Menu

Inter Milan jadi Pemenang Derby della Madonnina Edisi ke-170

Derby della Madonnina edisi ke-170 tersaji di San Siro dalam lanjutan Liga Italia 2018/2019 pekan ke-28. AC Milan yang bertindak sebagai tuan rumah menjamu Inter Milan yang sama-sama tengah bersaing ketat memperebutkan posisi ketiga di klasemen seri A. Jadi, derby kali ini bukan sekedar adu gengsi dalam partai derby sesama tim kota Milan, tapi juga dalam persaingan memperebutkan posisi ketiga klasemen. Dari 5 pertandingan terakhir Derby della Madonnina sejak terakhir kali AC Milan mengalahkan Inter Milan dengan skor 3-0 di tahun 2016, Inter Milan sudah menang 2 kali dan 3 kali hasil imbang. Dalam derby kali ini Inter Milan sedang dalam periode kurang bagus, selain permasalahan dengan Mauro Icardi yang belum tuntas juga mereka baru saja tersingkir dari babak 16 besar Liga Europa.

Bermain di San Siro pada hari Senin (18/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.31 WIB. diluar dugaan Inter Milan berhasil unggul cepat pada menit ke-3. Diawali dari serangan dari sayap kanan, Ivan Perisic yang menerima umpan di dalam kotak penalti sedikit membawa bola ke arah luar kotak penalti sebelah kanan untuk kemudian melepaskan umpan silang lambung ke tiang jauh gawang sebelah kiri yang berhasil disundul Lautaro Martinez kedepan gawang, Matias Vecino secepat kilat menyambar bola mendahului pemain AC Milan, dan bola masuk ke gawang yang mengubah skor menjadi 1-0 untuk Inter. Berselang lima menit Lucas Paqueta nyaris menyamakan kedudukan, andai saja tembakan keras jarak jauh dari luar kotak penalti tidak berhasil diblok penjaga gawang Inter. Setelahnya kedua tim silih berganti saling melakukan serangan, tapi hingga akhir babak pertama Inter Milan tetap unggul 1-0 atas AC Milan.

Di babak kedua Inter Milan kembali menambah gol, tepatnya pada menit ke-51, bermula dari umpan silang lambung Matteo Politano dari luar kotak penalti sebelah kanan ke tengah kotak penalti, bola berhasil disundul Stefan de Vrij ke arah dekat tiang gawang sebelah kanan. Walaupun bola telah berusaha diblok penjaga gawang, tapi bola lebih cepat masuk ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 2-0. Entah terlena dengan keunggulan 2-0, enam menit berselang AC Milan berhasil memperkecil keunggulan. Berawal dari tendangan bebas dari sepertiga lapangan dilakukan oleh Hakan Calhanoglu mengarah ke tengah kotak penalti. Dalam sebuah perebutan bola di udara, Tiemoue Bakayoko sukses menyundul bola dan bola masuk ke dalam gawang tanpa bisa dicegah penjaga gawang. Gol tercipta pada menit ke-57 dan mengubah skor menjadi 1-2.

Sepuluh menit berselang setelah AC Milan memperkecil ketinggalan, Inter Milan mendapat keuntungan setelah wasit menghadiahkan tendangan finalti. Diawali dengan serangan di sisi kiri, Politano menggiring bola ke kotak penalti mencoba mengelabui Samu Castillejo pemain AC Milan dan membuat Politano terjatuh dalam kotak penalti. Wasit kemudian menunjuk titik putih, Lautaro Martinez yang menjadi eksekutor tendangan penalti berhasil mengecoh penjaga gawang, bola tendangannya meluncur masuk ke sisi dalam gawang sebelah kiri. Gol tercipta pada menit ke-67 dan mengubah skor menjadi 1-3 untuk keunggulan Inter Milan.

AC Milan dapat memperkecil ketinggalan pada menit ke-71, umpan lambung dari sisi kanan kedepan gawang menciptakan kemelut di depan gawang Inter. Bola liar dengan sigap ditendang Mateo Musacchio dan bola masuk ke sisi dalam sebelah kanan gawang, mengubah skor menjagi 2-3 masih untuk keunggulan Inter Milan. Masih tertinggal satu gol dari Inter Milan, para pemain AC Milan semakin bersemangat menggempur pertahanan Inter untuk dapat menyamakan skor. Tapi hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Inter Milan berhasil keluar sebagai pemenang Derby della Madonnina, dan mengangkat posisi Inter Milan ke peringkat 3 dengan mengumpulkan 53 poin unggul 2 poin dari AC Milan yang berada di peringkat ke-4 klasemen sementara Liga Italia 2018/2019.

Susunan Pemain:

AC Milan: Donnarumma, Calabria, Musacchio, Romagnoli, Rodriguez (Cutrone 57), Kessie (Conti 66), Bakayoko, Paqueta (Castillejo 46), Suso, Piatek, Calhanoglu

Inter Milan: Handanovic, D’Ambrosio, De Vrij, Skriniar, Asamoah, Vecino (Ranocchia 90), Brozovic (Valero 73), Gagliardini, Politano (Candreva 84), Lautaro Martinez, Perisic