Menu

Chelsea Juara Liga Europa 2018/2019 Setelah di Final Kalahkan Arsenal 4-1

Chelsea sukses menjadi juara Liga Europa 2018/2019 setelah pada partai final mampu mengalahkan Arsenal sesama tim Premier League dengan skor telak 4-1. Bermain di Olympic Stadium, Baku pada hari Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Chelsea dan Arsenal hanya mampu bermain imbang 0-0 di babak pertama. Baru dibabak kedua tercipta lima gol dan membuat permainan lebih menarik. Setelah permainan monoton kedua tim di 45 menit pertama, terjadi perubahan permainan yang cukup signifikan di 45 menit kedua setelah waktu jeda. Terutama Chelsea yang tampil lebih agresif dan efektif serta mampu mencetak 4 gol. Sementara Arsenal walaupun banyak menguasai jalannya pertandingan, tapi tidak efektif saat di daerah kotak penalti, beberapa peluang matang tidak mampu dikonversi menjadi gol dan hanya 1 yang berbuah gol.

Mungkin salah satu kunci kemenangan Chelsea adalah gol cepat di babak kedua, setelah kedua tim bermain imbang di babak pertama. Berawal dari tendangan penjuru, bola umpan silang di dalam kotak penalti berhasil disundul Olivier Giroud dengan mengarahkan bola ke pojok kanan gawang tanpa bisa diselamatkan Petr Cech, penjaga gawang Arsenal. Gol tercipta pada menit ke-49 dan untuk sementara membawa Chelsea unggul 1-0 atas Arsenal. Gol cepat Giroud mampu menggoyahkan mental para pemain Arsenal. Alih-alih berusaha menyamakan skor, justru malah Chelsea yang mampu menambah keunggulan melalui Pedro Rodriguez pad menit ke-60. Sementara Chelsea unggul 2-0 atas Arsenal.

Arsenal semakin tertekan setelah Chelsea mendapat hadiah penalti, dan Eden Hazard yang maju sebagai eksekutor tendangan finalti mampu menjebol gawang Arsenal pada menit ke-65 yang mengubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Chelsea. Empat menit berselang, Arsenal sempat membuka asa dapat mengejar ketertinggalan, tepatnya pada menit ke-69 Alex Iwobi mampu mencetak gol untuk memperkecil ketinggalan Arsenal, sehingga mengubah skor menjadi 3-1 masih untuk keunggulan Chelsea. Akan tetapi perlawanan benar-benar tamat karena hanya berselang 3 menit Eden Hazard kembali mencetak gol keduanya dalam pertandingan tersebut pada menit ke-72 yang mengubah skor menjadi 4-1 untuk keunngulan Chelsea.

Disisa waktu pertandingan, Arsenal yang berusaha mengurung pertahanan Chelsea dibuat prustasi karena kokohnya pertahanan Chelsea. Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta, Chelsea tetap unggul 4-1 atas Arsenal. Dengan demikian Chelsea keluar sebagai juara Liga EUROPA 2018/2019. Ini adalah gelar Liga EUROPA kedua kalinya setelah yang pertama direbut pada musim 2012/2013 setelah mengalahkan Benfica. Sedangkan bagi Arsenal ini adalah kegagalan ketiga di final kompetisi Eropa, setelah gagal di final Piala UEFA tahun 2000 dan kalah di final Liga Champions UEFA tahun 2006. Arsenal terakhir kali menjadi juara di Eropa saat meraih gelar juara Piala Winners tahun 1994.

Gelar juara yang diraih Chelsea menjadi terasa spesial untuk pelatih mereka, karena bagi Maurizio Sarri ini adalah gelar pertama setelah 29 tahun berkarir sebagai pelatih. Lebih spesial lagi Maurizio Sarri menang di partai final dengan skor besar dari tim yang dilatih Unai Emery yang bisa dibilang sebagai pelatih spesialis Eropa,setelah 3 kali meraih gelar juara Liga EUROPA bersama Sevilla. Sementara itu gelar juara yang diraih Chelsea juga bisa menjadi sangat spesial bagi Eden Hazard, selain mampu mencetak dua gol juga menjadi pemain kunci dan berbahaya yang mampu memporakporandakan pertahanan Arsenal. Hazard membuat tiga tembakan yang mengarah ke gawang, lima key-passes, dan lima dribble sukses, terbanyak dari pemain Chelsea lainnya. Whoscored-pun memberikan nilai 9,66 untuk Eden Hazard.

Ditengah rumor kepindahannya ke Real Madrid, musim ini Eden Hazard memang pemain kunci di Chelsea. Diseluruh kompetisi yang diikuti Chelsea, Eden Hazard mencetak 21 gol dan 17 assist yang artinya Hazard terlibat dalam 38 gol Chelsea. Jika Eden Hazard pergi maka akan menjadi kehilangan cukup besar untuk Chelsea, tapi seandainya harus pergi, Hazard pergi setelah memberikan yang terbaik bagi Chelsea. Sementara itu performa Chelsea di Liga EUROPA 2018/2019 begitu gemilang, dari 15 pertandingan yang dijalani, meraih 12 kemenangan, 3 kali imbang dan tanpa kekalahan serta menjadi tim paling produk karena mampu mencetak 36 gol termasuk penampilan para pemain di laga final yang nyaris sempurna, sehingga Chelsea memang layak menjadi juara Liga EUROPA 2018/2019.

Susunan Pemain:

Chelsea: Kepa, Azpilicueta, Christensen, Luiz, Emerson, Jorginho, Kante, Kovacic (Barkley 76′), Pedro (Willian 72′), Giroud, Hazard (Zappacosta 88′).

Arsenal: Cech, Sokratis, Koscielny, Monreal (Guendouzi 67′), Maitland-Niles, Torreira (Iwobi 67′), Xhaka, Kolasinac, Oezil (Willock 77′), Lacazette, Aubameyang.