diblok Manuel Neuer penjaga gawang Jerman yang hanya menghasilkan tendangan sudut. Kegemilangan Manuel Neuer dalam mengawal gawang Jerman berlanjut di dua menit setelah memblokir tendangan Babel. Lagi Babel menerima umpan matang dari Promes di depan mulut gawang, tapi sontekan bola Babel kembali digagalkan reflek sempurna Neuer yang berhasil menghalau bola untuk masuk kedalam gawangnya. Kecemerlangan Manuel Neuer dibawah mistar gawang membuat prustasi para penyerang Belanda yang tak kunjung mencetak gol balasan.

Tim tamu Jerman yang berada dibawah tekanan setelah unggul 1-0 atas tuan rumah mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-34. Bermula dari umpan lambung Antonio Ruediger yang berhasil dikontrol Serge Gnabry diteruskan dengan menggiring bola melakukan tusukan kedalam kotak penalti dibawah tekanan Virgil van Dijk, Ganbry mampu melepaskan tembakan melengkung ke arah gawang yang gagal diantisipasi penjaga gawang Belanda. Bola menjebol gawang dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Jerman. Keunggulan 2-0 Jerman atas tuan rumah Belanda bertahan hingga akhir babak pertama usai.

Memasuki babak kedua pertandingan berlangsung semakin seru dan menegangkan. Tuan rumah yang tertinggal 2 gol di babak pertama langsung melancarkan serangan yang merepotkan pertahanan tim tamu. Pertandingan baru berlangsung 3 menit, tuan rumah Belanda berhasil mencetak gol untuk memperkecil kedudukan. Umpan silang bola lambung Memphis Depay ke dalam kotak penalti disambut tandukan kepala Matthis de Ligt, kali ini Neuer gagal menepis bola dan membuat bola masuk kedalam gawang pada menit ke-48 mengubah skor menjadi 1-2 masih untuk keunggulan Jerman. Gol cepat dibabak kedua membuka harapan dan semangat para pemain Belanda untuk menyamakan skor. Hingga akhirnya pada menit ke-62 sebuah kemelut di dalam kotak penalti dimanfaatkan Memphis Depay setelah bekerja sama dengan Giorginio Wijnaldum melepaskan tembakan ke arah pojok kiri bawah gawang tanpa bisa diselamatkan Manuel Neuer mengubah skor menjadi 2-2.

Setelah skor imbang 2-2 kedua tim semakin terbuka melakukan serangan-serangan saling menekan pertahanan lawan. Silih berganti Belandan dan Jerman menciptakan peluang tapi hingga pertandingan berada dipenghujung laga tak ada gol yang tercipta. Sepertinya pertandingan klasik kali ini akan berakhir dengan skor imbang 2-2. Sampai akhirnya dimasa injury time Marco Reus pemain pengganti yang masuk menggantikan Gnabry, melakukan tusukan dari sisi kiri sebelum akhirnya melepaskan umpan tarik yang disambut dengan tendangan Schulz yang memperdaya kiper Belanda, mengubah skor menjadi 2-3 pada menit ke-90. Hingga akhir pertandingan Jerman menang dramatis 3-2 atas tuan rumah Belanda.

Dipertandingan Grup C lainnya, Irlandia Utara menang 2-1 atas Belarusia untuk sementara memimpin klasemen dengan raihan 6 poin setelah di laga perdana menang 2-0 atas Estonia. Sementara Belanda diposisi kedua dengan poin 3 dan Jerman diposisi ketiga dengan poin sama 3 tapi baru satu kali bertanding. Sementara Estonia dan Belarusia masih belum meraih poin berada diposisi keempat dan kelima.

Susunan Pemain:

Belanda: Cillessen, Blind, Van Dijk, De Ligt, Dumfries, De Jong, Wijnaldum, De Roon (Luuk de Jong 90′), Babel (Bergwijn 46′), Promes, Depay

Jerman: Neuer, Ginter, Sule, Ruediger, Schulz, Kroos, Kimmich, Kehrer, Sane, Gnabry (Reus 88′), Goretzka (Guendogan 70′)