Menu

AS Roma Kalahkan FC Porto 2-1 di Leg 1 Babak 16 Liga Champions UEFA 2018/2019

AS Roma salah satu wakil dari Italia menjamu FC Porto wakil dari Portugal di Stadio Olimpico pada hari Rabu (13/2/2019) kick-off pukull 03.02 WIB. dalam lanjutan Liga Champions UEFA 2018/2019 babak 16 besar leg 1. AS Roma belum pernah mengalahkan Porto di kompetisi Eropa, bahkan Roma pernah dua kali disingkirkan Porto dibabak kedua Piala Winners 1981/1982 dan di babak play-off Liga Champions 2014/2015. Sedangkan Porto mengalami 6 kali kekalahan dari 7 pertemuan dengan tim Italia di Liga Champions, hanya sekali menang 3-2 atas AC Milan pada September 1996.

Bagi AS Roma keberhasil lolos ke fase 16 besar merupakan pencapaian yang ke tujuh dari delapan kali partisipasi di Liga Champions Eropa. Roma sukses memenangkan tiga pertandingan kandang mereka di fase sistem gugur di musim lalu dalam perjalanan menuju semifinal. Sementar bagi Porto sejak menjadi juara Liga Champions Eropa 2014 baru dua kali lolos babak 16 besar yaitu tahun 2008/2009 dan 2014/2015, dan tidak pernah melangkah lebih jauh dari babak kuarterfinal.

Dan pertemuan AS Roma vs FC Porto di leg 1 babak 16 Liga Champions UEFA 2018/2019 ini akan menjadi ajang pembuktian bagi Roma untuk dapat mengalahkan dan menyingkirkan Porto. Begitupun dengan Porto yang tentunya akan berusaha untuk memenangkan dan lolos dari babak 16 besar agar ada harapan mengulang cerita indah jadi juara Liga Champions.

Dilapangan yang terjadi kedua tim tampil hati-hati dan cenderung lambat. Kedua tim sama-sama mengalami kesulitan memasuki kotak finalti. Walaupun Porto sebagai tim tamu tapi secara keseluruhan unggul 57% dalam penguasaan bola atas tuan rumah AS Roma. Namun hingga akhir babak pertama selesai tidak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua permainan sedikit berkembang tapi kedua tim masih kesulitan memasuki kotak finalti lawan. Baru pada menit ke-70 terjadi gol yang diciptakan pemain Roma ke gawang Porto. Nicolo Zaniolo menerima umpan dari Dzeko di kotak finalti, lalu melakukan sepakan bola ke arah tiang jauh gawang yang dijaga Iker Casillas dan gol tercipta tanpa bisa diantisipasi penjaga gawang. 1-0 AS Roma unggul sementara atas Porto.

Enam menit berselang, tepatnya menit ke-76 AS Roma berhasil unggul 2-0 setelah Nicolo Zaniolo mencetak gol keduanya memanfaatkan bola rebound setelah bola sepakan Dzeko membentur mistar gawang dan bola dalam jangkau Zaniolo yang langsung menceploskan bola ke gawang Porto. Namun keunggulan 2-0 AS Roma tidak bertahan lama, karena tiga menit berselang atau tepatnya pada menit ke-79, Adrian Lopez sukses mencetak gol untuk memperkecil skor menjadi 2-1 setelah memanfaatkan umpan Tiquinho. Skor 2-1 untuk keunggulan AS Roma atas FC Porto bertahan hingga pertandinga berakhir.

Peluang kedua tim untuk lolos ke perempatfinal masih terbuka lebar, walaupun AS Roma menang 2-1 bukan berarti akan lolos dengan mudah, karena Porto di leg 2 akan menjadi tuan rumah dengan bekal mencetak 1 gol di kandang Roma, untuk lolos bagi Porto hanya butuh kemenangan dengan skor 1-0. Sementar bagi Roma untuk lolos hanya butuh hasil imbang di kandang Porto.

Susunan Pemain:

AS Roma: Mirante, Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov, Pellegrini (Nzonzo 83′), De Rossi, Cristante, Zaniolo (Santon 87′), El Shaarawy, Dzeko

FC Porto: Casillas, Telles, Pepe, Felipe, Militao, Hector, Danilo, Otavio (Hernani 84′), Brahimi (Lopez 68′), Santos (Pereira 76′), Tiquinho