Menu

Come Back Sempurna Manchester United Singkirkan PSG dari Liga Champions UEFA 2018/2019

Manchester United berhasil come back dengan sempurna setelah secara dramatis menyingkirkan Paris Saint-Germain dari Liga Champions UEFA 2018/2019 dan lolos ke babak perempat final. Sebagaimana diketahui di leg pertama babak 16 besar saat bermain di Old Trafford pada hari Rabu (13/2/2019) pukul 03.02 WIB. Manchester United kalah dengan skor 0-2 dari PSG. Sehingga saat harus menjalani laga tandang ke Parc de Princes markas PSG pada hari Kamis (7/3/2019) dinihari kick-off pukul 03.01 WIB. MU memiliki beban berat untuk dapat lolos karena secara agregat gol tertinggal dua gol. Sehingga jika MU ingin lolos ke babak perempat final minimal harus mencetak tiga gol dengan selisih dua gol. Dan misi come back semakin berat karena MU tidak bisa turun dengan kekuatan penuh karena beberapa pemain inti absen akibat cidera dan menjalani larangan bermain seperti Paul Pogba.

Di lapangan para pemain Manchester United dapat melupakan beban berat agregat gol yang harus dikejar dan absennya beberapa pemain kunci termasuk Pogba. Mereka bermain lepas meladeni permainan agresif tuan rumah PSG. Kali ini, para pemain muda yang dipadu beberapa pemain senior MU dapat menampilkan perporma terbaiknya dan membuat sejarah untuk klub mampu mengejar defisit dua gol dan membalikan keadaan dari kondisi kritis menjadi pemenang. Absennya beberapa pemain kunci menjadikan MU jadi underdog dalam pertandingan menghadapi PSG. Tapi semangat dan daya juang para pemain pada akhirnya mampu menciptakan tiga gol tandang yang membuat mereka lolos ke perempat final. Keberhasilan MU lolos dari babak 16 besar juga tidak lepas dari tangan dingin Ole Gunnar Solskjer pelatih interim yang mampu membangkitkan karakter permainan Manchester United yang sesungguhnya.

Manchester United unggul cepat di babak pertama, laga baru dua menit berjalan petaka buat PSG dimulai. Berawal dari kesalahan pemain belakang PSG, Thilo Kehrer dari sisi kiri bermaksud mengirim umpan ke Thiago Silva di depan kotak penalty, tapi karena bola tidak terlalu deras dan mendatar berhasil dipotong oleh Romelu Lukaku sebelum bola sampai pada Silva. Lukaku menggiring bola ke kotak penalty dan mengelabui penjaga gawang untuk selanjutnya menceploskan bola ke dalam gawang. MU sementara unggul 1-0 tepatnya di menit ke-2 melalui Romelu Lukaku. Setelah gol cepat MU, para pemain PSG kemudian benar-benar mengurung dan menggempur pertahanan MU. Para pemain MU hanya sekali-kali dapat melakukan serangan balik. PSG nyaris saja menyamakan skor pada menit ke-7 setelah Juan Bernet mengirim umpan silang mendatar ke depan gawang tapi bola gagal disambar Kylian Mbappe, bolapun hanya lewat begitu saja di depan gawang.

Para pemain PSG semakin gencar menggempur pertahanan MU dari sisi kiri, tengah dan kanan. Jatuh bangun para pemain MU mematahkan setiap serangan yang datang bertubi-tubi. Terkurung di kotak penalti selama beberapa menit pada akhirnya gawang MU jebol juga. Sebuah umpan terobosan Dani Alves ke kotak penalti sebelah kanan berhasil dikuasai Kylian Mbappe yang melepaskan umpan silang mendatar ke depan gawang sebelah kiri. Bersamaan dengan datangnya bola yang meluncur deras, Juan Bernat berlari menyambar bola dan bola itupun masuk ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan David De Gea yang mengubah skor menjadi sama kuat 1-1. Gol tercipta pada menit 12 oleh Juan Barnet dan secara agregat mengamankan posisi PSG dengan keunggulan 3-1.

