Menu

Data dan Fakta Setelah Manchester United Ditahan Imbang Liverpool Tanpa Gol

Manchester United menjamu Liverpool di Old Trafford pada hari Minggu (24/2/2019) kick-off pukul 09.06 WIB. dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-27. Sebelum pertandingan ini, Machester United sudah tujuh kali menang di partai kandang dari sembilan pertemuan terakhir saat menghadapi Liverpool, sekali kalah 0-3 bulan Maret 2014 dan sekali imbang 1-1 bulan Januari 2017. Sementara bagi Liverpool datang ke Old Trafford dengan satu tujuan memenangkan pertandingan seperti kemenangan 3-1 di putaran pertama Desember 2018 saat menjamu Setan Merah di Anfield. Liverpool berhasrat mengalahkan Manchester United saat partai kandang dan tandang seperti yang dilakukan di English Premier League musim 2013/2014.

Hanya Manchester City dan Chelsea masing-masing memenangkan enam kali pertandingan saat bertandang ke kandang Manchester United, sedangkan Liverpool baru lima kali menang di Old Trafford. Dan akan menjadi yang pertama saat Manchester United menjamu Liverpool di Old Trafford dengan posisi Liverpool di peringkat 2 dan Manchester United di peringkat 4. Namun, semenjak Manchester United ditangani Ole Gunnar Solskjaer, Setan Merah belum terkalahkan di Premier League dengan delapan kali menang dan satu kali imbang.

Pada pertandingan ke-27 ini baik Manchester United maupun Liverpool dapat menurunkan tim terbaiknya. Sejak awal babak pertama, kedua tim bermain terbuka silih berganti saling menyerang. Tapi bukannya gol yang tercipta, malah beberapa pemain bertumbangan karena cidera. Manchester United harus kehilangan Ander Herrera yang ditarik keluar pada menit 21, disusul Juan Mata dan Jesse Lingard pun harus diganti di menit 43. Di kubu Liverpool menit ke-31 harus menarik Roberto Firmino yang diantikan Daniel Sturridge juga karena cidera. Alhasil hingga babak pertama usai skor imbang tanpa gol harus diraih kedua tim.

Memasuki babak kedua, kedua tim mencoba meningkatkan intensitas serangan. Menit ke-51 Paul Pogba dapat memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan dan melakukan sundulan tapi dengan sigap penjaga gawang Liverpool berhasil mengamankan bola. Demikian pula dengan beberapa peluang yang didapatkan Liverpool belum juga berbuah hasil. Pada akhirnya hingga akhir pertandingan tidak ada gol yang tercipta oleh kedua tim dengan skor akhir 0-0. Baik Manchester United ataupun Liverpool harus puas berbagi poin dengan masing-masing satu poin.

Walaupun Liverpool membukukan 65% penguasaan bola tapi tidak efektif dengan hanya melepaskan 7 tembakan tak tepat sasaran dan hanya satu yang mengarah ke gawang. Sedangkan Manchester United meski hanya membukukan 35% penguasaan bola tapi mampu melepaskan 6 tembakan tak terarah dan 3 tembakan tepat sasaran. Jadi secara umum jalannya pertandingan berlangsung berimbang dan pantas berbagi poin walaupun kurang menguntungkan bagi kedua tim dalam persaingan di klasemen.

Dengan hasil imbang yang diraih kedua tim membuat posisi Manchester United untuk sementara turun ke posisi 5 dengan poin 52 dan masih bisa turun lagi ke posisi 6 jika Chelsea yang belum main dapat memenangkan pertandingan. Sedangkan bagi Liverpool memang dengan hasil imbang dapat kembali mengambil alih posisi puncak dari Manchester City dengan mengumpulkan 66 poin tapi hanya beda 1 poin dengan Manchester City di peringkat 2.

Hasil imbang yang diraih Manchester United dan Liverpool kali ini menjadi yang kelima dari tujuh pertemuan terakhir mereka disemua kompetisi dengan masing-masing satu kemenangan.

Susunan Pemain:

Manchester United: De Gea, Young, Shaw, Lindelof, Smalling, McTominay, Pogba, Herrera (Pereira 21), Mata (Lingard 25) (Alexis Sanchez 42), Rashford, Lukaku

Liverpool: Alisson, Milner, van Dijk, Matip, Robertson, Fabinho, Henderson (Shaqiri 72), Wijnaldum, Firmino (Sturridge 31), Mane, Salah (Salah 79)