Menu

Italia Meraih Keamenangan 2-0 atas Finlandia di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Italia sukses meraih kemenangan saat menjamu Finlandia di Grup J kualifikasi Piala Eropa 2020. Selain Italia, Grup J juga dihuni 5 tim lainnya yang akan menjadi calon lawan-lawan berikutnya, diataranya ada Finlandia, Yunani, Bosnia Herzegovina, Armenia dan Liechtenstein. Menghadapi Finlandia di Dacia Arena pada hari Minggu (24/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.46 WIB. tuan rumah Italia mendominasi permainan hampir disepanjang laga. Dari data statistik pertandingan, Italia unggul 59% dalam penguasaan bola, melepaskan 11 tembakan melebar dan 3 tembakan on target. Sedangkan tim tamu Finlandia mencatatkan 41% penguasaan bola dengan 9 tembakan melebar dan 1 tembakan on target. Italia menang dengan skor 2-0 atas Finlandia, dua gola dicetak oleh Nicolo Barella dan Moise Kean.

Sejak awal babak pertama skuad asuhan Roberto Mancini bermain terbuka melakukan serangan-serangan yang merepotkan pertahanan Finlandia. Beberapa peluang tercipta diawal-awal babak pertama tapi para pemain belakang Finlandia masih bisa membendungnya. Namun, pada menit ke-7 pertahanan Finlandia akhirnya jebol juga. Berawal dari tendangan bebas Marco Verratti dari sisi kiri berhasil disundul pemain Finlandia dari depan gawang keluar kotak penalti. Tapi bola mengarah dan berhasil dikontrol oleh Nicolo Barella yang kemudian melakukan tembakan keras jarak jauh dari luar kotak penalti yang sebenarnya mengarah ke sebelah kiri gawang tapi kemudian membentur Sauli Vaisanen yang membelokan arah bola mengecoh kiper yang terlanjur bergerak ke sebelah kiri, sementara bola masuk gawang sebelah kanan, mengubah skor menjadi 1-0 untuk Italia.

Setelah ketinggalan diawal babak pertama para pemain Finlandia memperkuat lini belakangnya dengan sesekali melakukan serangan balik. Kedua tim hanya mampu menciptakan peluang tanpa membuahkan gol. Pada menit ke-13 umpan silang Kean disambut dengan tendangan Cristiano Piccini, tapi bole sedikit melebar dari gawang. Pada menit ke-24 Finlandia yang memiliki peluang saat Robin Lod hampir saja tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, tapi kemudian sebuah tekel krusial berhasil dilakukan Giorgio Chiellini untuk menyelamatkan gawang dari ancaman Robin Lod. Hingga akhir babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta, Italia tetap unggul 1-0 atas tamunya Finlandia.

Memasuki babak kedua tuan rumah Italia mencoba meningkatkan intensitas serangan, tapi selalu berhasil diredam barisan pertahanan Finlandia. Bahkan hampir saja Finlandia bisa menyamakan skor pada menit ke-65 bermula dari umpan silang Lod yang disambut sepakan kaki Teemu Pukki tapi beruntung bagi Italia bola sedikit melebar dari gawang. Tuan rumah baru bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-74, memanfaatkan umpan terobosan dari Ciro Immobile, Moise Kean menyelesaikannya dengan tembakan bola ke arah pojok kiri gawang yang tidak bisa diselamatkan penjaga gawang mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Italia.

Pada menit ke-81 Italia hampir saja menambah keunggulan tapi sepakan Fabio Quagliarella yang memanfaatkan umpan silang Federico Bernardeschi berhasil ditepis penjaga gawang. Hingga akhir pertandingan Italia tetap unggul atas Finlandia dengan skor 2-0. Untuk sementara Italia berada diposisi kedua, dibawah Yunani yang juga menang dengan skor 2-0 tapi menang gol tandang di kandang Liechtenstein. Diposisi ketiga diduduki Bosnia Herzegovina yang berhasil mengalahkan tamunya Armenia dengan skor tipis 1-0.

Susunan Pemain:

Italia: G Donnarumma; Piccini, Bonucci, Chiellini, Biraghi (Spinazzola 91); Verratti (Zaniolo 85), Jorginho, Barella; Bernardeschi, Immobile (Quagliarella 79), Kean

Finlandia: Hradecky; Granlund (Soiri 90), Toivio, S Vaisanen, Arajuuri, Pirinen; Lod, Sparv, Kamara; Hamalainen (Lappalainen 70); Pukki (Karjalainen 83)

tokoisipulsa agenpulsa