Menu

Arsenal Lolos dari Lubang Jarum Usai Menang 3-0 atas Rennes

Arsenal akhirnya lolos dari lubang jarung setelah sukses mengalahkan Rennes dengan skor 3-0 di leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2018/2019. Kemenangan yang tentunya begitu melegakan dan membahagiakan bagi seluruh skuad, manajemen dan fans Arsenal. Menang 3-0 di kandang sendiri terasa sempurna karena membuat mereka lolos ke babak perempat final. Padahal sebelumnya tidak sedikit yang pesimis bahwa Arsenal dapat melaju lebih jauh lagi, setelah di leg pertama saat bertandang ke markas Rennes, Arsenal harus mengakui keunggulan ruan rumah dengan skor 1-3. Itu artinya untuk lolos Arsenal harus menang dengan selisih 2 gol. Dan hari ini Arsenal membuktikannya bahwa mereka bisa come back dan menang dengan 3 gol tanpa balas.

Bermain di Emirates Stadium pada hari Jumat (15/3/2019) dini hari pukul 03.01 WIB. Arsenal mencoba memanfaatkan dua keuntungan yang mungkin masih bisa membantu untuk mereka dapat berbicara lebih banya di kompetisi Eropa kasta kedua ini. Pertama memanfaatkan keuntungan menjadi tuan rumah yang tentunya didukung puluhan ribu pendukungnya dapat meningkatkan semangat dan mental bertanding para pemain. Kedua, keuntungan mencetak gol tandang meskipun hanya berhasil menyarangkan satu gol tandang, membuat sedikit berkurang beban untuk mencetak gol di kandang. Arsenal hanya membutuhkan minimal harus menang dengan skor 2-0 untuk memasikan mereka lolos ke babak delapan besar.

Saat kick-off babak pertama dimulai, para pemain Arsenal dengan percaya diri tinggi akan kemampuan membalikan keunggulan langsung menggebrak diawal-awal babak pertama. Lima menit pertandinga baru berjalan, Pierre-Emerick Aubameyang menerima umpan matang Ramsey di depan gawang sebelakan hanya membelokan arah bola dengan kaki kirinya yang membuat penjaga gawang Rennes terkecoh, bola masuk tanpa ampun ke dalam gawang mengubah skor 1-0 untuk Arsenal. Unggul cepat membuat para pemain Arsenal semakin bersemangat mencetak gol tambahan. Sepuluh menit berselang dari gol pertama tepatnya pada menit ke-15 Ainsley Maitland-Niles mencetak gol melalui sundulan kepala. Berawal dari umpan terobosan Ramsey ke sisi kiri dalam kotak penalti, Aubameyang yang lolos dari jebakan offside mengejar bola dan melepaskan umpan silang lambung ke tiang jauh sebelah kanan yang langsung disambut sundulan Niles, bola meluncur deras mengoyak gawang dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Arsenal.

Sejenak setelah gol yang dicetak Niles, para pemain Rennes memprotes wasit karena menilai sebelum Aubameyang melepaskan umpan silang lambung bola sudah keluar dari lapangan. Tapi wasit tidak bergeming dan tetap mensahkan gol Niles. Gol kedua Arsenal yang berbau kontroversi menjadi akhir gol di babak pertama. Karena hingga akhir babak pertama selesai tidak ada lagi gol yang tercipta oleh kedua tim. Sebenarnya dengan unggul 2-0 sudah meloloskan Arsenal ke babak berikutnya karena walau secara agregat imbang 3-3 tapi Arsenal unggul 1 gol tandang. Jadi bagi Arsenal cukup bermain imbang di babak kedua walau sedikit beresiko jika harus menurunkan tempo permainan, karena jika Rennes mampu mencetak gol tandang akan sangat membahayakan posisi Arsenal.

Memasuki babak kedua para pemain Arsenal tidak mengendurkan serangan, meskipun secara agregat sudah cukup untuk meraih tiket lolos, tapi untuk amannya tetap membutuhkan satu gol tambahan lagi. Rupanya para pemain Rennes tidak ingin menyerah begitu saja, mereka memberikan perlawan sengit mencoba mengimbangi dominasi permainan tuan rumah. Gol tambahan Arsenal baru tercipta pada menit ke-72. Sebuah umpan silang Sead Kolasinac dari sisi kiri gagal diantisipasi para pemain belakang dan penjaga gawang Rennes, bola yang lewat depan gawang sebelah kanan di sambar kaki kanan Aubmeyang yang berdiri bebas sehingga bola berbelok arah masuk ke dalam gawang tanpa bisa diblok penjaga gawang yang mengubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Arsenal.

Gol keduanya Pierre-Emerick Aubameyang pada pertandingan ini menjadi gol terakhir yang tercipta yang membawa Arsenal menang dengan skor 3-0 dan secara agregat Arsenal unggul 4-3 atas Rennes. Sehingga dengan demikian, Arsenal berhak untuk lolos ke babak perempat final Liga Europa 2018/2019. Dari data statistik pertandingan, Arsenal sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola dengan 55% sedangkan Rennes 45%. Demikian juga dengan banyak tembakan ke arah gawang. Arsenal melepasakn 12 tembakan melebar dan 4 tembakan on target dengan 3 diantarnya berbuah gol. Sedangkan Rennes melepaskan 11 tembakan melebar dan 2 tembakan on target tapi tidak ada yang berbuah gol.

Susunan Pemain:

Arsenal: Cech, Mustafi, Koscielny, Monreal, Kolasinac, Xhaka, Ramsey (Lucas Torreira 88), Ozil (Mkhitaryan 70), Maitland-Niles, Aubameyang, Lacazette (Iwobi 70)

Rennes: Koubek, Traore, Da Silva, Mexer, Bensebaini, Bourigeaud, Andre (Lea Siliki 78), Grenier (Hunou), Sarr, Ben Arfa, Niang.