Menu

Inilah Kekalahan Pertama Juventus di Liga Italia Musim 2018/2019

Juventus akhirnya mengalami kekalahan pertamanya di Seria A musim 2018/2019. Kekalahan pertama Juventus didapat saat skuad asuhan Massimiliano Allegri bertandang ke markas Genoa dalam lanjutan Liga Italia pekan ke-28. Seperti diketahui Juventus menjadi satu-satunya tim di Seri A yang belum terkalahkan sebelum pekan ke-28. Di musim ini Juventus memang begitu superior, hingga pekan ke-27 berhasil membukukan kemenangan sebanyak 24 kali dan 3 kali imbang dengan mengumpulkan 75 poin dan bertengger di puncak klasemen dengan selisih poin yang begitu lebar dengan Napoli di peringkat kedua. Seperti kata pepatah “Tidak ada gading yang tak retak” dipekan ke-28 akhirnya Juventus tumbang juga ditangan Genoa dengan skor 2-0.

Ditengah eporia keberhasilan Juventus melangkah ke perempat final Liga Champions setelah berhasil comeback sempurna di leg kedua mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 3-0 membalikan keadaan dari kondisi tertinggal 0-2 sehingga unggul agregat 3-2 atas Atletico Madrid. Tapi kemudian harus takluk saat bertamu ke kandang Genoa. Memang Massimiliano Allegri mengistirahatkan Cristiano Ronaldo yang mencetak hat-trick saat mengalahkan Atletico Madrid dan tidak membawanya ke markas Genoa. Rupanya Allegri memiliki alasan sendiri mengapa meninggalkan Ronaldo, seperti dilansir dari Express, Allegri menjelaskan “Saya meninggalkannya di rumah, dia banyak bermain dan perlu istirahat. Saat ini, terlalu berisiko memainkannya. Saya tidak perlu meyakinkannya. Kami sudah membicarakannya kemarin, saya menjelaskan maksud saya tentang pertandingan sekarang dan perempat final (Liga Champions) dan dia setuju.”

Sebelumnya dipekan ke-27 Allegri juga mengistirahatkan CR7 yang dipersiapkan untuk menghadapi Atletico Madrid, tapi saat itu Juventus berhasil mengalahkan Udinese dengan skor 4-1. Dan setelah menghadapi Atletico Madrid, untuk kali kedua Allegri mengistirahatkan CR7 tapi kali ini tidak beruntung, Juventus harus menyerah 2 gol tanpa balas dari tuan rumah Genoa. Barangkali sebagai pelatih Allegri ingin menjaga Cristiano Ronaldo agar tetap bugar dan bisa tampil maksimal dilaga-laga krusial. Mengingat di Seri A, Juventus sudah unggul jauh dari para pesaingnya di papan klasemen dan sudah kecil kemungkinan klub lain bisa mengkudeta Juventus dari puncak klasemen. Pertimbangan lainnya, mungkin Allegri ingin Juventus tidak terlalu bergantung pada CR7, sehingga saat Ronaldo harus absen, para pemain Juventus tetap bisa meraih hasil maksimal.

Bertanding di Stadio Luigi Ferraris markas Genoa pada hari Minggu (17/3/2019) petang kick-off pukul 18.30 WIB. Tuan rumah Genoa berhasil merepotkan pertahanan Juventus yang sedikit kesulitan mengembangkan permainan. Christian Kouame memanfaatkan umpan terobosan masuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakan keras, tapi bola berhasil diblok pemain belakang Juventus, tapi bola liar sampai ke kaki Sanabria yang kemudian melepaskan tembakan keras ke arah pojok kiri gawang, tapi masih bisa diblok penjaga gawang. Pada menit ke-30 wasit menunjuk titik putih setelah menilai terjadi handball setelah bola lambung ke tiang jauh sebelah kanan disundul Kouame pemain Genoa dan bola hasil sundulan seperti menyentuh tangan pemain Juventus di kotak penalti. Tapi kemudian wasit menganulir keputusannya setelah menijau melalui VAR ternyata Kouame sudah lebih dahulu handball. Hingga babak pertama usai skor tetap imbang 0-0.

Di babak kedua sebenarnya Juventus berhasil mencetak gol lebih dahulu melalui Paulo Dybala pada menit ke-55, tapi kemudian dibatalkan oleh wasit setelah meninjau melalui VAR, karena sebelum terjadinya gol Dybala, Emre Can yang terlibat dalam proses gol Dybala ternyata sudah lebih dahulu berada dalam posisi offside. Keasikan menyerang gawang Juventus malah kebobolan pada menit ke-72, berawal dari umpan Goran Pandev, kemudian Stefano Sturaro melepaskan tembakan terukur ke sudut kanan bawah gawang Juventus tanpa bisa diselamatkan bola masuk dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk Genoa. Menit ke-81 giliran Goran Pandev yang mencetak gol usai menerima umpan di depan kotak penalti sebelah kiri melepaskan tembakan keras lagi ke pojok kanan bawah gawang Juventus yang mengubah skor menjadi 2-0.

Disisa waktu pertandingan, para pemain Juventus terus berusaha memperkecil kedudukan, tapi hingga berakhirnya pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Juventus harus mengakui keunggulan tuan rumah Genoa. Dengan tambahan 3 poin, semtara Genoa berada di posisi ke-12 dengan mengumpulkan 33 poin hasil dari 8 kemenangan, 9 kali seri dan 11 kali kalah.

Susunan Pemain:

Genoa: Andrei Radu, Pedro Pereira, Cristian Romero, Ervin Zukanovic, Domenico Criscito, Lukas Lerager, Ivan Radovanovic (Miguel Veloso 75′), Esteban Rolon, Darko Lazovic (Stefano Sturaro 70′), Christian Kouame, Antonio Sanabria (Goran Pandev 60′)

Juventus: Mattia Perin, Daniele Rugani, Leonardo Bonucci, Martin Caceres, Alex Sandro, Rodrigo Bentacur (Leonardo Spinazzola), Miralem Pjanic, Emre Can, Joao Cancelo (Federico Bernardeschi 60′), Mario Mandzukic (Moise Kean 73′), Paulo Dybala