Menu

Belgia Kalahkan Tuan Rumah Cyprus 2-0 di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Belgia berhasil meraih kemenangan kedua di kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup I setelah mengalahkan tuan rumah Cyprus 2-0. Dua gol kemenangan Belgia dicetak oleh Eden Hazard dan Michy Batshuayi yang masing-masing tercipta dibabak pertama. Bagi Eden Hazard laga melawan Cyprus merupakan laga ke-100 tampil bersama timnas Belgia. Dan satu golnya dilaga kali ini membuat gelandang Chelsea itu sudah membukukan 30 gol untuk timnas Belgia sejak pertama kali membela timnas negaranya itu di tahun 2008. Dilaga perdana kualifikasi grup I saat menghadapi Rusia, Eden Hazard juga mampu mencetak gol, saat itu Hazard menyumbang dua gol dan membantu Belgia menang 3-1 atas Rusia.

Cyprus menjamu Belgia di Neo GPS, Nikosia pada hari Senin (25/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. Tim tamu Belgia tanpa canggung mampu mendominasi jalannya permainan. Sebagai peraih gelar juara ketiga di Piala Dunia 2018, Belgia memang masih terlalu tangguh menajdi lawan yang dihadapi tuan rumah Cyprus. Bahkan tim arahan Roberto Martinez itu sudah unggul pada menit ke-10 lewat gol yang dicetak oleh Eden Hazard. Bola liar di dalam kotak penalti berhasil dimanfaatkan Hazard dengan melepaskan tembakan kaki kanan, dan bola meluncur masuk kedalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang, mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Belgia.

Setelah Eden Hazard membukukan gol ke-30 dipenampilan ke-100nya bersama timnas Belgia, tidak membutuhkan waktu lama bagi Belgia untuk menggandakan keunggulan. Delapan menit berselang setelah gol pertama tepatnya pada menit ke-18 Michy Batshuayi sukses menyarangkan sikulit bundar kedalam gawang tuan rumah. Michy Batshuayi berhasil mencatatkan namanya di papan skor berawal dari umpan terobosan yang dikirimkan oleh Thorgan Hazard yang merupakan saudara Eden Hazard, kemudian Batshuayi berhasil mengontrol bola dengan baik untuk kemudian mengelabui Urko Pardo penjaga gawang Cyprus yang diakhiri dengan sepakan bola kedalam gawang yang sudah kosong melompong, mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Belgia.

Disisa waktu babak pertama Belgia yang mendominasi jalannya pertandingan tak mampu lagi mencetak gol. Demikian juga dengan tuan rumah Cyprus yang hanya mampu bertahan dengan sekali-kali melakukan serangan balik. Dibawah tekanan tim tamu, tuan rumah dipaksa bekerja keras untuk bertahan agar tidak kebobolan lebih banyak lagi. Berulang kali para pemain Belgia mampu merepotkan pertahanan tuan rumah, tapi belum juga mampu mencetak gol tambahan. Tuan rumah juga berusaha keras melakukan perlawanan dengan berusaha keluar dari tekanan, tapi pertahanan Belgia juga terlalu solid untuk bisa ditembus para penyerang tuan rumah. Hingga akhir pertandingan babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta. Belgia untuk sementara unggul 2-0 atas tuan rumah Cyprus di babak pertama.

Dibabak kedua hampir tak jauh berbeda dengan dibabak pertama, tim tamu tetap mendominasi jalannya permainan dengan penguasaan bola dan tusukan-tusukan yang memprakporandakan pertahanan tuan rumah. Walaupun demikian para penyerang Belgia di babak kedua seperti membentur benteng yang kokoh, bola seolah tak mau lagi masuk kedalam gawang tuan rumah. Beruntung Belgia mampu mencetak dua gol di babak pertama, karena setelah kebobolan dua gol dibabak pertama para pemain Cyprus bisa memperbaiki lini pertahanannya sehingga sulit ditembus para pemain Belgia. Hingga akhir babak kedua dan pertandingan usai, Belgia tetap unggul 2-0 atas tuan rumah Cyprus dan menempatkan Eden Hazard dkk di posisi pertama Grup I dengan 6 poin.

Susunan Pemain:

Cyprus: Urko Pardo, Giorgios Merkis, Kosntantinos Laifis, Dossa Junior (Anthony Georgiou 45′), Nicholas Ioannou, Kostakis Arymatas, Renato Margaca, Fotis Papoulis, Georgios Efrem (Matija Spoljaric 75′), Minas Antoniou (Andreas Makris 81′)

Belgia: Thibaut Courtois, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Leander Dendoncker, Youri Tielemans, Thorgan Hazard (Yannick Carrasco 68′), Timothy Castagne, Michy Batshuayi (Dennis Praet 89′), Eden Hazard, Dries Mertens (Adnan Januzaj 57′)