Menu

Ashleigh Barty Raih Gelar Juara Prancis Terbuka 2019

Ashleigh Barty sukses meraih gelar juara pada turnamen tenis Prancis Terbuka 2019 sektor tunggal putri. Petenis putri asal Australia itu menjadi juara setelah di partai final mengalahkan Marketa Vondrousova petenis putri asal Republik Ceko. Pertandingan final berlangsung di lapangan Philippe Chartier, Rolland Garros pada hari Sabtu 8/6/2019) malam WIB. dimana Ashleigh Barty mengalahkan Marketa Vondrousova dalam dua set langsung dengan skor 6-1 dan 6-3. Tampil dominan dan tanpa mengalami kesulitan Barti mampu menumbangkan Marketa. Penampilan luar biasa Barti di final ditunjang dengan semangat tinggi dan kegigihan berjuang keras sejak pada setiap partai yang dilalui mampu berbuah manis dengan ganjaran gelar juara Prancis Terbuka 2019.

Sejak set pertama petenis putri Australia itu mampu mendominasi pertandingan dan tak memberikan kesempatan Marketa berkembang dan balik menekan. Sebaliknya Barti terus menekan dan mendulang poin demi poin tanpa mampu dibalas Marketa. Dari tujum gim yang dijalani Barti nyaris menyapu bersih dan hanya kehilangan satu gim saja. Sebagai petenis yang sudah cukup punya banyak pengalaman mampu mengendalikan permainan petenis muda yang masih belum terasah. Tapi dengan mampu tampil di final, Marketa bisa saja di masa depan menjadi petenis papan atas. Pada akhirnya Ashleigh Barty menghentikan perlawanan Marketa Vondrousova pada set pertama dengan skor 6-1.

Pada set kedua petenis muda asal Republik Ceko berusia 19 tahun mulai lepas dari tekanan dan mencoba memberikan perlawanan ketat pada Barti. Setelah sempat tertinggal hingga 0-3, Marketa mampu menipiskan ketinggalan menjadi 2-3. Namun dengan kematangan dan pengalaman, Barti tak memberi kesempatan Marketa menyamakan skor dan menjauh menjadi 2-4. Marketa yang tampil sedikit ngotot bekerja keras mengejar dan menipiskan jarak menjadi 3-4. Barti kemudian mengunci Marketa dan tak memberikan kesempatan lagi untuk mengejar. Pada akhirnya Ashleigh Barty mengakhiri perlawanan Marketa lewat pukulan overhead smash ke bidang permainan Marketa di set kedua dengan skor 6-3 . Unggul dua set langsung menunjukan bahwa Ashleigh Barty tidak sekedar beruntung bisa tampil di final tapi perjalanan sebelum sampai ke final sudah menunjukan bagaimana kualitas permainannya.

Dikutip dari Guardian, Ashleigh Barty mengungkapkan rasa bahagianya dapat menjadi juara di Prancis Terbuka 2019 dan merasa bahwa dirinya tampil sempurna yang membuat dirinya dan timnya bangga. “Saya benar-benar tampil sempurna pada laga hari ini. Saya bangga dengan diri sendiri dan juga tim. Benar-benar dua pekan yang gila,” demikian kata Barti. Bagaimana tidak bahagia, karena inilah gelar grand slam pertamanya dan itu dilakukan saat pertama berhasil masuk final.

Berkat kemenangan di Prancis Terbuka 2019, Ashleigh Barty besar kemungkinan akan naik peringkat ke peringkat kedua WTA. Dan juga menjadi salah satu petenis putri Australia yang sukses di Prancis Terbuka setelah Margaret Court yang meraihnya pada tahun 1973. Barti juga menjadi petenis putri Australia yang menempati ranking dua dunia setelah Goolagong Cawley pada tanggal 6 Desember 1976. Sementara itu Marketa Vondrousova harus mengubur mimpinya jadi juara saat tampil di final utuk pertama kalinya.