Menu

Hat-Trick James Rodriguez Bantu Bayern Munchen Kembali ke Puncak Klasemen

Bayern Munchen menjalani laga berat secara mental saat menjamu Mainz 05 di Allianz Arena pada hari Senin (18/3/2019) dini hari kick-off pukul 00.00 WIB. dalam lanjutan Liga Jerman 2018/2019 pekan ke-26. Secara mental para pemain Munchen mungkin saja masih terpukul atas kekalahan 1-3 dari Liverpool di leg kedua Liga Champions di kandang sendiri yang membuat mereka gagal lolos ke perempat final. Namun, para pemain Bayern Munchen berhasil bangkit dari tekanan dan menjadikan Mainz sebagai pelampiasan usai meraih kemenangan telak 6-0. Terlebih para pemain Munchen mungkin termotivasi juga untuk meraih kemenangan, karena hanya dengan kemenangan mereka bisa kembali ke puncak klasemen Bundesliga.

Diawal babak pertama tuan rumah Bayern Munchen sudah unggul cepat dimenit ke-3 berawal dari serangan dari sisi kiri pertahanan Mainz, David Alaba memberikan umpan matang ke tiang dekat gawang yang disambut dengan sontekan kaki Robert Lewandowski, bola masuk ke sisi kiri dalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang yang mengubah skor menjadi 1-0 untuk Munchen. Setelah unggul cepat para pemain Munich mengalami kesulitan mencetak gol berikutnya karena para pemain Mainz juga memberikan perlawanan sengit.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk Munchen menggandakan keunggulan, tepatnya pada menit ke-33, diawali dengan umpan lambung Joshua Kimmich ke tengah kotak penalti, bola disambut Leon Goretzka dengan dadanya memberikan umpan pada James Rodriguez yang langsung melepaskan tembakan menyusur tanah terarah ke pojok kanan gawang dan bola tak bisa dibendung penjaga gawang, bola itupun meluncur masuk ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Bayern Munich. Enam menit berselang Munchen kembali menambah gol tepatnya pada menit ke-39, bermula dari umpan terobosan Thiago Alcantara ke sebelah kiri berhasil dikuasai Kingsley Coman yang kemudian menggiring bola mendekati kotak penalti, selanjutnya melepaskan tembakan keras ke arah sebelah kanan gawang, bola meluncur deras masuk ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang, mengubah skor menjadi 3-0 untuk Munchen yang bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua para pemain Bayern Munich kian mengganas mengurung pertahanan Mainz. James Rodriguez berhasil mencetak gol keduanya pada menit ke-51 setelah menerima umpan di sisi kanan kotak penalti sedikit menggiring bola ke tengah depan kotak penalti, lalu diakhiri dengan melepaskan tembakan kerasa dari garis tepi kotak penalti, bola menghujam ke pojok kiri gawang mengubah skor menjadi 4-0 untuk Bayern. Hanya butuh empat menit bagi James Rodriguez untuk membuat hat-trick di pertandingan kali ini. Tepatnya pada menit ke-55 diawali Thomas Muller yang merebuat bola dari bek Mainz di depan kotak penalti, bola liar diambil James Rodriguez yang langsung menggiring bola ke tengah kotak penalti. Saat berhadapan dengan penjaga gawang, James menchip bola dan bola masuk ke pojok kanan gawang mengubah skor menjadi 5-0 untuk Bayern.

Pesta gol Bayern Munchen atas Mainz ditutup lewat gol keenam yang dicetak Alphonso Davies pada menit ke-70. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, bola rebound hasil tendangan Lewandowski yang berhasil diblok penjaga gawang, bola sedikit melambung ke tengah kotak penalti yang langsung disambar dengan tembakan voly Alphonso Davies, bola masuk ke arah pojok kanan atas dan mengubah skor menjadi 6-0. Hingga pertandingan berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta, Bayern Munchen unggul dengan skor telak 6-0 dan membawa kembali mereka ke puncak klasemen Bundesliga dengan mengumpulkan 60 poin, sama dengan jumlah poin yang berhasil dikumpulkan Borussia Dortmund di peringkat kedua. Tapi Bayern Munchen unggul selisih gol dengan 41 berbanding 34. Munchen juga mengumpulkan 18 kemenangan sedangkan Dortmund baru 18 kemenangan. Jadi, persaingan Bayern Munchen dan Borussia Dortmund memperebutkan gelar juara Bundesliga 2018/2019 akan semakin sengit hingga akhir musim.

Susunan Pemain:

Bayern Munich: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Niklas Sule, David Alaba (Alphonso Davies 59′); Thiago Alcantara, Leon Goretzka, Thomas Muller, James Rodriguez (Rafinha 73′), Kingsley Coman (Franck Ribery 66′); Robert Lewandowski.

Mainz 05: Florian Mueller; Daniel Brosinski, Moussa Niakhate, Alexander Hack, Stefan Bell; Levin Oztunali (Giulio Donati 75′), Jean-Philippe Gbamin, Danny Latza, Jean-Paul Boetius (Pierre Kunde 46′); Jean-Philippe Mateta (Aaron Martin 63′), Karim Onisiwo.