Menu

Catatan Menarik Barcelona Ditahan Imbang Lyon 0-0 di Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions UEFA 2018/2019

Barcelona mengawali leg 1 babak 16 besar Liga Champions UEFA 2018/2019 dengan bertandang menantang Lyon di Stadion Parc Olympique Lyonnais kandang Lyon pada hari Rabu (20/2/2019) pukul 03.00 WIB. Kedua tim menurunkan tim terbaiknya, terlebih bagi Barcelona dengan modal kemenangan di liga Spanyol dan memimpin klasemen dengan keunggulan poin yang jauh dari para pesaing terdekat mereka membuat penuh rasa percaya diri dapat membawa poin penuh dari markas Lyon. Kenyataan di lapangan mereka mendapat perlawanan sengit dari para pemain tuan rumah.

Sejak kick-off babak pertama kedua tim bermain ofensive silih berganti melakukan serangan. Beberapa kali Barcelona dan Lyon masing-masing mendapatkan peluang untuk menciptakan gol. Pada menit ke-3 Barcelona sudah mendapat tendangan bebas dari luar kotak penalti, Lionel Messi yang maju melakukan tendangan bebas, sayang bolanya sedikit melambung di atas mistar gawang. Berseling beberapa menit giliran Lyon mengancam lewat tembakan bola mendatar Houssem Aouar tapi Marc-Andre ter Stegen kiper Barcelona berhasil melakukan penyelamatan. Menit ke-9 Lyon kembali mendapat peluang dan nyaris berbuah gol saat tembakan keras Martin Terrier dari luar kotak penalti nyaris menjebol gawang Barcelona andai saja Ter Stegen gagal melakukan memblok blok yang melesat keras sehingga bola berblok menerpa mistar gawang. Barcelona tidak mau kalah aksi Ousmane Dembele di sisi kiri mengelabui bek Lyon dan berhadapan dengan penjaga gawang tapi sayang Anthony Lopes sukses memblok bola tendangan Dembele. Hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua Barcelona langsung tancap gas berusaha mencetak gol lebih dahulu, tapi malah Lyon yang mendapat peluang melalui tendangan Memphis Depay beruntung sedikit melebar dari gawang. Gantian Barcelona yang memiliki peluang pada menit ke-65 kombinasi umpan satu dua Messi dan Dembele nyaris berbuah gol tapi tembakan Messi dari sudut sempat berhasil ditepis penjaga gawang. Menit ke-70 giliran Luis Suarez yang mendapat peluang dan melepaskan tembakan tapi bola melebar dari gawang. Demikian juga pada menit ke-76 tendangan Philippe Coutinho dari dekat kotak penalti berhasil diblok penjaga gawang. Menit ke-86 lagi-lagi Barcelona mendapat peluang tapi tendangan Sergio Busquets berhasil diblok penjaga gawang. Alhasil hingga akhir pertandingan tidak ada gol yang tercipta.

Dengan hasil imbang 0-0 kedua tim baik Barcelona maupaun Lyon masih memiliki peluang yang sama untuk lolos ke babak perempat final. Walaupun Barcelona lebih diunggulkan untuk lolos, selain akan menjadi tuan rumah di leg kedua, juga akan sangat sulit untuk mengalahkan Barcelona di Camp Nou. Bagaimana tidak meskipun Barcelona gagal menang dan mencetak di kandang Lyon, tapi dari data statistik Barcelona begitu superior dengan 63% penguasaan bola, melepaskan 25 kali tembakan dan 5 tembakan tepat sasaran. Berbanding terbalik dengan tuan rumah Lyon yang membukukan 37% penguasaan bola, 7 kali tembakan dan 2 tembakan mengarah ke gawang. Bagaimana nanti saat Barcelona menjadi tuan rumah? Jadi peluang Barcelona tanpa bermaksud mengecilkan peluang Lyon, peluang Barcelona untuk lolos ke fase berikutnya tetap lebih besar.

Berikut catatan menarik dari pertemuan kedua tim; Barcelona gagal menang di enam pertandingan tandang terakhir babak gugur liga Champions, 2 kali seri dan 4 kali kalah, dan gagal mencetak gol di lima pertandingan tersebut. Begitu juga Lyon yang mendapat hasil seri dari enam pertandingan terakhir liga Champions. Bahkan Lyon gagal mengalahkan Barcelona di tujuh pertemuan di Liga Champions, 3 kali seri dan 4 kali kalah.

Susunan Pemain:

Lyon: Anthony Lopes; Leo Dubois, Marcelo, Jason Denayer, Ferland Mendy; Tanguy NDombele (Diop 84′), Houssem Aouar; Bertrand Traore (Tousart 69′), Memphis Depay, Martin Terrier (Cornet 76′); Moussa Dembele

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto (Vidal 81′), Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele (Coutinho 67′)