Menu

Arsenal Ditaklukkan BATE Borisov di Leg I 32 Besar Liga Europa

Arsenal bertandang ke kandang BATE Borisov dalam lanjutan Liga Europa 2018/2019 leg 1 32 besar. Kick-Off pukul 00.56 wib. pada hari Jumat (15/2/2019) di Stadion Barisov Arena, Arsenal dengan optimisme tinggi turun dengan kekuatan inti untuk memenangkan pertandingan. Namun yang terjadi dilapangan, para penyerang Arsenal seperti menemukan benteng kokoh yang susah ditembus. Sebaliknya para pemain BATE berungkali merepotkan pertahanan Arsenal melalui skema serangan balik. Arsenal membuka kick-off pertama dan berusaha membaca serta mengendalikan permainan tapi yang terjadi tidak cukup efektif menghancurkan pertahanan BATE.

Kurang lebih 44 menit Arsenal mendominasi jalannya pertandingan tapi kemudian petaka terjadi, semua berawal dari sebuah tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Arsenal, pemain sayap BATE, Igor Stasevich melepaskan tendangan lambung matang ke kotak finalti Arsenal yang disambut dengan sundulan kepala Stanislav Dragun, bola sedikit berbelok meluncur cepat ke gawang bagian tengah atas yang tak bisa di jangkau oleh Peter Cech penjaga gawang Arsenal. Golpun tercipta pada menit ke-45 dan membawa BATE unggul 1-0 atas tim tamu Arsenal yang bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua para pemain Arsenal mencoba meningkatkan intensitas serangan tapi malah dibuat prustasi dengan permainan keras BATE. Keunggulan sebagai tuan rumah benar-benar dimanfaatkan oleh para pemain BATE, mereka seolah seperti bermain dengan semangat berkali lipat menghalau setiap serangan dan melakukan serangan balik mematikan. Menit ke-55 Arsenal sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1, tapi kemudian gol yang dicetak Alexandre Lacazette dianulir wasit karena Alexandre Lacazette dinilai sudah terlebih dahulu terjebak dalam posisi Offside. Tidak sampai disitu, Alexandre Lacazette malah dikartu merah karena dinilai melakukan pelanggaran penyikutan terhadap Aleksandar Filipovic.

Hingga akhir babak kedua tidak ada lagi gol yang tercipta, Arsenal harus pulang dengan tangan hampa. Walaupun Arsenal sangat mendominasi permainan dengan penguasaan bola 77%, 16 tendangan tidak terarah ke gawang dan hanya tiga yang mengarah ke gawang. Berbanding denga penguasaan bola oleh para pemain BATE yang hanya 23%, 6 kali tendangan melebar, tiga ke arah gawang dan satu diantaranya berbuah gol. Dengan kemenangan ini membuat BATE punya modal saat nanti giliran menyambangi markas Arsenal. Bagi Arsenal sendiri, kekalahan 1-0 dari BATE bukan berarti mereka tersingkir, karena di Leg 2 mereka akan menjadi tuan rumah, sehingga berpeluang menyamakan bahkan membalikan kemenangan minimal 2-0 untuk lolos ke babak 16 besar.

Susunan Pemain:

Bate: Scherbitski, Filipovic, Dragun, Hleb (Berezkin 58), Skavysh (Moukam 80), Rios, Filipenko, Stasevich, Volkov, Baga, Milic (Dubajic 69)

Arsenal: Cech, Koscielny, Mustafi, Monreal; Maitland-Niles (Aubameyang 68), Guendouzi, Xhaka (Torreira 69), Kolasinac (Suarez 74); Iwobi, Mkhitaryan, Lacazette