Menu

Atletico Madrid Kalahkan Juventus 2-0 Babak 16 Besar Leg 1 Liga Champions UEFA 2018/2019

Atletico Madrid sukses mengalahkan Juventus dengan skor 2-0 di babak 16 besar Leg 1 Liga Champions UEFA 2018/2019. Bertanding di stadion Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid pada hari Kamis (21/2/2019) kick-off pukul 03.02 WIB. Atletico Madrid di leg pertama harus menjamu lebih Juventus lebih dahulu sebelum nanti di leg kedua giliran Juventus yang menjamu Atletico Madrid. Kedua tim menurunkan kekuatan utama, karena mereka menyadari pentingnya memenangkan pertandingan di leg pertama agar tidak terlalu terbebani di leg kedua nanti. Juventus berhasrat mencetak gol kandang, terlebih mesin gol mereka Cristiano Ronaldo sudah terbiasa menghadapi para pemain Atletico Madrid selagi memperkuat Real Madrid. Demikian juga dengan para pemain Atletico yang faham betul bagaimana berbahayanya Cristiano Ronaldo.

Permainan di babak pertama berlangsung ketat tapi sayangnya tidak ada gol yang tercipta. Kedua tim hanya bisa saling meneror pertahanan lawan tanpa bisa menjebol gawang. Beberapa kali tercipta peluang, tapi berulang kali pula dapat dipatahkan. Antoine Griezmann penyerang andalan Atletico Madrid bahkan sejak awal babak pertama sudah mengancam gawang Juventus. Tak mau kalah Juventus juga balik mengancam di menit ke-7 tendangan bebas Cristiano Ronaldo nyaris menjebol gawang kalau saja tidak bisa ditepis Jan Oblak kiper Atletico Madrid. Juventus kembali mendapat peluang dari tendangan pojok pada menit ke-11, tapi sayang sundulan bola Leonardo Bonucci hanya melambung di atas mistar gawang. Menit ke-14 giliran Atletico Madrid yang mengancam gawang Juventus, saat tendangan menyusur tanah Thomas dari luar kotak penalti berhasil ditangkap Wojciech Szczesny kiper Juventus.

Dalam penguasaan lapangan tengah, Atletico Madrid lebih dominan dan mengurung pertahanan Juventus. Menit ke-27 Antoine Griezmann mencoba menjebol gawang Juventus dari tendangan bebas, tapi penjaga gawang Juventus berhasil memblok tendangan bebas Griezmann. Kedua tim sama-sama kesulitan mencetak gol, berbagai usaha sudah dilakukan termasuk dengan melakukan tembakan ke arah gawang dari luar kotak penalti. Jual beli serangan silih berganti saling mengancam pertahanan masing-masing. Namun hingga akhir babak pertama tidak ada satupun gol yang tercipta, skor 0-0 menutup akhir babak pertama.

Diawal babak kedua hingga pertengahan masih sama seperti babak pertama Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, Diego Costa dan Giorgio Chiellini silih berganti saling mengancam gawang lawan. Pada menit 58, Diego Simeone pelatih Atletico Madrid menarik keluar Costa dan memasukan Alvaro Morata. Masuknya Morata merupakan awal petaka untuk sang mantan. Menit ke-69 Alvaro Morata sebenarnya mampu mencetak gol lewat sundulan kepala dan sekilas tidak ada pelanggaran ataupun terjebak off-side. Tapi kemudian wasit meninjau melalui VAR dan jelaslah bahwa Morata melakukan pelanggaran terlebih dahulu dengan sedikit mendorong Giorgio Chiellini sehingga Morata bebas menyundul bola masuk ke dalam gawang. Alhasil wasit akhirnya menganulir gol yang diciptakan Morata tersebut.

Atletico Madrid baru benar-benar bisa mencetak gol pada menit ke-78 berawal dari tendangan sudut yang melambung jatuh di tengah kotak penalti menciptakan kemelut saling berebut bola, tapi Jose Gimenez sukses menyambar bola liar di depan gawang mengarahkannya ke pojok kiri bawah dan gol tercipta mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Atletico Madrid. Menit ke-83 Diego Godin menambah keunggulan Atletico Madrid menjadi 2-0 setelah memanfaatkan kemelut di kotak penalti saat bola silang dari sisi kanan jatuh di depan gawang sebelah kanan yang gagal dikuasai baik oleh pemain Juventus atau Atletico membuat bola liar yang berhasil dikuasai Godin dan dari sudut sempit melepaskan tembakan ke dalam sisi gawang sebelah kanan yang tidak terkawal.

Di sisa waktu akhir pertandingan, Juventus berusaha keras untuk mencetak gol untuk memperkecil agregat gol sebagai bekal leg kedua. Tapi hingga usaha Cristiano Ronaldo dimenit-menit akhir pertandingan lewat sundulan kepala, bola hanya melambung di atas mistar gawang. Pada akhirnya Juventus harus menyerah kalah dengan skor 0-2. Bagi Atletico Madrid dengan kemenangan tersebut menjadi modal berharga saat nanti di leg kedua menyambangi markas Juventus, karena hanya cukup bermain imbang sudah dapat meloloskan mereka ke babak delapan besar. Sementara bagi Juventus menjadi tugas berat karena harus mengalahkan Atletico Madrid dengan selilih minimal tiga gol agar mereka dapat lolos.

Susunan Pemain:

Atletico Madrid: Oblak; Juanfran, Gimenez, Godin, Filipe Luis; Saul Niguez, Thomas (Lemar 61′), Rodri, Koke (Correa 67′); Diego Costa (Morata 58′), Griezmann.

Juventus: Szczesny; De Sciglio, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic (Can 72′), Matuidi (Cancelo 84′); Dybala (Bernardeschi 80′), Mandzukic, Ronaldo.