Menu

Chelsea Menang 2-1 di Kandang Malmo Babak 32 Besar Leg 1 Liga Europa

Chelsea akhirnya bisa sedikit bernafas lega, keluar sejenak dari tekanan, merenggangkan saraf-saraf akibat ketegangan di ruang ganti, setelah pada pekan ke-26 hancur lebur digelontor 6 gol tanpa balas di kandang Manchester City. Praktis setelah kekalahan telak dari City membuat suasana ruang ganti memanas. Namun, keberhasilan Chelsea saat mengalahkan Malmo dengan skor 2-1 di leg 1 babak 32 besar Liga Europa, membuat kepercayaan diri para pemain sedikit meningkat, terlebih diawal pekan besok Chelsea akan menghadapi Manchester United di ajang Piala FA.

Bertanding di kandang Malmo, Stadion Swedbank pada hari Jumat (15/2/2019) pukul 03.01 WIB. dini hari, Chelsea tampil dengan kekuatan penuh. Mereka menyadari pentingnya memenangkan pertandingan tersebut, bukannya hanya untuk lebih memudahkan lolos ke babak berikutnya tapi yang lebih penting adalah memulihkan mental bermaian para pemain, kerana bagaimanapun kekalahan telak dari Manchester City terus menghantui para pemain. Beruntung para pemain Chelsea bisa keluar dari tekanan dan memulihkan rasa percaya untuk pulang dengan kemenangan.

Menurut data statistik sepajang permainan, Chelsea unggul dalam penguasaan bola 74%, 11 tendangan melebar, 4 kearah gawang dan 2 diantaranya berbuah gol. Sebaliknya tuan rumah Malmo penguasaan bola hanya 26%, melepaskan 15 kali tendangan tak tepat sasaran, 2 mengarah ke gawang dan hanya 1 yang berbuah gol. Dari data tersbut jelas, Chelsea mendominasi permainan, walaupun Malmo juga mampu memberikan perlawan sengit dengan serangan baliknya yang mampu merepotkan pertahanan Chelsea.

Gol pertama Chelsea baru tercipta pada menit ke-30, diawali umpan silang matang dari Pedro Rodriguez ke kotak finalti, bola berhasil dikontrol Ross Barkley yang berdiri tak terkawal lalu mengarahkan bola ke pojok kanan gawang Malmo yang tak mampu diselamatkan penjaga gawang. Chelsea unggul dengan skor 1-0 atas Malmo yang bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak kedua permainan semakin menarik, karena Malmo memberikan perlawan dan menciptakan beberapa peluang yang membahayakan. Namun Chelsea yang kembali unggul melalui serang balik, Ross Barkley dari sepertiga pertahanan Chelea menggiring bola melewati tengah lapangan dan saat beberapa meter depan kotak finalti Malmo memberikan umpan terobosan ke sebelah kiri, bola berhasil dikuasai Willian yang menggiring bola dalam kotak finalti lalu melepaskan umpan datar disela-sela dua pemain Malmo. Giroud yang mendapatkan bola umpan Willian depan gawang dan behadapan dengan penjaga gawang membelokan arah bola dengan tumit sehingga bola berbelok arah meluncur ke arah pojok kana gawang dan golpun tercipta pada menit ke-58 yang mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Chelsea.

Keunggulan 2-0 Chelsea tak bertahan lama karena pada menit ke-80, Malmo mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Diawali serang balik, Rosenberg mampu mengejar bola umpan terobosan ke sebelah kanan dan mengecoh bek Chelsea, Christensen. Lalu Rosenberg memberikan umpan mendatar ke depan kotak finalti yang berhasil dikejar dan dikuasai Anders Christiansen sedikit menggiring bola ke titik putih lalu menedang bola datar dengan terarah ke pojok kiri gawang Chelsea yang tak berhasil diblok penjaga gawang. Skor 2-1 untuk keunggulan Chelsea bertahan hingga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan 2-1 membuka peluang Chelsea untuk lolos ke babak 16 besar Liga Europa karena di leg 2, giliran Chelsea yang akan menjamu Chelsea di Stamford Bridge kandang Chelsea. Dengan keunggulan dua gol tandang rasanya bukan hal sulit untuk Chelsea bisa melangkah ke babak berikutnya. Sementara itu bagi Malmo walaupun peluangnya cukup tipis untuk bisa lolos, tapi bisa saja andai kata, Chelsea bisa terpeleset dan kebobolan banyak gol. Walaupun tidak mungkin, tapi dalam sepak bola bisa saja terjadi.

Susunan Pemain:

Malmo: Dahlin; Safari, Bengtsson, Nielsen, Vindheim; Rieks, Bachirou, Christiansen (Gall 81′), Traustason (Lewicki 70′); Rosenberg, Antonsson (Strandberg 70′)

Chelsea: Kepa; Emerson, Christensen, Luiz, Azpilicueta; Kovacic, Jorginho (Kante 74′), Barkley; Willian (Hazard 71′), Giroud, Pedro (Hudson-Odoi 83′)