Menu

Dua Gol Lionel Messi Bantu Barcelona Kalahkan Espanyol 2-0 di LaLiga 2018/2019

Barcelona memang sangat beruntung memiliki pemain sehebat Lionel Messi, berkat dua golnya ke gawang Espanyol bantu Barcelona kalahkan Espanyol dengan skor 2-0 yang membuat laju Barcelona di LaLiga tak tertahan, bertengger di puncak klasemen sendirian dengan 69 poin unggul 10 poin dari Atletico Madrid di peringkat dua. Kemenangan Barcelona atas Espanyol menjadi yang keenam secara beruntun, dan melanjutkan tak pernah lagi mengalami kekalahan sejak terakhir kali kalah dari Real Betis pada 11 November 2018. Barcelona yang mengalami kesulitan untuk mencetak gol di babak pertama, berhasil bangkit dipertengahan babak kedua dengan mencetak dua gol melalui Lionel Messi yang menbuatnya memimpin sendirian sebagai top skorer sementara LaLiga dengan 31 gol.

Bertajuk pertandingan Derby Catalunya, Barcelona menjamu Espanyol di Camp Nou pada hari Sabtu (30/3/2019) malam kick-off pukul 22.10 WIB. dalam lanjutan LaLiga Santander 2018/2019 pekan ke-29. Sejak awal babak pertama para pemain Barcelona sudah langsung mengurung pertahanan Espanyol. Berulang kali pergerakan Lionel Messi mengacak-acak pertahanan Espanyol. Menit kedelapan hampir saja La Pulga mencetak gol lewat tembakan jarak dekatnya tapi masih bisa diselamatkan lawan. Demikian juga dengan tembakan yang dilepaskan Ivan Rakitic yang masih sedikit melebar dari gawang. Hampir saja Barcelona unggul bermula dari tendangan bebas Lionel Messi, bola ditanduk pemain belakang Espanyol di tengah kotak penalti, bola mengarah ke gawang sendiri, beruntung masih bisa ditepis penjaga gawang yang hanya melahirkan sepak pojok. Hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta, Espnyol masih mampu menahan imbang 0-0 tuan rumah Barcelona.

Di babak kedua tuan rumah Barcelona melanjutkan dominasi di babak pertama, yang membuat Espnyol bekerja keras menahan gempuran para penyerang Barcelona. Peluang hadir saat Countinho mengirim umpan terobosan di dalam kotak penalti sebelah kiri bola dikuasi pemain pengganti Malcom, entah bermaksud mengumpan ke tiang jauh atau mencoba menembak ke arah pojok kanan atas gawang, yang pasti bola berhasil ditepis penjaga gawang, bola sedikit melebar dan keluar tak bisa dijangkau Luis Suarez. Barcelona baru memecah kebuntuan pada menit ke-71 lewat gol yang dicetak oleh Lionel Messi. Tendangan bebas dari luar kotak penalti yang dilakukan Messi dengan kaki kirinya melengkung melewati pagar pemain Espanyol ke arah sebelah kanan, bola sedikit membentur kepala pemain Espanyol, bola berbelok masuk ke tengah gawang tanpa bisa diblok penjaga gawang mengubah skor menjadi 1-0 untuk Barcelona.

Menjelang akhir babak kedua tepatnya pada menit ke-89 Barcelona memperbesar keunggulan menjadi 2-0, bermula dari tusukan Malcom dari sisi kiri menggiring bola dengan leluasa masuk dalam kotak penalti di sebelah kiri memberikan umpan tarik pada Messi yang dekat titik putih, bola langsung disambut dengan sepakan mendatar kaki kiri kearah sebelah kiri gawang. Bola yang meluncur melintir gagal dihentikan penjaga gawang dan akhirnya masuk ke dalam gawang, mengubah skor menjadi 2-0 untuk Barcelona. Hingga akhir pertandingan Barcelona tetap unggul dengan skor 2-0 dan membuatnnya semakin kokoh dipuncak klasemen LaLiga.

Barcelona unggul dalam penguasaan bola mencapai 70% dengan melepaskan 13 tembakan melebar dari gawang dan 3 tembakan ke gawang. Sedangkan Espanyol hanya membukukan 30% penguasaan bola dengan melepaskan 4 tembakan melebar dari gawang dan 2 tembakan ke gawang. Dengan kemenangan ini Barcelona semakin menjauh dari pesaingnya dan semakin dekat mempertahankan gelar juara LaLiga. Dan Barcelona masih berpeluang meraih treble winner, karena Barcelona masih berkompetisi di Copa del Rey dan Liga Champions UEFA.

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen, Semedo (Sergi Roberto), Pique, Lenglet, Alba, Busquets, Rakitic, Arthur (Malcom), Coutinho (Vidal), Messi, Suarez.

Espanyol: D.Lopez, Rosales, Naldo, L.Lopez, Hermoso, Pedrosa, Sanchez (Semedo), Granero, Roca, Melendo (Sergio Garcia), Igelsias (Wu Lei).