Menu

Borussia Dortmund Menang Dramatis 3-2 di Markas Hertha Berlin

Borussia Dortmund bertandang ke markas Hertha Berlin dengan semangat tinggi memenangkan pertandingan agar bisa terus menempel pimpinan puncak klasemen Bundesliga. Bertanding di OlympiaStadion markas Hertha Berlin pada hari Minggu (17/3/2019) dini hari kick-off pukul 00.32 WIB. Borussia Dortmund menantang tuan rumah Hertha Berlin dalam lanjutan Liga Jerman 2018/2019 pekan ke-26. Borussia Dortmund sempat tertekan di awal babak pertama setelah tuan rumah mampu unggul gol cepat, walaupupun Dortmund sempat menyamakan skor tapi babak pertama menjadi milik tuan rumah. Tuan rumah Hertha Berlin mampu unggul 2-1 atas Borussia Dortmund hingga akhir babak pertama. Dan dari empat pertemuan terakhir di Bundesliga jika bermain di kandang, Hertha Berlin tidak pernah kalah dari Borussia Dortmund dengan rekor 2 kali menang dan 2 kali imbang.

Herta Berlin mampu unggul cepat di awal babak pertama tepatnya pada menit ke-4 melalui Salomon Kalou. Berawal dari sepakan keras pemain Hertha Berlin dari luar kotak penalti terarah ke pojok kiri gawang, bola berhasil diblok penjaga gawang. Sial bola terlalu keras tidak berhasil ditangkap dengan sempurna oleh penjaga gawang, bola terlepas liar ke depan gawang yang disaat bersamaan Salomon Kalou berada di depan gawang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk tuan rumah. Tertinggal satu gol cepat membuat para pemain Dortmund sedikit dalam tekanan dan berusaha bangkit kerja keras mengejar ketinggalan. Hasilnya pada menit ke-14, dari tengah lapangan menggiring bola tanpa ada tekanan berarti dan saat di depan kotak penalti melepaskan tendangan ke arah pojok kiri gawang, tapi bole membentur kaki Rekik bek Hertha Berlin yang membuat bola berbelok arah dan masuk ke gawang sebelah kanan, mengubah skor imbang 1-1 untuk kedua tim.

Tuan rumah mampu kembali unggul pada menit ke-35 melalui tendangan penalti. Berawal dari serangan balik dari sisi kanan, umpan kombinasi dari Lazaro ke Maier di tepi kanan kotak penalti diteruskan ke Duda di depan sudut kotak penalti sebelah kanan melepaskan tembakan tapi bola mengenai tangan Weigl yang mencoba menahan bola dan wasit tanpa ampun menunjuk titik putih. Salomon Kalou yang menjadi eksekutor tendangan penalti berhasil mengecoh penjaga gawang dengan mengarahkan bola ke sudut kiri atas gawang sementara penjaga gawang bergerak ke kanan bawah, mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah Hertha Berlin. Hingga akhir babak pertama selesai tidak ada lagi gol yang tercipta. Sementara Hertha Berlin unggul 2-1 atas Borussia Dortmund di babak pertama.

Selepas jeda babak pertama tepatnya di awal babak kedua pada menit ke-47 Borussia Dortmund berhasil menyamakan skor. Bermula dari tendangan sudut yang dilakukan Jadon Sancho, bola lambung melengkung ke depan gawang yang kemudian disambut dengan sundulan kepala Dan-Axel Zagado yang terarah ke pojok kanan bawah gawang diantara tekanan dua pemain Hertha, bola masuk ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang dan mengubah skor menjadi 2-2. Setelah gol penyama kedudukan jalannya pertandingan semakin seru, kedua tim silih berganti melakukan serangan dan hingga menit ke-90 sepertinya skor imbang 2-2 akan mengakhiri pertandingan kedua tim. Namun, dimasa injury time tepatnya pada menit ke-90+2 umpan matang dari Sancho di sebelah kiri dalam kotak penalti ke Marco Reus di tengah kotak penalti langsung disontek dengan sepakan bola yang mengarah ke sebelah kanan gawang, tanpa bisa diblok penjaga gawang bola masuk mulus ke dalam gawang mengubah skor menjadi 2-3 untuk Borussia Dortmund.

Hingga akhir pertandingan Borussia Dortmund menang dramatis 3-2 atas tuan rumah Hertha Berlin yang membuat Dortmund untuk sementara naik ke posisi pertama dengan jumlah poin 60 dan masih bisa turun kembali jika Bayern Munchen menang mengahadapi Mainz 05 pada Senin dini hari WIB. Sedangakan bagi Hertha Berlin dengan kekalahan tersebut membuatnya tertahan di posisi ke-10 dengan jumlah poin 35. Dari data statistik pertandingan Borussia Dortmund unggul 53% dalam penguasaan bola berbanding 47% penguasaan bola dari Hertha Berlin. Dortmund melepaskan 25 tembakan melebar dengan 8 tembakan on target sedangkan Hertha melepaskan 7 tembakan dengan 4 on target. Sehingga memang Dortmund sedikit lebih dominan dan pantas untuk memenangkan pertandingan.

Susunan Pemain:

Hertha Berlin: Jarstein – Stark, Rekik, Torunarigha – Lazaro, Grujic, Maier, Mittelst√§dt – Duda (Lustenberger 90+2′) – Selke (Leckie 77′), Kalou (c) (Ibisevic 77′)

Dortmund: Buerki – Wolf (Hakimi 78′), Akanji, Zagadou, Diallo – Weigl, Delaney – Sancho (Toprak 90+6′), Pulisic, Bruun Larsen (Guerreiro 75′) – Reus