Menu

Borussia Dortmund Kokoh di Puncak Klasemen Usai Menang 3-2 atas Bayer Leverkusen

Borussia Dortmund menjalani laga penting di pekan ke-23 Liga Jerman 2018/2019 menghadapi Bayer 04 Leverkusen, mengingat pesaing terberat mereka sekaligus juara bertahan Bayern Munich sudah kian mendekat berselisih 1 poin. Jadi untuk sedikit memperlebar jarak menjadi selisih 4 poin harus dapat memenangkan pertandingan. Rekor pertemuan sebelum laga dimulai, Borussia Dortmund hanya sekali kalah dari Bayer Leverkusen dari delapan pertemuan terakhir dengan lima kali menang dan dua kali seri. Bahkan Dortmund selalu menang di tiga laga kandang terakhir mereka saat menjamu Leverkusen dengan agregat gol 13-2 (3-0, 6-2, 4-0). Bayer Leverkusen terakhir menang atas Dortmund pada musim 2014/2015 pekan pertama dengan skor 2-0.

Bertanding di Signal Iduna Park kandang Borussia Dortmund pada hari Senin (25/2/2019) pukul 00.01 WIB dini hari. Borussia Dortmund menjamu Bayer 04 Leverkusen dengan kekuatan penuh dan tekad memenangkan pertandingan setelah di tiga laga sebelumnya mendapatkan hasil imbang (1-1, 3-3, 0-0). Demikian juga dengan Bayer Leverkusen yang mengejar kemenangan kelima secara beruntun setelah sebelumnya berhasil menang dalam empat pertandingan terakhir untuk memperbaiki posisi di klasemen, juga mencari pelampiasan setelah mereka tersingkir dari Liga Europa 2018/2019.

Sejak babak pertama kedua tim berusaha mengendalikan permainan dan mencetak gol lebih dahulu. Akan tetapi gol baru tercipta pada menit ke-30 yang dicetak pemain tuan rumah. Berawal dari tendangan sudut Jadon Sancho bola jatuh di lapangan tepat depan gawang langsung disontek Dan-Axel Zagadou dan masuk ke dalam gawang mengubah skor 1-0 untuk keunggulan Dortmund. Leverkusen baru bisa membalas pada menit ke-37 diawali kombinasi serangan di sebelah kanan umpan satu dua Kevin Volland dan Harvertz yang diselesaikan dengan tendangan Kevin Volland dari luar kotak penalti bola menyusur ke pojok kanan gawang skor berubah 1-1.

Skor imbang hanya bertahan satu menit karena pada menit ke-38 Dortmund kembali unggul setelah umpan lambung Diallo dari sisi sebelah kiri bola hampir menyentuh lapangan depan gawang sebelah kanan disambut tendangan voli Jadon Sancho bola masuk ke pojok gawang sebelah kiri, skor berubah 2-1 untuk keunggulan Dortmund. Setelah gol Sancho tidak ada lagi gol tercipta dan skor 2-1 menutup laga babak pertama.

Di babak kedua baik Dortmund atau Leverkusen semakin gencar melakukan serangan. Menit ke-60 Mario Gotze berhasil mencetak gol dari tendangan dari luar kotak penalti memanfaatkan bola liar depan kotak penalti. Skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Dortmund. Tertinggal 1-3 para pemain Leverkusen berusaha memperkecil ketinggalan dan baru pada menit ke-75 dapat memperkecil skor menjadi 2-3 berawal dari tendangan bebas Brandt melengkung ke depan gawang sebelah kiri yang langsung disundul Jonathan Tah kearah tengah gawang sedikit berhasil ditepis penjaga gawang tapi bola terlalu keras untuk dihadang dan bola meluncur masuk ke dalam gawang. Skor berubah 3-2 untuk Borussia Dortmund dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan tersebut Borussia Dortmund semakin kokoh di puncak klasemen dengan poin 54 hingga pekan ke-23 Bundesliga 2018/2019 dengan 16 kali menang, 6 kali seri dan 1 kali kalah. Sementara bagi Bayer 04 Leverkusen membuat mereka tetap berada di posisi ke-7 dengan 11 kali menang, 3 kali seri dan 9 kali kalah. Walaupun dalam pertandingan kali ini Bayer 04 Leverkusen mencatatkan 67% penguasaan bola dengan 13 kali tembakan melebar dari gawang dan 4 tembakan tepat ke arah gawang terlihat begitu dominan tapi tidak efektif. Berbanding terbalik dengan Borussia Dortmund yang mencatatkan 33% penguasaan bola dengan 9 tembakan melebar dan 4 tembakan tepat ke arah gawang tapi 3 diantaranya berbuah gol sementara Leverkusen hanya 2 yang berbuah gol.

Susunan Pemain:

Borussia Dortmund: Burki, Hakimi, Zagadou, Akanji, Diallo, Weigl, Witsel, Sancho, Gotze (Dahoud 83′), Guerreiro (Larsen 76′); Alcacer (Wolf 90′)

Bayer 04 Leverkusen: Hradecky, Bender, Weiser, Jedvaj, Tah, Aránguiz, Baumgartlinger, Havertz, Volland, Brandt, Bailey (Alario 70′)