Menu

Inggris Kalahkan Tuan Rumah Montenegro 5-1 di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Inggris mengawali dua laga awal kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup A dengan hasil gemilang memenangkan dua pertandingan dengan skor telak dan selalu mencetak 5 gol menunjukan betapa produktifnya tim The Three Lions dibawah asuhan Gareth Southgate. Mengkilapnya performa permainan para pemain Inggris juga tidak lepas dari performa apik para pemain diklub masing-masing terutama para pemain yang bermaian di klub seperti Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur, Manchester United, Arsenal dan Chelsea. Mereka menularkan performa positif saat bermain di klub dengan performa di timnas yang dipadukan dengan tangan dingin dan racikan strategi permainan ala Southgate yang membuat para pemain dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Terbukti dilaga perdana kualifikasi Inggris menang telak 5-0 atas Republik Ceko dan dilaga kedua sat bertandang ke markas Montenegro, Inggris sukses mengalahkan tuan rumah dengan skor telak 5-1.

Montenegro menjamu Inggris di Stadion Pod Goricom pada hari Selasa (26/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. Tuan rumah yang dilaga perdana hanya mampu bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas Bulgaria, tentunya mengincar kemenangan di kandang walaupun lawan yang dihadapi tim sekelas timnas Inggris yang diatas kertas bisa memenangkan pertandingan jika melihat deretan para pemain yang mengisi skuad Inggris. Diatas lapangan prediksi diatas kertas terlihat dalam penampilan kedua tim. Sejak kick-off babak pertama tim tamu Inggris mampu mendominasi dan mengendalikan permainan, tuan rumah dipaksa bertahan dan hanya sekali-kali melakukan serangan balik. Walaupaun dibawah tekanan, nyatanya tuan rumah mampu mencuri gol pertama pada menit ke-17 lewat tendangan kaki kanan Marko Vesovic yang mengoyak gawang Inggris. Untuk sementara tuan rumah unggul 1-0 atas tamunya Inggris.

Inggris membutuhkan waktu kurang lebih 13 menit untuk dapat menyamakan kedudukan. Berawal dari tendangan Ross Barkley bola kemudian disundul Michael Keane yang masuk kedalam gawang dan mengubah skor menjadi 1-1 pada menit ke-30. Delapan menit berselang Inggris berbalik unggul, diawali dengan tusukan Callum Hudson-Odoi di sebelah kiri yang diakhiri dengan tendangan keras kearah gawang tapi bola kemudian dibelokan oleh Ross Barkley dan bola masuk ke dalam gawang. Gol tercipta pada menit ke-38 dan mengubah skor menjadi 1-2 untuk keunggulan tim tamu Inggris. Disisa waktu tidak ada lagi gol dari kedua tim yang tercipta, babak pertama ditutup dengan keunggulan tim tamu Inggris 2-1 atas tuan rumah Montenegro.

Dibabak kedua tim tamu Inggris melanjutkan dominasinya atas tuan rumah Montenegro. Belum 15 menit pertandingan berjalan, Inggris kembali menambah keunggulan menjadi 1-3. Gelandang muda asal klub Chelsea berhasil menjadi bintang dalam pertandingan kali ini dengan sukses mencetak gol keduanya pada menit ke-59, bola liar di dalam kotak penalti berhasil dimanfaatkan Ross Barkley untuk menceploskan bola ke dalam gawang Montegnegro. Pada menit ke-71 Inggris semakin memperlebar skor keunggulan menjadi 1-4. Diawali kerjasama antara Jordan Henderson dan Raheem Sterling di sebelah kanan melakukan tekanan yang diakhiri dengan umpan Sterling pada Harry Kane di dalam kotak penalti. Harry Kane kemudian menyelesaikannya dengan sepakan kaki kirinya dan bola berhasil membobol gawang Montenegro.

Raheem Sterling tak ketinggalan ikut menyumbang gol meneruskan penampilan impresifnya yang dilaga perdana Sterling mampu mencetak hat-trick gol saat Inggris mengalahkan Republik Ceko 5-0. Memanfaatkan umpan Henderson, Raheem Sterling lalu menaklukan Danijel Petkovic penjaga gawang Montenegro pada menit ke-80 dan mengubah skor menjadi 1-5 untuk keunggulan Inggris. Setelahnya tidak ada lagi gol yang tercipta. Inggris menang dengan skor telak 5-1 atas Montenegro dengan keunggulan 74% penguasaan bola dengan melepaskan 12 tembakan melebar dan 6 tembakan on target. Sedangkan tuan rumah Montenegro hanya 26% penguasaan bola dengan 9 tembakan melebar dan 2 tembakan on target.

Untuk sementara Inggris memimpin Grup A sendirian dengan 6 poin. Disusul Bulgaria di peringkat kedua dengan 2 poin setelah kembali bermain imbang 1-1 saat menghadapi tuan rumah Kosovo. Diperingkat ketiga dan keembat diduduki Kosovo dari satu kali main dan Montenegro dari dua laga sama-sama baru meraih 1 poin, sedangkan Republik Ceko masih belum meraih poin diperingkat kelima dari satu kali laga. Melihat posisi sementara diklasemen, jika Inggris bisa terus mempertahankan performanya bukan tidak mungkin akan lebih cepat melaju ke putaran final Piala Eropa 2020.

Susunan Pemain:

Montenegro: Danijel Petkovic; Filip Stojkovic, Stefan Savic, Marko Simic (Jovovic 74′), Zarko Tomasevic; Adam Marusic, Mirko Ivanic, Nikola Vukcevic, Marko Vesovic (Boljevic 70′); Fatos Beqiraj (Jankovic 61′), Stefan Mugosa

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, Michael Keane, Harry Maguire, Danny Rose; Ross Barkley (Ward-Prowse 82′), Declan Rice, Dele Alli (Henderson 64′); Raheem Sterling, Harry Kane (Wilson 83′), Callum Hudson-Odoi