Menu

Belanda Menang 4-0 atas Belarusia di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Mengawali laga perdana Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C tim nasional Belanda menghadapi Belarusia. Belanda yang tergabung bersama Jerman, Irlandia Utara, Estonia dan Belarusia tentu tidak ingin mengalami kegagalan lagi, tidak lolos ke putaran final Piala Eropa seperti di edisi sebelumnya yang hanya jadi penonton. Karena itu kemenangan di laga perdana akan jadi motivasi untuk pertandingan-pertandingan berikutnya. Terlebih di Grup C ini Belanda akan bersaing dengan dua tim kuat lainnya yaitu Jerman dan Irlandia Utara. Kini Belanda sudah banyak belajar dari kegagalan mengikuti dua event besar Piala Eropa dan Piala Dunia. Sekarang dengan skuad yang dihuni para pemain muda dan berbakat yang bermaian di beberapa klub top Eropa, Belanda dibawah asuhan Ronald Koeman percaya diri untuk dapat berbicara banyak di ajang Piala Eropa 2020.

Bertanding Stadion Feijenoord, Rotterdam, Belanda pada hari Jumat (22/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.47 WIB. Belanda sebagai tuan rumah menjamu tim lemah yang menjadi tamunya yaitu Belarusia. Dengan dukungan puluhan ribu para pendukungnya Belanda sudah unggul cepat dimenit kesatu setelah Igor Shitov bermaksud melakukan backpass pada penjaga gawang, tapi bole terlalu lemah yang kemudian dicuri oleh Memphis Depay di dalam kotak penalti yang kemudian mengecoh penjaga gawang, dari sudut sempit Depay melepaskan tembakan bola ke dalam gawang yang sudah tidak terjaga dan bola masuk mengubah skor menjadi 1-0 untuk keungggulan tuan rumah Belanda.

Belanda membutuhkan waktu 20 menit untuk menambah keunggulan, tepatnya pada menit ke-21 Georginio Wijnaldum mendapat umpan back heel dari Depay di dalam kotak penalti, lalu tanpa kesulitan Wijnaldum yang tidak terkawal berhasil menceploskan bola ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Belanda. Tertinggal dua gol membuat para pemain Belarusia berusaha keluar dari tekanan dan balik melakukan tekanan, tapi dengan sigap berhasil dipatahkan para pemain bertahan Belanda. Hingga akhir pertandingan babak pertama tidak ada gol lagi yang tercipta, Belanda unggul 2-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua para pemain Belanda semakin mendominasi jalannya pertandingan, baru 10 menit pertandingan berlangsung Belanda sudah berhasil mencetak gol ketiga.Tepatnya pada menit ke-55 tuan rumah mendapatkan keuntungan dengan hadiah tendangan penati, setelah Mikhail Sivakov melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Mempis Depay yang menjadi eksekutor tendangan penalti berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, tanpa bisa dibendung bola masuk ke dalam gawang mengubah skor menjadi 3-0 untuk Belanda.

Pesta gol kemenangan Belanda dilaga perdana akhirnya ditutup oleh gol yang dicetak Virgil van Dijk memanfaatkan bola tendangan sudut, bola yang melambung lewat depan gawang disundul Van Dijk dan tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang, bola masuk ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 4-0 untuk keunggulan Belanda. Berkat kemenangan ini, untuk sementara menempatkan Belanda diposisi pertama unggul selisih gol dari Irlandia Utara yang menang 2-0 atas Estonia. Sedangkan Jerman masih belum bermain. Bagaimanapun kemenangan di laga perdana tentu akan menjadi modal bagus untuk pertandingan-pertandingan berikutnya dalam usaha untuk bisa lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Susunan Pemain:

Belanda: Jasper Cillessen, Denzel Dumfries (Kenny Tete 68′), Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind, Gorginio Wijnaldum, Marten de Roon (Davi Proepper 46′), Frenkie de Jong, Steven Bergwjin, Ryan Babel (Quincy Promes 59′), Memphis Depay

Belarusia: Andrey Gorbunov, Denis Polyakov, Mikhail Sivakov, Aleksandr Martynovich, Igor Shitov, Igor Stasevich, Stanislav Dragun (Denis Laptev 86′), Ivan Maewski, Yuri Kovalev (Pavel Savitskiy 79′), Anton Putsila, Nikolay Signevich (Anton Saroka 63′)