Menu

Barcelona Menang 3-1 atas Leganes

Barcelona kembali meraih kemenangan setelah mengalahkan Leganes dengan skor 3-1 di kandang sendiri yang kian memperkokoh di puncak klasemen sementara dengan poin 46 dari 20 laga yang sudah dijalani, unggul 5 poin atas Atletico Madrid di posisi kedua dan beda 10 poin dengan Real Madrid di posisi ketiga.

Barcelona yang bertindak sebagai tuan rumah, menjamu Leganes di Camp Nou, Senin dini hari (21/1/2019) wib. tampil dengan beberapa pemain pelapis dan mengistirahatkan Lionel Messi di bangku cadangan. Walaupun tampil tidak dengan kekuatan penuh, seperti biasanya para pemain Barcelona langsung mendominasi jalannya pertandingan sejak kick off babak pertama.

Adalah Ousmane Dembele yang berhasil membuka skor pertama untuk keunggulan Barcelona pada menit ke-32 setelah menerima umpan silang dari Jordi Alba di sisi kiri yang dituntaskan Dembele dari tengah kotak pinalti dan berhasil menjebol gawang Leganes yang dikawal Ivan Cuellar. Keunggulan 1-0 Barcelona atas Leganes bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua Leganes berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-57 lewat gol yang dicetak Martin Braithwaite setelah menerima umpan silang dari Youssef En Nesyri yang melakukan tusukan di sisi kanan. Momentum 1-1 menjadi pelecut para pemain Leganes untuk mempertahakan skor imbang atau bahkan membalikan skor.

Pelatih Barcelona yaitu Ernesto Valverde segera bereaksi dengan kondisi dilapangan dalam upaya untuk meraih kemenangan dengan memasukan Lionel Messi pada menit ke-64 menggantikan Carles Alena, lalu Ivan Rakitic menggantikan Arthur Melo. Disusul menit ke-69 memasukan Malcom untuk menggantikan Dembele.

Pergantian beberapa pemain Barcelona yang dilakukan Valverde terbukti efektif meningkatkan serangan-serangan berbahaya dan mengacak-acak pertahanan Leganes. Puncaknya sebuah aksi Lionel Messi berhasil melepaskan tendangan bola ke arah gawang yang berhasil ditepis penjaga gawang Leganes, tapi bola liar berhasil disambar oleh Luis Suarez yang berhasil mencetak gol menit ke-71 dan merubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Barcelona.

Gol yang dicetak Suarez sempat ditinjau wasit melalui VAR karena terindikasi adanya pelanggaran terhadap kiper. Tapi kemudia wasit tetap mensahkan gol yang dicetak Luis Suarez. Keunggulan 2-1 Barcelona atas Leganes hampir bertahan hingga akhir babak kedua. Namun, aksi Jordi Alba di sisi kiri masuk kotak pinalti yang memberikan umpan silang ke Lionel Messi berhasil dimanfaatkan oleh sang Mega Bintang tersebut menjadi sebuah gol pada menit ke-92, skorpun berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Barcelona yang bertahan hingga akhir pertandingan

Susunan pemain:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Thomas Vermaelen, Gerard Pique, Sergi Roberto; Arthur (Ivan Rakitic 64′), Sergio Busquets, Carles Alena (Lionel Messi 64′); Philippe Coutinho, Luis Suarez, Ousmane Dembele (Malcom 69′)

Leganes: Ivan Cuellar; Allan Nyom, Rodrigo Tarin, Kenneth Omeruo, Dimitrios Siovas, Jonathan Silva; Mikel Vesga (Eraso 86′), Recio; Martin Braithwaite (Michael Santos 78′), Oscar Rodriguez (Nabil El Zhar 86′), Youssef En-Nesyri