Menu

Hat-Trick Olivier Giroud Bantu Chelsea Kalahkan Dynamo Kiev 5-0

Chelsea bertandang ke markas Dynamo Kiev dalam lanjutan leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2018/2019 pada hari Jumat (15/3/2019) dini hari kick-off pukul 00.56 WIB. dengan keunggulan agregat gol 3-0 setelah di leg pertama saat menjadi tuan rumah Chelsea menang dengan skor 3-0. Sehingga untuk lolos ke perempat final, Chelsea hanya membutuhkan hasil imbang. Namun ternyata saat bermain di Stadion NSK Olimpiyskiy kangdang Dynamo Kiev, justru Chelsea menang telak 5-0 sehingga total agregat kedua tim jadi 8-0 untuk keunggulan Chelsea dan membuat membuatnya lolos ke perempat final. Olivier Giroud menjadi bintang dalam pertandingan kali ini dengan mencetak hat-trick. Berkat kemenangan di laga kandang dan tandang membuat Chelsea menjadi calon kuat favorit juara Liga Europa 2018/2019.

Di awal babak pertama Chelsea sudah unggul cepat di menit ke-5 melalui Olivier Giroud. Memanfaatkan tendangan sudut Willian, bola lambung ke depan gawang disundul Ruben Loftus-Cheek dan jatuh di kaki Giroud yang langsung mengarahkan bola ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang mengubah skor menjadi 1-0 untuk Chelsea. Baru dimenti ke-33 Chelsea menambah skor menjadi 2-0 setelah umpan silang Marcos Alonso dari seperti tiga pertahanan Kiev menuju kotak penalti, bola yang datang disambut sentuhan kaki Giroud yang membelokan arah bola ke arah kiri gawang dan masuk tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang yang sudah mati langkah.

Sebelum babak pertama usai dimasa injury time sebuah kombinasi umpan satu dua di sisi kanan pertahanan Kiev, Callum Hudson-Odoi mengirim umpan pada Giroud, Giroud mengirim umpan terobosan ke kotak penalti yang berhasil dikontrol Odoi. Kemudian Odoi mengirim umpan tepat ke depan gawang yang dituntaskan dengan sontekan Marcos Alonso dan membuat bola berbelok arah masuk ke dadalam gawang mengubah skor menjadi 3-0 untuk Chelsea pada menit ke-45+1. Keunggulan 3-0 Chelsea bertahan hingga akhir pertandingan babak pertama dan membuat para pemain Chelsea makin menikmati permainan karena sudah hampir dipastikan mereka dapat lolos ke babak selanjutnya.

Dibabak kedua para pemain Chelsea tidak mengendurkan serangan terus menggempur pertahanan lawan, tapi baru bisa mencetak gol lagi pada menit ke-59. Olivier Giroud mencetak gol ketiganya di pertandingan ini dengan sebuah sundulan memanfaatkan bola lambung terukur tendanga bebas Willian dari sisi kanan pertahanan Kiev. Bola sundulan Giroud masuk ke arah kiri gawang atas tanpa bisa ditepis penjaga gawang mengubah skor menjadi 4-0 untuk Chelsea. Gol terakhir Chelsea di pertandingan ini dicetak stiker mudah berusia 18 tahun pada menit ke-78 memanfaatkan umpan terobosan Giroud ke sisi kiri, Callum Hudson-Odoi menggiring bola sambil berlari kencang memasuki kotak penalti dan melepaskan tembakan ke arah gawang yang tidak bisa diselamtkan penjaga gawang mengubah skor menjadi 5-0 untuk keunggulan Chelsea.

Setelah gol Hudson-Odoi hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Chelsea menang dengan skor 5-0 dan secara agregat unggul 8-0 atas Dynamo Kiev yang membuat Chelsea berhak lolos ke babak perempat final Liga Europa 2018/2019. Dalam pertandingan ini Chelsea unggul 63% dalam penguasaan bola dan berhasil melepaskan 14 tembakan dengan 8 tembakan mengarah ke gawang dan 5 tembakan berhasil dikonversi menjadi gol. Berbanding terbalik dengan Dynamo Kiev yang hanya mencatatkan 37% penguasaan bola, melepaskan 6 tembakan dengan 2 tembkan tepat sasaran tapi tak berbuah gol. Data statistik pertandingan tersebut memperlihatkan perbedan kelas dan dominasi para pemain Chelsea di lapangan.

Susunan Pemain:

Dynamo Kiev: Boyko, Sydorchuk (Tche 65′), Shepelev (Andrievsky 87′), Shaparenko, Tsygankov, Mykolenko, Sidcley (Smyrniy 81′), Garmash, Burda, Kadar, Kedziora

Chelsea: Kepa, Zappacosta (Azpilicueta 69′), Rudiger, Christensen, Alonso, Kovacic, Kante (Jorginho 65′), Loftus¬Cheek, Giroud, Hudson¬-Odoi, Willian (Pedro 74′).