Menu

Bayern Munchen Tempel Ketat Borussia Dortmund di Puncak Klasemen Liga Jerman Pekan ke-24

Bayern Munchen berhasil menempel ketat Borussia Dortmund di puncak klasemen Liga Jerman 2018/2019. Hal tersebut terjadi tak lepas dari hasil yang diraih kedua tim di pekan ke-24 yang saling bertolak belakang. Borussia Dortmund yang bertandang ke markas tim papan bawah Augsburg harus menelan kekalahan dengan skor 2-1. Dengan kekalahan tersebut membuat perolehan poin Borussia Dortmund disamakan Bayern Munchen yang menang dengan skor telak 5-1 saat bertandang ke markas Borussia Moenchengladbach. Hingga pekan ke-24 Bundesliga baik Dortmund dan Munchen sama-sama memperoleh poin 54.

Cukup lama Bayern Munich untuk bisa mengejar perolehan poin yang diraih Borussia Dortmund, malahan sempat tertinggal jauh. Namun, perlahan tapi pasti Bayern Munich mulai tampil konsisten meraih kemenangan-kemenangan. Sedangkan Borussia Dortmund mulai sering tersandung yang mengakibatkan banyak kehilangan poin. Dari data lima pertandingan terakhir termasuk pekan ke-24, Borussia Dortmund meraih 1 kali menang, 3 kali seri dan 1 kali kalah. Sedangkan Bayern Munchen meraih 4 kali menang dan 1 kali kalah. Walaupun dari perolehan poin sama-sama mengumpulkan 54 poin tapi Borussia Dortmund masih memimpin di puncak klasemen karena unggul selisih gol dari Bayern Munchen di posisi kedua.

Tekad Borussia Dortmund untuk mengakhiri dominasi Bayern Munchen di Liga Jerman dalam beberapa tahun terakhir ini sepertinya harus kerja keras lagi meningkatkan dan memperbaiki permainannya. Entah karena terlena sempat memimpin perolehan poin yang beda jauh dengan para pesaing atau karena ada faktor lain yang menyebabkan menurunnya performa para pemain Dortmund. Disisi lain Bayern Munchen yang sempat terseok-seok diawal kompetisi hingga pertengahan musim, perlahan mulai menemukan form terbaiknya. Grafik permainan yang meningkat, singkron dengan hasil-hasil positif yang diraih membuat Munchen di pekan ke-24 sukses menempel ketat Dortmund di puncak klasemen.

Borussia Dortmund yang bertandang ke markas tim papan bawah harus tersandung dan menyerah kalah dari tim tuan rumah Augsburg. Bertanding di WWK Arena pada hari Sabtu (2/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.30 WIB. Borussia Dortmund harus tertinggal dua gol dari tuan ruamah Augsburg lewat gol yang dicetak Ji Dong-Won pada menit ke-24 dan 67. Dortmund baru bisa memperkecil ketinggalan pada menit ke-81 lewat Paco Alcacer. Sayangnya hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga Augsburg menang dengan skor 2-1 atas Dortmund. Dari data statistik sebenarnya unggul dengan 72% dalam penguasaan bola, melepaskan 17 kali percobaan ke arah gawang dengan 8 tembakan tempat sasaran tapi hanya 1 gol yang tercipta. Berbanding terbalik dengan Augsburg yang hanya 28% penguasaan bola, melepaskan 9 kali tembakan melebar dan 4 kali tembakan tepat ke gawang dengan 2 diantaranya berbuah gol.

Sementara itu Bayern Munchen yang bertandang ke kandang Borussia Moenchengladbach pada Minggu (3/3/2019) dini hari kick-off pukul 00.30 WIB. sukses meraih kemenangan dengan skor telak 5-1. Munchen unggul cepat di menit ke-2 lewat gol yang dicetak oleh Javi Martinez. Menit ke-11 Thomas Mueller menggandakan skor menjadi 2-0. Borussia Moenchengladbach baru bisa merespon dan memperkecil skor pada menit ke-37 melalui Lars Stindl dan mengubah skor menjadi 1-2 untuk Bayern. Mengawali babak kedua Robert Lewandowski mencetak gol tambahan menjadi 3-1 untuk Bayern pada menit ke-47. Dipertengahan pertandingan tepatnya menit ke-75 Serge Gnabry menambah keunggulan menjadi 4-1 untuk Bayern. Dan dipenghujung laga tepatnya menit 90+1 Robert Lewandowski kembali mencetak gol lewat tendangna penalti sehingga hingga akhir pertandingan Bayern Munchen menang dengan skor 5-1 atas tuan rumah Borussia Moenchengladbach.