Menu

Gawat! Sepak Bola Spanyol Darurat Pandemi Corona

Kecemasan publik semakin membesar seiring dengan semakin cepatnya penyebaran virus corona di berbagai negara. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini mulai menyerang berbagai sektor dalam kehidupan manusia. Salah satunya sektor olahraga.

Dalam dunia sepak bola, beberapa kasus telah ditemui di wilayah Asia dan Eropa. Spanyol menjadi salah satu negara yang cukup banyak terdapat kasus positif corona di bidang sepak bola. Beberapa klub yang berlaga di kompetisi La Liga mengonfirmasi bahwa para pemain mereka telah terjangkit virus tersebut.

Hingga kini kasus pelaku sepak bola di negara tersebut yang positif terjangkit virus corona berjumlah puluhan orang. Jumlah tersebut berpotensi bertambah mengingat beberapa dari mereka masih melakukan kontak aktif dengan beberapa orang dalam beberapa hari terakhir.

Valencia yang Pertama

Klub sepak bola profesional asal Spanyol yang pertama kali mengkonfirmasi kasus corona adalah Valencia. Klub yang bermarkas di Stadion Mestalla tersebut mengumumkan bahwa sejumlah 5 pemain dan staff mereka positif mengidap virus mematikan tersebut.

Parahnya, beberapa dari mereka merupakan pemain inti di skuad utama Los Che seperti Ezequiel Garay, Jose gaya, dan Eliaquim Mangala. Garay dinyatakan sebagai pemain Valencia pertama yang mengidap virus corona, pada Rabu kemarin (17/3).

Para pemain dan staff Valencia disinyalir terpapar virus setelah mereka melakoni pertandingan Liga Champions melawan Atalanta di Milan, Kamis (20/2). Kota Milan sendiri diketahui merupakan salah satu pusat penyebaran virus corona di negara Italia.

Meski pertandingan tersebut digelar tanpa penonton, namun kondisi kota Milan yang saat itu sedang parah-parahnya membuat virus menyebar dengan cepat.

Hingga saat ini, pihak Valencia menyatakan bahwa sebanyak 35 persen dari anggota klub telah positif terjangkit Corona. Untuk itu, manajemen klub menghimbau para pemain lain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan keluarga masing-masing.

Espanyol Menyusul

Tak lama setelah kabar tak sedap dari Valencia, Espanyol juga mengumumkan kasus serupa. Sebanyak 6 pemain dan juga staff kepelatihan klub tersebut dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Tim dokter menyatakan keenam punggawa Espanyol terinfeksi corona setelah mengalami gejala-gejala ringan dalam beberapa hari terakhir.

Sebenarnya manajemen klub Espanyol telah menginstruksikan seluruh anggota klub untuk mengisolasi diri sejak Jumat (13/3) lalu. Namun, beberapa dari mereka tetap berjalan keluar dan melakukan kontak fisik secara langsung dengan orang lain sehingga terjangkit virus.

Manajemen Espanyol memprediksi jumlah korban kemungkinan akan bertambah, sebab beberapa dari mereka yang sempat bertemu langsung dalam beberapa hari terakhir.

Alaves yang Terbanyak

Yang lebih mengejutkan lagi, baru-baru ini Deportivo Alaves mengumumkan bahwa 15 anggota klub positif terjangkit virus corona. 15 anggota klub tersebut  terdiri dari 3 pemain di skuad utama, 7 staff pelatih, dan sisanya adalah karyawan klub Alaves. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari seluruh kontestan La Liga Spanyol yang mengalami kasus corona.

Untuk mencegah penularan yang semakin meluas, presiden klub Alaves meminta seluruh pemain, staff, serta karyawan klub untuk mengisolasi diri. Pihak klub juga akan melakukan pemantauan yang lebih intens terhadap anggota lain yang terindikasi mengidap virus corona.

Upaya Melawan Corona

Spanyol merupakan salah satu negara eropa yang paling banyak terjangkit virus corona. Hingga kamis (19/3), tercatat 13.910 warga positif corona dimana 623 diantaranya meninggal dunia. Pemerintah setempat pun menyatakan status darurat kesehatan di wilayah tersebut.

Para petinggi klub dan pemain La Liga saling menyatakan dukungannya untuk melawan penyebaran virus corona. Contohnhya, penyerang Barcelona asal Uruguay, Luis Suarez yang menyatakan dukungannya kepada para pasien terinfeksi corona. Melalui akun instagramnya, Suarez memberikan semangat kepada semua orang di dunia untuk tetap semangat berjuang melawan virus corona.

Adapun Presiden klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu, yang menyatakan siap mendukung upaya pemerintah secara moril dan materiil jika diperlukan. Bartomeu juga memberikan apreisasi tinggi dan ucapan terima kasih kepada tenaga medis di seluruh dunia yang turut menangani pasien corona.

Sementara CEO Valencia, Anil Murthy menghimbau semua orang untuk tidak keluar dari rumahnya kecuali dalam situasi dan kondisi mendesak. Selain itu, Ia juga meminta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh mereka.

Para pelaku sepak bola di Spanyol yakin bahwa pandemi corona ini akan berakhir dalam waktu singkat. Mereka yakin semua orang akan mampu menekan dan melawan penyebaran virus mematikan tersebut.

tokoisipulsa agenpulsa