Menu

Danilo Petrucci Juara MotoGP Italia 2019

Danilo Petrucci dari tim Ducati berhasil meraih juara MotoGP Italia 2019 yang berlangsung di Sirkuit Mugello pada hari Minggu (2/6/2019) malam WIB. Petrucci menjadi juara setelah menjadi yang pertama menyentuh garis finish dari 23 putaran dengan catatan waktu 41 menit 33.794 detik. Pimpinan sementara klasemen motoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez harus puas di posisi kedua dengan catatan waktu 41 menit 33.751 detik. Sementara itu di posisi ketiga ditempati pebalap tim Ducati lainnya yaitu Andrea Dovizioso dengan catatan waktu 41 menit 33.456 detik. Dovizioso sebelumnya sempat memimpin balapan walaupun start dari posisi kesembilan. Tim Ducati melanjutkan dominasinya di Sirkuit Mugello Italia dalam tiga tahun terakhir (2017, 2018 dan 2019).

Sedangkan Valentino Rossi tidak mampu menyelesaikan balapan karena terjatuh ketika balapan tinggal tersisa 16 putaran lagi. Demikian juga dengan Jack Miller yang sempat berada diposisi lima harus menyudahi balapan lebih awal usai terjatuh ketika balapan tersisa 9 putaran lagi. Pebalap Suzuki, Alex Rins tampil impressif menempati posisi keempat mewarnai persaingan antara Ducati dan Honda. Diposisi kelima ditempati pebalap Jepang dari pabrikan Honda, Takaaki Nakagami. Sedangkan rekan setim Valentino Rossi dari Yamaha, Maverick Vinales hanya mampu finish di posisi keenam.

Dikutip dari situs resmi Ducati, Danilo Petrucci tidak bisa menyembunyikan rasa bahagianya dapat menjuarai MotoGP Italia, setelah pada balapan sebelumnya juga di MotoGP Prancis, Petrucci dapat finish diposisi ketiga. “Saya sangat senang untuk posisi pertama ini, karena ini sangat penting untuk memaksimalkan potensi kami bahkan selama kualifikasi”. Dengan keberhasilannya naik podium pertama, Danilo Petrucci menggeser Valentino Rossi di posisi empat klasemen motoGP 2019 dengan 82 poin. Sedangkan Rossi turun ke posisi kelima klasemen dengan tetap 72 poin karena di balapan kali ini tidak mendapatkan poin.

Dikutip dari Crash, Petrucci mengungkapkan bahwa motoGP Italia 2019 kali berlangsung sengit karena terjadi persaingan ketat hingga lap terakhir. Sampai-sampai pebalap 28 itu meneteskan air mata saat berada di podium saking bahagianya. “Ini sungguh luar biasa, di trek terbaik dunia. Itu merupakan balapan fantastis. Saya tak bisa menggambarkan suasana hati yang saya rasakan saat ini. Saat saya melompat di podium, saya akan menyadarinya”. Sementara itu mengutip dari Autosport, Petrucci mengatakan kalau kemenangannya kali ini didedikasikan untuk Andrea Dovizioso. “Saya ingin mendedikasikan kemenangan pertama ini untuk Andrea, rekan seti saya, yang mengadopsi saya musim dingin ini seperti seorang anak kecil, seperti saudara. Bocah yang sangat besar”.

Sementara itu Marc Marquez pembalap Honda yang juga juara bertahan dunia itu, pada balapan kali ini harus puas menempati posisi kedua. Kesalahan di tikungan pertama lap terakhir membuatnya disalip dari posisi terdepan oleh Petrucci. Hingga pada akhirnya Danilo Petrucci keluar sebagai pemenang di MotoGP Italia 2019. Namun, Marquez tetap bersyukur dapat finish di posisi kedua mengingat para pesainnya masih berada dibelakangnya, sehingga tetap aman diposisi puncak klasemen motoGP 2019 dengan 115 poin unggul 12 poin dari Andrea Dovizioso diposisi kedua. Seperti dikutip dari Crash, Marquez mengangatakan “Hari ini waktunya untuk bertahan. Kami melakukannya dengan cara terbaik. Kami tetap di sana dan menunggu untuk menyerang. Danilo merupakan yang tercepat di hari ini dan dia pantas mendapatkan kemenangan ini. Tapi, saya finis di depan Dovizioso, Rins dan Rossi. Jadi, saya senang dengan raihan 20 poin”.

Sedangkan Andrea Dovizioso mengaku kecewa dengan hasil balapan motoGP Italia 2019 karena gagal menjadi pemenang. Tapi sedikit senang karena rekan setimnya Danilo Petrucci yang berhasil menjadi juara. Marc Marquez dan Dovizioso berhasil disalip Petrucci pada tikungan pertama lap terakhir, dan baik Marquez atau Dovizioso gagal menyalip Petrucci, hingga Dovi harus puas diposisi ketiga. Dikutip di GPOne, Andrea Dovizioso mengungkapkan pendapatnya tentang balapan “Saya lebih khawatir dibandingkan Marc. Saya sudah mempersiapkan diri untuk melepaskan diri, dan saya pikir saya bisa melewatinya. Danilo menikung dengan agresif, dan saya harus mengerem motor lagi dan mesti finis ketiga. Andai saya tak begitu responsif, saya bisa menyentuh Marc dan itu akan menjadi bencana. Saya senang untuk Danilo, tapi saya kehilangan poin dan itu tak bagus”.

Berikut Klasemen Sementara MotoGP 2019:

Klasemen MotoGP 2019 hingga Seri ke-6 Mugello Italia

Klasemen MotoGP 2019 hingga Seri ke-6 Mugello Italia (Foto: Wikipedia)