Menu

Bayern Munchen Kudeta Dortmund dari Puncak Klasemen Liga Jerman 2018/2019

Bayern Munchen sukses mengambil alih pimpinan klasemen sementara Liga Jerman 2018/2019 dari Borussia Dortmund di pekan ke-25. Perjuangan keras yang luar biasa dilakukan para pemain Munchen, setelah sempat tercecer di papan tengah klasemen, perlahan tapi pasti mulai tampil konsisten mengejar perolehan poin pimpinan klasemen. Dari lima pertandingan terakhir termasuk pekan ke-25, Bayern Munchen berhasil menyapu bersih seluruh laga. Berbanding terbalik dengan pemimpin klasemen sebelumnya Borussia Dortmund yang cukup lama memimpin klasemen, tapi belakangan mulai kendur, beberapa kali tersandung yang semakin mendekatkan jarak poin dengan peringkat kedua. Dari lima pertandingan terakhir Dortmund hanya meraih 2 kali kemenangan, 2 kali seri dan sekali kalah. Hal tersebut yang membuat Bayern Munchen di pekan ke-25 dapat mengambil alih puncak klasemen. Bayern Munchen mengumpulkan 57 poin sama dengan perolehan poin Dortmund, tapi Munchen unggul dalam selisih gol.

Bertanding di Allianz Stadium pada hari Sabtu (9/3/2019) malam WIB. Bayern Munchen menjamu Wolfsburg di pekan-25 Bundesliga. Tuan rumah Bayern Munich langsung tancap gas sejak kick-off babak pertama. Tapi gol baru tercipta pada menit ke-34, bermula dari Thomas Mueller yang memberikan umpan matang pada Serge Gnarby dan menyelesaikannya menjadi sebuah gol, mengubah skor menjadi 1-0 untuk tuan rumah. Tiga menit berselang setelah gol pertama Gnarby, diawali pergerakan James Rodriguez, umpan tarik Gnarby diselesaikan dengan sempurna oleh Robert Lewandowski yang mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Bayern Munich. Setelah mencetak dua gol, para pemain Munchen sedikit mengendurkan serangan, sehingga hingga akhir babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta, Bayern Munchen unggul 2-0.

Dibabak kedua para pemain Munchen sedikit meningkatkan agresivitas serangan, sehingga tujuh menit setelah kick-off babak kedua, James Rodriguez tak ketinggalan dalam membuat gol memanfaatkan umpan Thiago Alcantara yang mengubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan tuan rumah. Gol kembali tercipta pada menit ke-76 bermula dari umpan matang Franck Ribery di dalam kotak penalty diselesaikan dengan baik oleh Thomas Mueller yang mengubah skor menjadi 4-0. Tuan rumah kembali mencetak gol pada menit ke-82 melalui Joshua Kimmich memanfaatkan umpan matang Franck Ribery, mengubah skor menjadi 5-0. Robert Lewandowski kembali mencetak gol melalui sundulan memanfaakan umpan Franck Ribery yang mengubah skor jadi 6-0. Gol Lewandowski pada menit ke-86 tersebut menjadi gol terakhir dalam pertandingan tersebut. Bayern Munchen unggul 6-0 atas Wolfsburg dan membawanya ke puncak klasemen.

Susunan Pemain

Bayern: Neuer, Kimmich, Hummels, Boateng, Rafinha, Martinez (Goretzka 54), Thiago, Müller, Rodriguez (Renato Sanchez 74), Gnabry (Ribery 55), Lewandowski

Wolfsburg: Casteels, William, Knoche, Brooks, Roussillon, Guilavogui, Gerhardt (Mali 83), Mehmedi (Steffen 58), Arnold (Rexhbecaj 68), Brekalo, Weghorst.

Di pertandingan lainnya, Borussia Dortmund menjamu VFB Stuttgart di Signal Iduna-Park pada hari Sabtu (9/3/2019) malam WIB. Para punggawa Dortmund menyadari betul bahwa hanya kemenangan saja yang mampu membuat mereka tetap memiliki peluang juara bersaing dengan Bayern Munchen. Tapi walaupun tampil dominan di babak pertama, para punggawa VFB Stuttgart juga tidak mau menyerah begitu saja mereka memberikan perlawanan sengit, sehingga hingga akhir babak pertama selesai skor imbang 0-0 untuk kedua tim tak terhindarkan lagi. Hasil imbang di babak pertama tentu merupakan sebuah kerugian bagi Dortmund. Karena bagaimanapun perjuangan mencetak gol di babak kedua akan membutuhkan kerja keras lagi agar mampu memenangkan pertandingan dan bisa terus bersaing dalam usaha perebutan gelar juara dengan Munchen.

Memasuki babak kedua para pemain Dortmund benar-benar mengurung pertahanan VFB Stuttgart dan peluang menciptakan gol akhirnya datang juga. Berawal dari pelanggaran terhadap Jadon Sancho di kotak penalty, bahkah sampai wasit meninjaunya melalui VAR pada akhirnya wasit menghadiahkan tendangan penalti untuk Dortmund. Marco Reus yang menjadi eksekutor sukses menjebol gawang dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk tuan rumah pada menit ke-60. Para penduduk Dortmund dibuat terdiam saat tendangan bebas Gonzalo Castro ke dalam kotak penalti diteruskan dengan sundulan oleh Marc-Oliver Kempf dan tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang bola masuk mengubah skor menjadi 1-1 pada menit ke-71.

Seperti tersengat gol penyama kedudukan, para pemain Dortmud kemudian menggempur habis-habisan pertahanan VFB Stuttgart. Akhirnya pada menit ke-84 Paco Alcacer mampu mencetak gol memanfaatkan umpan tarik Christian Pulisic yang mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Dortmund. Menjelang akhir pertandingan tepatnya pada menit ke-92, Goetze memberikan umpan terobosan yang berhasil di control Pulisic dan melepaskan tembakan ke pojok kanan bawah gawang tanpa bisa diselamatkan bola masuk dan mengubah skor jadi 3-1 untuk Dortmund yang bertahan hingga pertandingan berakhir. Borussia Dortmund menang 3-1 atas VFB Stuttgart dan berhasil menambah tiga poin, tapi dari peringkat harus turun tahta ke peringkat kedua karena kalah selisih gol dari Bayern Munchen.

Susunan Pemain:

Borussia Dortmund: Roman Buerki; Achraf Hakimi, Abdou Diallo, Manuel Akanji, Marius Wolf (Dan-Axel Zagadou 88′); Axel Witsel; Marco Reus, Mario Goetze; Jadon Sancho, Paco Alcacer (Thomas Delaney 90′), Raphael Guerreiro (Christian Pulisic 79′)

VfB Stuttgart: Ron-Robert Zieler; Ozan Kabak, Benjamin Pavard, Mark Kempf; Emiliano Insua (Mario Gomez 88′), Steven Zuber (Anastasios Donis 70′), Gonzalo Castro, Santiago Ascacibar, Andreas Beck; Alexander Esswein, Nicolas Gonzalez (Christian Gentner 75′)