Menu

Indonesia Tantang Jepang di Semi Final Piala Sudirman 2019

Perjalanan timnas bulutangkis Indonesia dalam ajang Piala Sudirman 2019 kini sudah berhasil memasuki babak semi final. Itu artinya hanya tinggal selangkah lagi menuju babak final dan dua langkah lagi menjadi juara. Hanya saja pendakian menuju puncak semakin terjal dan berat, mengingat lawan yang akan dihadapi tim Indonesia di babak semi final adalah Jepang yang merupakan unggulan pertama dalam turnamen kali ini. Apabila tim bulutangkis Indonesia mampu melewati hadangan tim bulutangkis Jepang, Indonesia sudah ditunggu tim kuat lainnya China di babak final. China berhasil melaju ke babak final setelah di babak semi final mengalahkan tim bulu tangkis Thailand dengan skor 3-0.

Sebelum melangkah ke semi final, tim bulutangkis Indonesia terlebih dahulu di babak perempat final menyingkirkan tim bulutangkis Taiwan dengan skor ketat 3-2 di di Guangxi Sports Centre Gymnasium pada hari Jumat (24/5/2019). Sedangkan tim bulutangkis Jepang maju ke babak semi final setelah di perempat final menghentikan perlawanan tim bulutangkis Malaysia dengan skor 3-0. Dari hasil Jepang vs Malaysia, jelas Jepang bukan lawan sembarangan pada turnamen kali ini. Walaupun dalam dua edisi Piala Sudirman tahun 2009 di fase grup Jepang kalah 1-4 dan tahun 2011 tim bulutangkis Indonesia hanya mampu mengalahkan tim bulutangkis Jepang dengan skor tipis 3-2 dibabak perempa final. Dan kekuatan Jepang di tahun 2019 ini sudah jauh berbeda dan lebih merata, jadi tim bulutangkis Indonesia harus lebih waspada dan konsentrasi penuh.

Di atas kertas tim bulutangkis Jepang lebih diunggulkan dan lebih difavoritkan untuk bisa lolos ke babak final. Tapi tim bulutangkis Indonesia tidak perlu khawatir dan gentar karena para pemain sudah beberapa kali jumpa dan saling mengalahkan. Hal yang diperlukan adalah main lepas jangan ada beban, kerja keras dan berjuang pantang menyerah, kesampingkan sejenak rekor pertemuan atau head to head karena di atas lapangan segala sesuatu dapat saja terjadi. Tetap semangat dan fokus serta keluarkan kemampuan terbaik dan jangan lupa berdoa maka mungkin bisa jadi kunci kemenangan.

Seperti yang diungkapkan Susi Susanti, Manajer tim bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2019 ”Kami ingin main lepas saja. Dari keinginan, kami mau berusaha. Berani ngadu dulu, kita tidak tahu hasilnya seperti apa. Pokoknya di setiap pertandingan kami mau melawan dulu. Tidak perlu melihat di atas kertas atau head to head seperti apa, semua bisa terjadi di lapangan. Itu yang kami tekankan, bahwa semangat, berjuang, kerja keras di lapangan itu yang harus dijalankan, apapun hasilnya.”

Tim bulutangkis Indonesia harus mewaspadai meratanya kekuatan tim bulutangkis Jepang, jadi strategi yang tepat dalam menempatkan pemain yang bertanding mungkin bisa jadi menentukan hasil akhirnya. Tim bulutangkis Indonesia memiliki andalan di tiga sektor ganda putra, ganda putrid dan ganda campuran yang bisa saja menjadi penentu kemenangan. Pertarungan di ganda putra, siapa yang lebih siap dan fokus bisa jadi akan menjadi pemenangnya walaupun mereka sudah saling mengalahkan. Demikian juga dengan ganda putrid dan ganda campuran. Disektor tunggal putra ada pilihan pada Anthony Sinisuka Ginting atau Jonatan Christie, karena jika harus berhadapan dengan Momota juga sudah biasa saling mengalahkan. Hanya mungkin disektor tunggal putri yang masih harus berhitung terlebih dua andalan putri Jepang yaitu Nozomi atau Akane akan jadi lawan tangguh tunggal putri Indonesia.

Jadi, siapa yang akan melaju ke babak final Piala Sudirman 2019 untuk menghadapi China, Indonesia atau Jepang? Mari kita saksikan siaran langsungnya: Indonesia vs Jepang pada hari Sabtu (25/5/2019), mulai pukul 17.00 WIB – di TVRI.