Menu

Barcelona Ditahan Imbang Real Madrid 1-1 di Leg I Semifinal Copa del Rey

Semifinal Leg I Copa del Rey menghadirkan laga elclasico saat Barcelona menjamu Real Madrid di Camp Nou pada hari Kamis (7/2/2019) dini hari WIB. Barcelona yang berambisi meraih treble winner tentu harus bisa memenangkan laga elclasico ini untuk melancarkan perjalanan mereka dapat melaju ke babak final. Mengingat dalam semifinal Copa del Rey menggunakan sistem home and away tentu kemenangan dikandang sendiri akan menjadi modal saat harus bertandang ke kandang lawan. Tapi yang terjadi kemudian ternyata diluar harapan, Barcelona harus rela berbagi skor setelah diimbangi Real Madrid 1-1. Hasil yang sedikit merugikan Barcelona dan sedikit menguntungkan Real Madrid berkat gol tandangnya.

Real Madird yang bertindak sebagi tim tamu tampil lebih agresif walau dalam hal penguasaan bola kalah tipis dari Barcelona. Barcelona unggul dengan 57% penguasaan bola, sedangkan Real Madird hanya 43%, tapi dalam hal mengancam gawang masing-masing sama-sama saling melepaskan 11 tembakan ke arah gawang dengan 3 tepat sasaran dan 1 berbuah gol untuk Barcelona sedang bagi Real Madrid 2 tepat ke arah gawang dengan 1 berbuah gol.

Barcelona yang menjadi tuan rumah harus ketinggilan lebih dahulu dimenit awal pertandingan. Adalah Lucas Vasquez yang berhasil mencetak gol pada menit ke-6 setelah menerima umpan di kotak finalti setelah sebelumnya aksi Karim Benzema mengecoh pemain belakang Barcelona di dalam kotak finalti mengirim umpan pada Vasquez yang langsung disosor dengan menceploskan bola ke gawang Barcelona, skor berubah menjadi 1-0 untuk Real Madid yang bertahan hingga babak pertama selesai.

Dibabak kedua, Barcelona semakin gencar melakukan serangan yang disambut pertahanan Real Madrid yang kokoh yang kemudian melakukan serangan balik. Saling serang dan saling mengancam pertahanan masing-masing semakin seru, dan akhirnya Barcelona bisa menyamakan skor pada menit ke-57 melalui gol yang dicetak oleh Malcom. Diawali serangan para pemain Barcelona yang digagalkan penjaga gawang Madrid, Navas membuat bola liar jatuh di kaki Suarez yang kemudian menembakan bola ke arah gawang tapi mampu disapu oleh Raphael Varane. Sayangnya bola muntah berhasil dikuasi Malcom yang membidikan bola ke tiang jauh dan melewati hadangan Varane dan Sergio Ramos, bola akhirnya masuk ke dalam gawang. Skor berubah menjadi 1-1 yang terus bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil imbang 1-1, sebenarnya Real Madrid lebih diunggulkan untuk lolos ke babak final berkat keunggulan gol tandang terlebih di leg kedua nanti tanggal 28 Pebruari 2019 akan dihelat di Stadion Santiago Bernabeu kandang Real Madrid. Akan tetapi, peluang Barcelona belum tertutup untuk dapat melaju ke babak final karena walaupun harus bermain di kandang Real Madrid di leg kedua, Barca memiliki kemampuan untuk mengalahkan Real Madrid di kandangnya atau paling tidak menahan imbang 1-1 untuk memaksa perpanjangan waktu atau imbang dengan skor 2-2. Jadi laga elclasico di leg kedua nanti masih akan menghadirkan pertndingan sengit dan menentukan siapa yang akan maju ke babak final Copa del Rey 2019.

Susunan Pemain

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic (Arturo Vidal 63′), Sergio Busquets, Arthur; Malcom (Carles Alena 76′), Luis Suarez, Philippe Coutinho (Lionel Messi 63′).

Real Madrid: Keylor Navas; Daniel Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric, Marcos Llorente (Casemiro 63′), Toni Kroos; Lucas Vazquez (Marco Asensio 84′), Karim Benzema, Vinicius Junior (Gareth Bale 64′).