Menu

Hasil Lengkap Pertandingan Liga 1 Indonesia 2019 Matchday 1

Akhirnya kompetisi kasta tertinggi di Indonesia Liga 1 2019 kembali bergulir pada hari Rabu, 15 Mei 2019 dengan dibuka oleh pertandingan antara PSS Sleman vs Arema FC. Sebetulnya kick-off Liga 1 pelaksanaannya mundur hampir satu pekan, karena rencana awalnya mulai bergulir pada tanggal 8 Mei 2019, tapi karena situasi politik yang belum lama pasca pemilihan umum yang membuat khawatir beberapa pertandingan akan terkendala perijinan dan juga menurut salah seorang sumber dari PT. LIB karena ada permintaan juga dari pihak sponsor, sehingga kick-off Liga 1 diundur menjadi tanggal 15 Mei 2019. Perubahan jadwal pun tidak bisa terelakan mengingat sebelumnya jadwal sudah dikirim ke masing-masing klub. Demikian juga dengan laga pembuka yang pada awalnya akan mempertemukan juara Liga 1 2018 Persija Jakarta vs Semen Padang berubah menjadi PSS Sleman vs Arema FC, karena Persija masih harus bertanding di Piala AFC.

Berikut ini hasil lengkap pertandingan Liga 1 Indonesia 2019 matchday 1:

PSS Sleman yang merupakan salah satu tim promosi dari Liga 2 yang naik kasta ke Liga 1 mendapat kehormatan membuka Liga 1 2019 dengan menantang Arema FC di Stadion Maguoharjo pada hari Rabu, 15 Mei 2019 pukul 20.30 WIB. Tim tuan rumah berhasil mencetak gol lebih dahulu melalui Brian Ferreira menit ke-2, tapi berhasil disamakan oleh Sylvano Compalius striker baru Arema FC menit ke-29 dan skor 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama usai. Dibabak kedua tuan rumah berhasil menambah 2 gol melalui Yevhen Bokhashvili menit ke-57 dan Rangga Muslim Perkasa menit ke-82. Skor 3-1 untuk keunggulan tuan rumah PSS Sleman atas tamunya Arema FC bertahan hingga akhir pertandingan.

Borneo FC menjamu Bhayangkara FC di Stadion Segiri pada hari Kamis, 16 Mei 2019 pukul 20.31 WIB. Borneo FC yang berupaya memaksimalkan laga kandang untuk meraih poin penuh mendapat perlawanan ketat dari Bhayangkara FC sehingga babak pertama berkesudahan dengan skor 0-0. Memasuki babak kedua, tuan rumah mendapatkan golnya pada menit ke-57 melalui Matias Conti yang mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Borneo FC dan sepertinya misi meraih poin penuh dilaga perdana akan terwujud, sebelum akhirnya gol Ramiro Fergonzi pada masa injury time tepatnya pada menit ke-90+2 membuyarkan raihan 3 poin Borneo FC yang pada akhirnya baik tuan rumah maupun tim tamu harus puas berbagi angka 1-1.

Sementara itu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, tuan rumah Bali United menjamu Persebaya Surabaya pada hari Kamis, 16 Mei 2019 pukul 20.30 WIB. Tuan rumah langsung tancap gas dan berhasil unggul lebih dahulu pada menit ke-15 melalui Ilija Spasojevic yang mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Bali United. Tapi keunggulan tuan rumah hanya mampu bertahan 16 menit, karena pada menit ke-31 tim tamu Persebaya Surabaya berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 melalui Mokhamad Syaifuddin. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama selesai. Diawal babak pertama, Bali United sukses mencetak gol cepat pada menit ke-49 melalui Paulo Sergio dan mengubah skor menjadi 2-1. Segala dan upaya sudah dilakukan para pemain anak asuh dari Djajang Nurjaman untuk menyamakan skor, tapi hingga akhir pertandingan Persebaya Surabaya harus mengakui keunggulan tuan rumah Bali United dengan skor 2-1.

Masih pada hari Kamis, 16 Mei 2019 kick-off pukul 20.30 wib. Tuan rumah PSIS Semarang menjamu tim promosi dari Liga 2 musim lalu yaitu Kalteng Putra. Tuan rumah PSIS Semarang sebenarnya berhasil unggul lebih dahulu pada menit ke-20 melalui Septian David Maulana yang mengubah skor menjadi 1-0, tapi keunggulan tuan rumah hanya mampu bertahan 6 menit, karena pada menit ke-26 Kalteng Putra berhasil menyamakan skor pada menit ke-26 melalui Yohanes Pahabol yang mengubah skor menjadi 1-1. Pada menit ke-41 tuan rumah balik tertinggal setelah Kalteng Putra berhasil mencetak gol melalui Rafael de Jesus Bonfim yang mengubah skor menjadi 1-2 dan bertahan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, tuan rumah bekerja keras untuk mengejar ketinggalan, tapi hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Alhasil PSIS Semarang harus menyerah 1-2 dari tim promosi Kalteng Putra.

