Menu

Dua Gol Eden Hazard Bantu Belgia Menang 3-1 atas Rusia di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Start bagus diraih Belgia di laga pembuka Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020 setelah berhasil mengalahkan Rusia dengan skor 3-1. Tiga gol Belgia dicetak masing-masing lewat dua gol dari Eden Hazard dan satu gol dari Youri Tielemans. Sementar satu gol balasan Rusia dicetak oleh Denis Cheryshev. Belgia menjamu Rusia di Stadion Roi Baudouin pada hari Jumat (22/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. Belgia tergabung di Grup I bersama dengan Rusia, Cyprus, Kazakhstan, Skotlandia dan San Marino. Jadi kemenangan perdana di laga pembuka menjadi modal bagus buat Belgia untuk bisa lolos ke Piala Eropa 2020, terlebih berada digrup yang terbilang cukup berat tentu tiap pertandingan harus menghasilkan hasil positif untuk menjaga peluang lolos dari fase kualifikasi.

Sejak awal babak pertama para pemain Belgia langsung tampil menekan pertahanan tim tamu Rusia. Pasukan Roberto Martinez yang dihuni para pemain berbakat dan tampil di klub-klub besar Eropa hampir saja unggul cepat dimenit kedua. Michy Batshuayi yang menerima umpan dari Gol Eden Hazard berhasil melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti, tapi berungtung bola masih bisa diselamatkan Guilhereme kiper Rusia. Baru pada menit ke-14 Belgia benar-benar unggul setelah Youri Tielemans melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti sebelah kanan, bola menjebol pojok kiri gawang Rusia dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk tuan rumah Belgia.

Tim tamu Rusia merespon dengan cepat dengan berhasil membalas gol untuk menyamakan skor pada menit ke-16 menjadi 1-1. Berawal dari blunder Thibaut Courtois kiper Belgia, setelah menerima umpan, Courtois berusaha mengontrol bola sedikit menggiring bola tapi bola berhasil dicuri pemain Rusia lalu mengirimkan umpan pada Denis Cheryshev dan kemudian Denis Cheryshev melepaskan tembakan bola dari sisi kiri kotak penalti, bola masuk ke dalam gawang yang sudah kosong melompong. Thibaut Courtois terlihat menyesali kecerobohannya dalam mengontrol bola tidak segera menendang jauh bola hingga akhirnya bola berhasil direbut dan gol penyama kedudukanpun tercipta dari kesalahnnya tersebut.

Beruntung para pemain Belgia tidak larut dalam kekesalan akibat gol penyama kedudukan Rusia, mereka tetap tampil dominan dan pada akhirnya kesempatan mencetak gol keunggulan datang menjelang akhir babak pertama usai. Tusukan Eden Hazard di dalam kotak penalti dijegal Yuri Zhirkov yang berbuah pelanggaran dan membuahkan hadiah tendangan penalti. Eden Hazard sendiri yang melakukan eksekusi tendangan penalti berhasil menaklukan penjaga gawang Rusia pada menit ke-45 dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Belgia. Dan skor 2-1 untuk Belgia bertahan hingga akhir babak pertama.

Dibabak kedua Beliga tidak menurunkan tempo permainan tetap agresif mengurung pertahanan Rusia. Tapi rapatnya pertahanan Rusia membuat kesulitan para pemain Belgia menembusnya. Rusia hanya sekali-kali dapat melakukan serangan balik mengancam pertahanan tuan rumah Belgia. Menjelang akhir pertandingan Eden Hazard berhasil memanfaatkan bola liar yang tidak berhasil dikontrol Batshuayi di depan mulut gawang, Hazard sukses melepaskan sepakan bola mendatar dan bola masuk ke dalam gawang Rusia yang mengubah skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Belgia dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Untuk sementara Belgia berada diposisi ketiga karena kalah selisih gol, setelah dipertandingan lainnya Cyprus menang telak 5-0 atas San Marino dan Kazakhstan secara mengejutkan sukses mengalahkan tim kuat Skotlandia dengan skor 3-0. Alhasil persaingan di Grup I tentu akan berjalan sengit untuk memperebutkan tiket lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Susuanan Pemain:

Belgia: Courtois; Vertonghen, Alderweireld ,Boyata, Castagne; Dendoncker, Tielemans, Eden Hazard, Mertens, Thorgan Hazard (Chadli 84′), Batshuayi

Rusia: Guilherme; Kudryashov, Nababkin, Fernandes, Dzhikiya, Zhirkov; Cheryshev (Chalov 64′), Kuzyaev (Miranchuk 26′), Golovin, Akhmetov; Dzyuba (Smolov 77′)