Menu

Atalanta dan Inter Milan Lolos ke Liga Champions UEFA 2019/2020

Panasnya pekan terakhir Seri A Liga Italia 2018/2019 mencapai klimaksnya. Pada akhirnya dua tiket tersisa ke Liga Champions UEFA 2019/2020 berhasil diraih Atalanta dan Inter Milan, menyusul Juventus dan Napoli yang sudah lebih dahulu lolos otomatis sebagai juara dan runner-up liga Italia. Dengan demikian lengkap sudah kuota empat tim yang mewakili liga Italia ke Liga Champions UEFA musim depan. Sementara itu AC Milan yang menempati poisi kelima dan AS Roma di posisi keenam papan klasemen Seri A Liga Italia harus puas bermain di Liga EUROPA pada musim depan. Atalanta dan Inter Milan sebelumnya memang sudah berada zona liga Champions dan dipertandingan terakhir dilaga penentuan, kedua tim tersebut mampu mengalahkan lawannya masing-masing, sehingga apapun hasil yang diraih AC Milan dan AS Roma tidak mempengaruhi kelolosan Atalanta dan Inter Milan.

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya tentang panasnya pekan terakhir Seria A liga Italia 2018/2019 karena di pekan ke-38 ada empat tim yang masih bersaing ketat memperebutkan dua tiket tersisa untuk lolos ke Liga Champions UEFA musim depan. Atalanta, Inter Milan, AC Milan dan AS Roma masih bersaing sengit karena perbedaan selisih poin di papan klasemen yang ketat sehingga masih bisa saling mengejar. Walaupan memang Atalanta dan Inter Milan yang berada di posisi ketiga dan keempat hanya membutuhkan kemenangan. Sedangkan AC Milan dan AS Roma membutuhkan kemenangan, tapi juga mengharapkan Atalanta dan Inter Milan salah satunya mengalami kekalahan telak.

Atalanta bertandang ke markas Sassuolo pada hari Senin (27/5/2019) dini hari WIB. Bermain di Mapei Stadium, tuan rumah Sassuolo sempat mengejutkan tim tamu Atalanta yang punya misi memenangkan pertandingan untuk mengamankan posisi tiga klasemen sekaligus meraih tiket Liga Champions UEFA musim depan. Domenico Berardi sempat membawa keunggulan 1-0 tuan rumah Sassuolo atas Atalanta pada menit ke-19 memanfaatkan umpan dari Alfred Duncan. Kebobolan lebih dahulu membuat Atalanta seperti tersengat, menjadi lebih agresif dan mencoba mengendalikan permainan. Hasilnya pada menit ke-35 memanfaatkan tendangan sudut, Duvan Zapata mampu mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1-1 yang bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua dengan keunggulan jumlah pemain akibat insiden yang terjadi dipenghujung babak pertama yang menyebabkan salah seorang pemain Sassuolo dikartu merah. Para pemain Atalanta semakin leluasa membombardir pertahanan tuan rumah. Pada menit ke-53 Atalanta berhasil berbalik unggul melalui Alejandro Gomez menjadi 2-1 atas tuan rumah Sassuolo. Atalanta semakin menjauh setelah Mario Pasalic mampu mencetak gol membawa Atalanta unggul 3-1 atas Sassuolo pada menit ke-65. Hingga akhir pertandingan skor tidak berubah, Atalanta tetap unggul 3-1 atas tuan rumah Sassuolo. Dengan kemenangan tersebut, Atalanta berada diposisi ketiga dengan jumlah poin 69 hasil dari 20 kali menang, 9 kali seri dan 9 kali kalah dengan selisih gol 31. Dipastikan juga Atalanta merebut satu dari dua tiket tersisa ke liga Champions UEFA musim depan.

Dipertandingan lainnya Inter Milan yang juga dalam misi memenangkan pertandingan untuk mengamankan posisi keempat sekaligus tiket terakhir liga Champions UEFA, sedikit diuntungkan karena menjadi tuan rumah menjamu Empoli di Giuseppe Meazza pada hari Senin (27/5/2019) dini hari WIB. Inter Milan yang berusaha mencetak gol mendapat perlawanan sengit dari tamunya Empoli yang juga tengah berjuang menghindar dari zona degradasi. Babak pertama kedua tim harus puas bermain imbang 0-0. Baru pada babak kedua tuan rumah Inter Milan mampu mencetak gol lebih dahulu pada menit ke-51 melalui Keita Balde. Empoli mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-76 melalui Hamed Junior Traore mengubah skor menjadi 1-1.

Inter Milan baru bisa memastikan posisi keempat seri A liga Italia sekaligus memastikan lolos ke liga Champions UEFA berkat gol yang dicetak Radja Nainggolan pada menit ke-81 mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Inter Milan yang bertahan hingga akhir pertandingan. Dengan kemenangan tersebut Inter Milan berada di posisi keempat dengan jumlah poin 69 hasil dari 20 kali menang, 9 kali seri dan 9 kali kalah dengan selisih gol 24. Poin Inter Milan sebenarnya sama dengan jumlah poin yang diraih Atalanta di posisi ketiga, tapi Inter Milan kalah head to head dengan Atalanta juga kalah selisih gol. Sehingga Inter Milan harus puas menempati posisi keempat, tapi dapat memastikan satu tiket terakhir keliga Champions UEFA musim depan.

Sementara itu kemenangan yang diraih AC Milan dan AS Roma tidak mengubah posisi mereka diperingkat kelima dan keenam yang membuatnya tetap gagal lolos ke liga Champions UEFA dan hanya berhak lolos ke liga EUROPA pada musim depan. AC Milan menempati posisi kelima dengan jumlah poin 68 hasil dari 19 kali menang, 11 kali seri dan 8 kali kalah dengan selisih gol 19. Sedangkan AS Roma menempati posisi keenam dengan jumlah poin 66, hasil dari 18 kali menang, 12 kali seri dan 8 kali kalah dengan selisih gol 18.