Di Lamongan pada hari Jumat, 17 Mei 2019 kick-off pukul 20.30 wib. Tuan rumah Persela menjamu Madura United di Stadion Surajaya. Tim tamu Madura United mengejutkan tuan rumah Persela setelah tertinggal lebih dulu melalui gol yang dicetak Beto Goncalves pada menit ke-13 yang mengubah skor menjadi 0-1. Tuan rumah Persela sempat menyamakan skor pada menit ke-37 melaui Alex dos Santos Goncalves yang mengubah skor jadi 1-1. Sayangnya disisa waktu babak pertama tuan rumah Persela harus kebobolan dua gol dari tim tamu Madura United masing-masing dicetak oleh Beto Goncalves menit ke-43 dan Aleksander Rakic menit ke-45+1 yang mengubah skor menjadi 1-3 untuk keunggulan Madura United yang bertahan hingga akhir babak pertama. Di babak kedua tuan rumah semakin menderita setelah Alex dos Santos dikartu Merah menit ke-60 membuat para pemain Madura United semakin leluasa dan berhasil mencetak dua gol tambahan melalui Greg Nwokolo menit ke-63 dan Slamet Nurcahyono menit ke-80 yang mengubah skor menjadi 1-5 untuk keunggulan Madura United yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Pada hari Sabtu, 18 Mei 2019 kick-off pukul 20.30 wib. di Stadion Pakansari, TIRA Persikabo menjamu Perseru Badak Lampung FC. Dibabak pertama kedua tim hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Baru di babak kedua tuan rumah TIRA Persikabo berhasil mencetak gol menit ke-60 melalui Ciro Henrique Alves Ferreira e Silva, disusul gol yang dicetak oleh Andy Setyo menit ke-79 dan ditutup dengan gol Ciro Henrique Alves Ferreira e Silva menit ke-90+2. Hingga akhir pertandingan TIRA Persikabo unggul dengan skor 3-0 atas tamunya Perseru Badak Lampung FC.

Big Match tersaji di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung dimana Persib Bandung menjamu Persipura Jayapura. Pertarungan sengit terjadi antara kedua tim, jual beli serangan mewarnai babak pertama. Beruntung tuan rumah Persib Bandung berhasil mencetak gol dimasa injury time tepatnya pada menit ke-45+2 melalui Artur Geworkyan yang membuat Persib unggul 1-0 di babak pertama. Memasuki babak kedua intensitas serangan dari kedua tim semakin gencar, tapi kembali Persib Bandung menambah gol pada menit ke-63 melalui Artur Geworkyan yang mengubah skor menjadi 2-0. Pada menit ke-68 Pebri Hariydi sukses mencetak gol yang membuat Persib Bandung unggul telak 3-0 atas tamunya Persipura Jayapura yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Matchday pertama ditutup dengan dua pertandingan klasik antara PSM Makasar vs Semen Padang dan Barito Putera vs Persija Jakarta pada hari Senin, 20 Mei 2019 pukul 20.30 wib. Runner-up musim lalu PSM Makasar menjamu tamunya tim promosi Semen Padang di Stadion Andi Mattalata. PSM Makasar berhasil unggul di babak pertama melalui Zulham Zamrun pada menit ke-24. Dibabak kedua tidak ada lagi gol yang tercipta, alhasil PSM Makasar berhasil meraih poin penuh dilaga perdananya dengan skor 1-0 atas Semen Padang.

Sedangkan juara Liga 1 musim lalu Persija Jakarta yang bertandang ke kandang Barito Putera harus puas berbagi angka dengan tuan rumah. Persija Jakarta yang sudah kembali diperkuat sriker andalannya Marko Simic unggul dibabak pertama pada menit ke-37 melalui Marko Simic dan skor 0-1 untuk Persija Jakarta bertahan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua Persija Jakarta masih unggul hingga pertengahan babak kedua. Sebelum akhirnya pada menit ke-82 tuan rumah Barito Putera berhasil menyamakan skor melalui Rafael da Silva Santos yang mengubah skor menjadi 1-1. Hingga akhir pertandingan babak kedua, tidak ada lagi gol yang tercipta, tuan rumah Barito Putera harus puas berbagi poin 1 dengan Persija Jakarta.

tokoisipulsa agenpulsa