Menu

Bayern Munchen Juara DFB Pokal 2018/2019 Usai Tumbangkan RB Leipzig 3-0

Bayern Munchen melanjutkan dominasinya di kompetisi domestik Jerman. Setelah berhasil mempertahankan gelar juara Liga Jerman 7 musim berturut-turut, skuad asuhan Niko Kovac kembali merengkuh gelar juara DFB Pokal 2018/2019 setelah pada partai final mencukur RB Leipzig 3 gol tanpa balas. Die Rotten untuk musim kompetisi 2018/2019 sukses meraih dua tropi domestik setelah gagal meraih treble winner karena gagal melangkah lebih jauh lagi di liga Champions UEFA. Kemenangan pada partai final DFB Pokal sedikit mengobati kekecewaan setelah tersingkir dari liga Champions. Niko Kovac yang merupakan pelatih yang baru direkrut diawal musim, sempat digoyang posisinya karena penampilan para pemain Bayern Munich yang tidak konsisten dan sempat terseok-seok ke papan tengah di paruh pertama liga. Namun, perlahan tapi pasti, berkat kepercayaan yang diberikan manajemen, kerjasama tim dan permainan tim mulai membaik dan pada akhirnya Die Rotten keluar sebagai juara liga Jerman dan DFB Pokal 2018/2019.

Partai final DFB Pokal 2018/2019 berlangsung di Olympiastadion Berlin pada hari Minggu (26/5/2019) dini hari WIB. Diawal babak pertama permainan sedikit berimbang, beberapa kali RB Leipzig sempat merepotkan pertahanan Bayern Munchen. RB Leipzig memiliki peluang emas mencetak gol lebih dulu pada menit ke-11, memanfaatkan sepak pojok bola yang meluncur di dalam kotak penalti disambar sundulan kepala Yussuf Poulsen, tapi Manuel Neuer penjaga gawang Bayern Munich dengan sigap menepis bola dan bola sedikit berbelok membentur mistar gawang. Delapan belas menit kemudian tepatnya pada menit ke-26 Bayern Munchen justru mampu mencetak gol melaui sundulan kepala Robert Lewandowski memanfaatkan umpan silang David Alaba dari sisi kiri. Skor 1-0 untuk keunggulan Bayern Munchen bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua pertandingan berlangsung menarik, kedua tim saling jual beli serangan. Gol baru tercipta untuk menggandakan keunggulan Bayern Munich pada menit ke-78 melalui Kingsley Coman. Bayern Munchen semakin menjauh setelah pada menit ke-85 Robert Lewandowski mencetak gol keduanya dan membuat Munich unggul 3-0 atas RB Leipzig. Disisa waktu yang tersisa tidak ada lagi gol yang tercipta, Bayern Munchen tetap unggul 3-0 atas RB Leipzig dan membuat Bayern Munchen berhak atas gelar juara DFB Pokal 2018/2019. Gelar juara DFB Pokal 2018/2019 merupakan gelar juara DFB Pokal yang ke-19 dalam sejarah klub.

Double winner yang diraih Bayern Munchen pada kompetisi 2018/2019 yaitu gelar juara Bundesliga dan juara DFB Pokal, semakin menegaskan sebagai penguasa kompetisi di Jerman dan terus mendominasi yang belum tergoyahkan oleh tim-tim lainnya. Dominasi Bayern Munchen mungkin masih akan terus berlanjut dimusim depan, walaupun beberapa pemain pilar seperti Arjen Robben dan Frank Ribery musim depan sudah tidak memperkuat lagi Die Rotten, tapi pemain-pemain yang ada sekarang ditambah mungkin rekrutan baru untuk musim depan, kekuatan Bayern Munchen masih belum akan bisa dipatahkan di kompetisi domestik. Jadi mari kita nantikan bagaimana kiprah Bayern Munchen di musim depan. Apakah masih akan tetap mendominasi kompetisi di Jerman ataukah dominasinya akan terputus oleh tim lain. Menarik untuk kita tunggu di musim depan!

Susunan Pemain:

RB Leipzig: Gulacsi; Klostermann, Konate (Haidara 82,) Orban (Upamecano 70′), Halstenberg; Kampl, Adams (Laimer 65′), Sabitzer; Forsberg; Werner, Poulsen.

Bayern Munchen: Neuer; Kimmich, Sule, Hummels, Alaba; Martinez (Tolisso 65′), Thiago Alcantara; Gnabry (Robben 73′), Mueller, Coman (Ribery 87′); Robert Lewandowski.