Menu

Hat-Trick Cristiano Ronaldo Bawa Juventus ke Perempat Final Liga Champions UEFA 2018/2019

Hat-trick Cristiano Ronaldo berhasil membawa Juventus come back dengan menang 3-0 atas Atletico Madrid di leg kedua babak 16 besar Liga Champions UEFA 2018/2019, setelah di leg pertama Juventus menyerah kalah 0-2 dari Atletico Madrid. Dengan demikian Juventus berhak lolos ke babak perempat final dengan keunggulan agregat 3-2 atas Atletico Madrid. Come back pertama bagi Juventus berhasil lolos dari fase gugur setelah di leg pertama mengalami kekalahan sejak melakukannya di musim 2005/2006 saat berhadapan dengan Werder Bremen. Sedangkan bagi Atletico Madrid tercatat menjadi tim keempat di sejarah Liga Champions yang menang laga kandang dengan skor 2-0 di leg pertama fase gugur tapi gagal lolos ke fase berikutnya.

Bermain di Allianz Stadium pada hari Rabu (13/3/2019) dini hari kick-off pukul 03.00 WIB. Juventus giliran menjamu Atletico Madrid dengan beban mengejar ketinggilan agregat 2 gol. Maka mau tidak mau Juventus harus mencetak dua gol untuk menyamakan kedudukan dan menjaga jangan sampai kebobolan untuk memaksa ke babak tambahan waktu atau mencetak lebih dari dua gol dan jangan sampai kebobolan untuk dapat lolos langsung. Karena itupala para pemain Juventus sejak awal babak pertama langsung tampil agresif dan menekan pertahanan lawan berusaha mengontrol dan mengendalikan permaianan. Tapi Atletico Madrid yang secara agregat sudah unggul 2-0 bertarung habis-habisan di lini pertahanan, karena bagi Atletico Madrid hasil seri sudah cukup meloloskan mereka ke perempat final.

Sebenarnya Juventus sempat unggul cepat di menit ke-4 berawal dari tendangan sudut yang menciptakan kemelut depan gawang, bola berhasil diceploskan ke dalam gawang oleh Giorgio Chiellini. Tapi gol yang dicetak Chiellini dibatalkan wasit setelah berdiskusi dengan tim VAR, wasit menilai sebelum gol tercipta telah terjadi pelanggaran oleh Cristiano Ronaldo terhadap Jan Oblak kiper Atletico. Setelah gol yang dianulir wasit, para pemain Juventus terus membombardir pertahanan Atletico Madrid. Para pemain Atletico hanya bisa sekali-sekali melakukan serangan balik yang beberapa kali dapat merepotkan pertahanan Juventus. Semangat dan kerja keras para pemain Juventus tidak kendur meskipun kerap kali membentur pertahanan solid Atletico Madrid.

Akhirnya usaha dan kerja keras para pemain Juventus bisa membuahkan hasil pada menit ke-27, memanfaatkan umpan silang lambung Federico Bernardeschi dari sisi kiri ke dalam kotak penalti, bola berhasil disundul Cristiano Ronaldo menjebol gawang Atletico Madrid untuk mengubah skor menjadi 1-0 untuk Juventus. Seperti mendapat angin segar dan suntikan tenaga, para pemain Juventus semakin menggebu menggempur pertahanan Atletico. Beberapa peluaang tercipta dari hasil umpan-umpan silang yang masih belum bisa dikonversi menjadi gol tambahan yang akan meloloskan mereka. CR7 kembali dapat peluang pada menit ke-42, kali ini bola umpan silang berhasil disundul tapi tidak menemui sasaran hanya menyamping di pinggir gawang. Demikian juga dengan bola sundulan Chiellini di penghujung laga babak pertama masih bisa diselamatkan penjaga gawang Atletico Madrid. Hingga akhir babak pertama skor masih 1-0 untuk Juventus.

Diawal babak kedua Juventus langsung menggempur pertahanan Atletico Madrid. Babak kedua baru berjalan empat menit sebuah umpan silang Joao Cancelo dari sisi kanan berhasil disundul Cristiano Ronaldo di dalam kotak penalti. Bola sundulan yang meluncur ke arah kiri dalam gawang berhasil ditepis penjaga gawang dan bola liar di depan gawang diperebutkan, tapi kemudian wasit menghentikan pertandingan sejenak dan menyatakan bahwa telah terjadi gol. Berkat teknologi garis gawang ternyata bola sundulan CR7 telah masuk sepenuhnya ke dalam gawang sebelum ditepis penjaga gawang. Gol tercipta pada menit ke-49 dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk Juventus. Para pemain Juventus semakin semangat untuk mencetak satu gol tambahan untuk dapat lolos.

Keberuntungan pada akhirnya berpihak pada Juventus pada menit ke-86 Juventus berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui tendangan penalti. Berawal dari pergerakan Bernardeschi di dalam kotak penalti, kemudian terjatuh dan wasit menilai Correa sudah menjatuhkannya sehingga tanpa ampun wasit menghadiahkan penalti untuk Juventus. Cristiano Ronal yang menjadi eksekutor tendangan penalti sukses menjebol gawang Atletico Madrid, tendangan kerasnya ke sebelah kiri tidak bisa diselamatkan Jan Oblak yang salah mengantisipasi yang bergerak ke arah kanan. Keunggulan 3-0 Juventus bertahan hingga akhir pertandingan. Dengan demikian Juventus berhaak lolos ke babak perempat final unggul agregat 3-2 atas Atletico Madrid.

Susunan Pemain:

Juventus: Szczesny; Cancelo, Bonucci, Chiellini, Spinazzola (Dybala 67); Can, Pjanic, Matuidi; Bernardeschi, Mandzukic (Kean 80); Ronaldo.

Atletico Madrid: Oblak; Arias (Vitolo 77), Gimenez, Godin, Juanfran; Koke, Rodrigo, Saul, Lemar (Correa 56); Griezmann; Morata.