Menu

Beda Nasib Brasil dan Argentina di Laga Perdana Copa America 2019

Brasil yang menjadi tuan rumah Copa America 2019 sukses meraih poin penuh dilaga perdana dengan mengalahkan Bolivia dengan skor telak 3-0. Pertandingan yang berlangsung di Estadio do Morumbi, Sao Paulo pada hari Sabtu (15/6/2019) pagi WIB. Brasil menurunkan kekuatan terbaiknya minus Neymar yang tidak diikutsertakan dalam turnamen kali ini karena masih dalam masa pemulihan akibat cidera. Tapi dibabak pertama Bolivia mampu mengimbangi permainan para pemain bintang tuan rumah Brasil. Itu pula yang membuat suporter tuan rumah banyak yang tidak puas dengan performa pemain Brasil asuhan Tite. Walaupun diperkuat para pemain yang bermain diklub-klub besar seperti Dani Alves, Thiago Silva (Paris St. Germain), Fernandinho (Man City), Philippe Coutinho (Barcelona), Casemiro (Real Madrid), dan Roberto Firmino (Liverpool), tapi hingga babak pertama usai skor masih 0-0, sehingga memunculkan kritik dan kekecawaan dari fans.

Beruntung dibabak kedua permainan para pemain tuan rumah sedikit lebih baik diawali dengan keuntungan mendapatkan hadiah tendangan penalti, Philippe Coutinho berhasil mencetak gol dari titik putih dan membawa keunggulan 1-0 untuk Brasil. Hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk Coutinho menggandakan keunggulan Brasil menjadi 2-0 tepatnya pada menit ke-53 lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan silang dari Roberto Firmino. Menjelang akhir pertandingan tepatnya pada menit ke-85 pemain pengganti yang baru masuk Everton melepaskan tembakan keras di depan kotak penalti ke arah kanan gawang yang tidak mampu dijangkau penjaga gawang Bolivia. Skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Brasil dan bertahan hingga akhir pertandingan. Walaupun Brasil dapat memenangkan pertandingan di laga perdana Copa America 2019, tapi diakui Tite bahwa anak asuhnya tidak bermain bagus dan wajar jika fans sedikit kecewa dengan permainan Brasil karena mengharapkan penampilan yang menghibur dengan status para pemain bintang.

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson; Dani Alves, Thiago Silva, Marquinhos, Filipe Luis; Fernandinho, Casemiro, Philippe Coutinho; Richarlison (Willian 84′), David Neres (Everton 81′), Roberto Firmino (Gabriel Jesus 65′)

Bolivia: Carlos Lampe; Diego Bejarano, Luis Haquin, Adrian Jusino, Marvin Bejarano; Alejandro Chumacero, Leonel Justiniano, Raul Castro (Ramiro Vaca 75′), Fernando Saucedo (Wayar 59′), Erwin Saavedra (Vaca 64′); Marcelo Martins

Beda nasib dengan Brasil, timnas Argentina menjalani laga perdana Copa America 2019 menghadapi Kolombia yang digelar di Itaipava Arena Fonte Nova pada hari Minggu (16/6/2019) pagi WIB. harus menelan pil pahit setelah mengalami kekalahan dengan skor 0-2. Walaupun turun dengan kekuatan penuh termasuk mega bintang asal klub Barcelona, Lionel Messi, nyatanya permainan Argentina mengecewakan para pendukungnya. Kekalahan yang terasa menyesakan ditengah ambisi Messi dan pemain lainnya untuk mempersembahkan tropi untuk Argentina. Sementara itu pelatih Argentina, Lionel Scaloni mengomentari buruknya lapangan yang membuat timnya tidak maksimal hingga mengalami kekalahan. Seperti dikutip dari Sportskeeda ” Saya rasa kondisi lapangan sangat menyedihkan, mengingat ini baru pertandingan pertama”.

Dibabak pertama Argentina yang mencoba mengendalikan permainan tapi malah kalah dominan dan efektif dari para pemain Kolombia. Kekuatan Kolombia memang tidak bisa dipandang remeh, dengan pemain-pemain yang merumput di Eropa dan diantaranya bermain di klub-klub besar mampu merepotkan pertahanan Argentina. James Rodriguez, Radamel Falcao, Juan Cuadrado dan pemain lainnya membuat para pemain Argentina menjadi tak berkutik, telebih pertahanan Kolombia yang digalang Yerry Mina dkk. dan kiper David Ospina membuat prustasi para penyerang Argentina. Pada akhirnya babak pertama berakhir tanpa gol alias 0-0.

Memasuki babak kedua para pemain Argentina semakin gencar menyerang dan membombardir pertahanan Kolombia, segala dan upaya dilakukan Messi untuk menaklukan gawang yang dijaga Ospina, tapi selalu berhasil digagalkan para pemain Kolombia. Petaka buat Argentina terjadi pada menit ke-71, Roger Martinez berhasil mencetak gol yang mengubah skor menjadi 0-1 untuk keunggulan Kolombia. Limabelas menit berselang justru Kolombia berhasil menambah keunggulan menjadi 0-2 melalui gol yang dicetak Duvan Zapata pada menit ke-86. Tertinggal dua gol Messi cs. Berusaha keras mengejar ketinggalan, tapi hingga akhir pertandingan Argentina harus mengakui keunggulan dari Kolombia dengan skor 0-2.

Susunan Pemain:

Argentina: Franco Armani; Renzo Saravia, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Guido Rodriguez (Guido Pizarro 67′), Leandro Paredes; Giovani Lo Celso, Lionel Messi, Angel Di Maria (Rodrigo De Paul 46′); Sergio Aguero (Matias Suare 79′)

Kolombia: David Ospina; John Medina, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo; Juan Cuadrado (Lerma 64′), Wilmar Barrios, Mateus Uribe; James Rodriguez, Luis Muriel (Roger Martinez 14′), Radamel Falcao (Duvan Zapata 81′)