Setelah skor 1-1, PSG benar-benar mendominasi permainan. Bola lebih banyak bergulir di sepertiga pertahanan MU. Beberapa kali peluang tercipta tapi gagal dikonversi menjadi sebuah gol. Dimenit ke-19 di dalam kotak penalty, Di Maria mengirim umpan Juan Barnet di sebelah kiri kotak penalty yang tak terkawal melepaskan tendangan keras ke arah gawang, tapi bola berhasil diblok penjaga gawang. Dalam kondisi terkurung hingga menit ke-28 lewat serang balik Marcus Rashford berhasil menggiring bola dari sisi kiri menuju kotak penalti dan melepaskan tendangan ke arah sebelah kanan gawang tapi masih bisa diblok Buffon kiper PSG. Baru pada menit ke-29 lebih lagi Marcus Rashford berdiri bebas di luar kotak penalti melepaskan tendangan keras kea rah sudut kiri gawang tapi berhasil diblok penjaga gawang, bola muntah karena tangkapan yang tidak sempurna sukses dimanfaatkan Romelu Lukaku yang berada tepat di depan gawang dengan menyambar bola dan menceploskan bola ke dalam gawang. Gol tercipta pada menit ke-30 dan mengubah skor menjadi 1-2 untuk MU tapi secara agregat PSG masih unggul 3-2.

Pada menit ke-35 MU kembali mendapat peluang untuk menambah gol, dari sebuh umpan terobosan ke kotak penalti, Marcus Rashford dapat menguasai bola di dalam kotak penalti dan dengan leluasa melepaskan tendangan kea rah sudut sebelah kiri gawang, tapi bolanya terlalu melebar. Pada akhirnya hingga akhir babak pertama usai tidak ada lagi gol yang tercipta. Sementara MU unggul 2-1 tapi masih kalah dalam agregat gol 2-3 dari PSG.

Memasuki babak kedua PSG masih tampil mendominasi jalannya pertandingan. MU hanya sekali-kali melakukan serangan balik. PSG sadar benar bahwa untuk mengamankan tiket perempat final hanya dengan mencetak gol tambahan. Karena itulah PSG terus-terusan menggempur pertahanan MU. Tapi hingga menjelang akhir pertandingan masih belum juga tercipta gol dari kedua tim. Dewi fortuna datang ke kubu MU, pada menit ke-90 dari serangan balik Diogo Dalot yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti membentur Presnel Kimpembe di dalam kotak penalti. Diogo Dalot sempat memprotes bahwa terjadi handball, dan wasit kemudian menjau melaui VAR. Setelah beberapa menit akhirnya wasit memutuskan bahwa benar telah terjadi handball dan menghadiahkan tendangan penalty untuk MU. Marcus Rashford yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik berhasil menaklukan kipper senior Buffon, bola meluncur deras ke pojok kiri atas gawang. Membuat skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan MU dan secara agregat imbang 3-3. Gol tercatat pada menit ke-90+4 atas nama Marcus Rashford.

Disisa waktu babak tambahan PSG yang balik tertekan dan situasi kritis memaksakan memasukan Cavani untuk menambah daya gedor. Tapi hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. MU unggul 3-1 di leg kedua dan secara agregat imbang 3-3, tapi MU unggul dalam hal gol tandang setelah mencetak tiga gol di kandang PSG. Dengan demikian Manchester United sukses come back dari ketinggalan 0-2 di leg pertama dan menang 3-1 di leg kedua, sehingga Manchester United berhak untuk maju ke babak perempat final Liga Champions 2018/2019.

Susunan Pemain:

Paris Saint-Germain: Gianluigi Buffon; Thilo Kehrer (Leandro Paredes 71′), Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Dani Alves (Edinson Cavani 95′), Marquinhos, Marco Verratti, Angel di Maria; Julian Draxler (Thomas Meunier 70′); Kylian Mbappe

Manchester United: David de Gea; Chris Smalling, Eric Bailly (Diogo Dalot 36′), Victor Lindelof; Ashley Young'(Mason Greenwood 87′), Fred, Scott McTominay, Andreas Pereira (Tahith Chong 80′), Luke Shaw; Romelu Lukaku, Marcus Rashford