Menu

Borussia Dortmund Ditahan Imbang 0-0 Tim Juru Kunci Nurnberg

Borussia Dortmund datang bertamu ke kandang FC Nurnberg dalam lanjutan Bunderliga pekan ke-22, Liga Jerman 2018/2019 dengan kondisi tengah terluka setelah menelan kekalahan telak 0-3 dari Tottenham Hotspur di ajang Liga Champions Eropa pada tengah pekan (14/2/2019). Sebelum kalah dari Tottenham Hotspur, Dortmund juga di liga domestik mendapat dua kali hasil seri secara beruntun, tak pelak target kemenangan dicanangkan Dortmund untuk terus menjaga jarak dari kejaran rival berat mereka Bayern Munchen. Walaupun saat ini Dortmund masih memimpin, tapi tiga kali hasil imbang secara beruntun termasuk imbang dengan Nurnberg membuat posisi mereka di puncak klasemen semakin terancam dengan selisih poin hanya 3 poin saja.

FC Nurnberg menjamu Borussia Dortmund di Frankenstadion pada hari Selasa (19/2/2019) kick-off pukul 02.30 WIB. dini hari. Dortmund yang berambisi meraih kemenangan tampil openship sejak menit pertama tapi rapatnya pertahanan Nurnberg membuat Dortmund kesulitan membuat gol. FC Nurnberg hanya sekali-kali dapat melakukan serangan balik yang kerap kali dengan mudah dipatahkan pemain Dortmund. Hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta. Demikian juga dengan dibabak kedua baik Borussia Dortmund dan Nurnberg gagal mengkonversi setiap peluang yang didapat untuk mencetak gol. Alhasil hingga akhir pertandingan kedua tim bemain imbang 0-0.

Berdasarkan data statistik pertandingan Borussia Dortmund vs FC Nurnberg, Dortmund unggul dalam penguasan bola 73% berbanding terbalik dengan FC Nurnberg dengan hanya penguasaan bola sebesar 27%. Dortmund mampu melepaskan tendangan hingga 17 kali melbar dari gawang dengan 6 diantarnya mengarah tepat pada gawang. Sedangkan Nurnberg hanya mampu melepaskan tendangan sebanyak 7 tendangan tidak mengarah ke gawang dan 2 tepat sasaran. Dari data tersebut jelas bahwa Dortmund sangat dominan dalam pertandingan tersebut tapi tidak efektif,

Dengan hasil yang diraih oleh kedua tim tidak mengubah posisi mereka di papan klasemen. Borussia Dortmund masih berada di puncak klasemen dengan poin 51 hasil dari 15 kali menang, 6 kali seri dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi FC Nurnberg dengan kekalahan dari Dortmund membuat mereka semakin tenggelam di dasar klasemen dengan hanya meraih 13 poin hasil dari 2 kali menang, 7 kali seri dan 13 kali menelan kekalahan.

Susunan Pemain:

Nurnberg: Christian Mathenia; Enrico Valentini, Lukas Muhl, Ewerton, Tim Leibold; Ondrej Petrak, Hanno Behrens, Eduard Lowen (Robert Bauer 77’); Yuya Kubo (Federico Palacios 85’); Matheus Pereira, Adam Zrelak (Mikael Ishak 66’)

Borussia Dortmund: Roman Burki; Marius Wolf, Julian Weigl, Dan Axel Zagadou, Abdou Diallo; Axel Witsel, Thomas Delaney (Jacob Bruun Larsen 80’); Raphael Guerreiro, Maximilian Philipp (Paco Alcacer 63’), Jadon Sancho; Mario Gotze