Menu

Arsenal Mengamuk Hajar BATE Borisov 3-0 Lolos Ke Babak 16 Besar Liga Europa 2018/2019

Arsenal benar-benar menunjukan kualitas mereka yang sesungguhnya. Setelah menelan kekalahan di leg pertama 0-1, Arsenal balik menang 3-0 atas Bate Borisov di leg kedua dan meloloskan mereka ke babak 16 besar Liga Europa 2018/2019 dengan agregat gol 3-1. Bate Borisov sesungguhnya datang bertamu ke markas Arsenal dengan modal kemenangan 1-0, jadi untuk lolos ke babak berikutnya hanya tinggal membutuhkan hasil imbang saja. Tapi, gol bunuh diri pemain belakangnya yang begitu cepat terjadi kurang dari lima menit di awal pertandingan menjatuhkan mental mereka. Selanjutnya dua gol tambahan Arsenal pada menit 39 dan 60 menghancurkan permainan Bate dan memupus harapan untuk dapat lolos ke babak 16 besar liga Europa 2018/2019.

Arsenal menjamu Bate Borisov di Emirates Stadium pada dini hari Jumat (22/2/2019) pukul 00.56 WIB. Unai Emery pelatih Arsenal menurunkan tim terbaiknya, karena dia tidak punya pilihan lain selain memenangkan pertandingan dengan banyak gol untuk dapat lolos ke babak 16 besar. Para pemain Arsenal berhasil menjalankan instruksi pelatih dengan baik, sepanjang laga mengurung pertahanan Bate dan membombardir dengan serang-serangan berbahaya. Dari keseluruhan laga Arsenal unggul 68% penguasaan bola dengan melepaskan 22 tembakan, 8 tembakan mengarah tepat ke gawang dan 3 diantaranya berbuah gol. Berbanding terbalik dengan Bate yang hanya mampu menguasai bola 32% dengan 4 tembakan ke arah gawang, 2 tembakan tepat ke gawang. Dari data tersebut jelas terlihat Arsenal begitu mendominasi jalannya pertandingan, tanpa memberikan kesempatan pada Bate mengembangkan permainannya.

Pertandingan baru berjalan tiga menit di babak pertama Pierre-Emerick Aubameyang menerima umpan di sepertiga pertahanan lawan menyisir sisi kanan melewati dua pemain menuju sisi kanan kotak penalti lalu melepaskan umpan silang mendatar ke depan gawang. Bola yang meluncur deras membentur kaki Zakhar Volkov yang membelokan bola masuk ke dalam gawang. Alhasil gol bunuh diri Volkov membawa Arsenal unggul cepat 1-0 pada menit ke-4. Unggul cepat membuat para pemain Arsenal semakin bersemangat mencetak gol lebih banyak lagi.

Namun, Arsenal baru bisa menambah keunggulan pada menit ke-39 berawal dari tendangan sudut Granit Xhaka melambung ke tengah kotak penalti, Shkodran Mustafi berebut bola dengan pemain Bate dan berhasil menanduk bola mengarahkannya ke sisi kiri gawang Bate yang tak bisa diselamatkan penjaga gawang. Arsenal unggul 2-0 hingga babak pertama selesai dan sementara unggul agregat 2-1 atas BATE Borisov.

Memasuki babak kedua Arsenal tidak mengendurkan serangan tapi semakin gencar menyerang mengurung pertahanan Bate Borisov. Menit ke-56 pelatih Arsenal mengganti Laurent Koscielny dengan Sokratis Papastathopoulos. Pergantian yang tepat karena pada menit ke-60 Sokratis Papastathopoulos berhasil mencetak gol melalui sundulan kepala setelah sebelumnya Granit Xhaka melakukan tendangan sudut melengkung kedepan gawang yang berusaha ditangkap penjaga gawang tapi gagal. Bola yang melewati penjaga gawang disundul cepat oleh Sokratis terarah ke gawang sebelah kiri dan gol tercipta menambah keunggulan menjadi 3-0.

Setelah gol ketiga tercipta tidak ada lagi gol yang tercipta hanya beberapa peluang yang terjadi. Dengan keunggulan 3-0 maka Arsenal secara agregat unggul 3-1 atas Bate Barisov dan meloloskan Arsenal ke babak 16 besar Liga Europa 2018/2019.

Susunan Pemain:

Arsenal: Cech; Lichtsteiner, Mustafi, Koscielny (Sokratis 56′), Kolasinac; Guendouzi (Torreira 64′), Xhaka; Iwobi, Oezil, Mkhitaryan (D.Suarez 78′); Aubameyang.

BATE Borisov: Scherbitski; Rios, Volkov, Filipenko, Filipovic; Baga (Hleb 58′), Dragun (Berezkin 64′), Simovic; Milic, Skavysh (Dubajic 71′), Stasevich.