Menu

Arsenal Beri Manchester United Kekalahan Pertama Era Ole Gunnar Solskjaer di Premier League

Duel seru terjadi di Emirates Stadium pada hari Minggu (10/3/2019) malam pukul 23.31 WIB. saat Arsenal menjamu Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-30. Dalam persaingan perebutan posisi empat besar klasemen, Arsenal berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan MU dengan skor 2-0. Berkat kemenangan Arsenal tersebut, selain menggeser posisi MU dari posisi keempat sekaligus memberi Manchester United kekalahan pertama eranya Ole Gunnar Solskjaer di Premier League. Sebelum bertemu Arsenal, sejak MU ditangani Ole Gunnar Solskjaer, MU menang 10 kali dan 2 kali imbang di Premier League. MU juga lebih produktif dengan mencetak 29 gol dan 11 kali kebobolan. Sebenarnya jika ditotal diseluruh ajang kompetisi, kekalahan dari Arsenal adalah yang kedua, setelah kekalahan pertama didapat dari PSG di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Sebenarnya sejak awal babak pertama terutama di 15 menit pertama para pemain Manchester United tampil menekan pertahanan Arsenal dan berusaha mendominasi serta menguasai jalannya pertandingan. Menit ke-9 harusnya MU sudah unggul lebih dahulu, berawal dari kombinasi umpan satu dua Shaw dengan Pogba di sebelah kiri kotak penalti, Shaw melepaskan umpan ke depan gawang yang disambung dengan sentuhan kaki Romelu Lukaku, tapi bola yang mengarah ke gawang terlalu tinggi hanya membentur mistar gawang. Bola pantul mengarah ke kaki Pogba yang langsung divoly ke depan gawang dimana Fred berdiri bebas, tapi Fred yang berusaha menjangkau bola sambil menjatuhkan diri gagal menyentuh bola, pada akhirnya bola berhasil diselamatkan para pemain Arsenal.

Alih-alih melakukan tekanan ke pertahanan Arsenal, Manchester United malah harus kebobolan di menit ke-12 lewat Granit Xhaka. Bermula dari serangan di sayap kanan, Maitland-Niles member umpan pada Lacazette yang kemudian mengecoh Shaw lalu mengirim umpan pada Granit Xhaka yang berada beberapa meter dari luar kotak penalti. Xhaka lantas melepaskan tembakan melengkung selutut, tapi saat bola menyentuh tanah di depan gawang bola pantul berbelok arah ke arah kiri atas gawang sementara De Gea kiper Mu sudah mati langkah. Gol indah Xhaka membawa Arsenal unggul 1-0 atas tamunya Manchester United.

Kebobolan lebih dahulu membuat para pemain MU seperti tersengat langsung menekan berusaha segera dapat menyamakan skor. Tapi peluang baru tercipta pada menit ke-19, diawali dengan umpan matang Paul Pogba dari dalam kotak penalti sebelah kiri ke depan kotak penalti yang langsung disambut Fred dengan melepaskan tembakan menyusur tanah mengarah ke pojok kanan bawah. Bola yang tidak berhasil ditangkap penjaga gawang hanya membentuk tiang gawang. Demikian juga dengan peluang Lukaku pada menit ke-36, bermula saat Rashford mengirim umpan terobosan ke depan kotak penalti, bola berhasil dikuasai Lukaku yang langsung menggiring bola ke dalam kotak penalti dibawah tekanan pemain Arsenal, berhasil mengecoh penjaga gawang, tapi bola sontekan masih bisa ditepis tangan penjaga gawang, bola pantul masih bisa ditendang Lukaku ke tiang jauh sebelah kanan tapi tidak ada yang berhasil menyambut bola. Kembali gawang Arsenal selamat dari gempuran para penyerang MU. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua para pemain MU semakin gencar menggempur pertahan Arsenal. Menit ke-51 MU kembali mendapat peluang emas yang gagal dikonversi jadi gol, dari depan kotak penalti Fred memberikan umpan pada Rashford, lalu Rashford mengirim umpan terobosan ke depan gawang yang berhasil dikuasai Romelu Lukaku, bola tendangan Lukaku yang membentur kaki penjaga gawang Arsenal membuat bola melambung di atas mistar gawang. Menit 68 justru Arsenal yang mendapatkan keuntungan, setelah aksi tusukan Lacazette yang menerobos masuk kotak penalti sebelah kanan dijatuhkan Fred dan wasit menilai telah tejadi pelanggaran dan menghadiahkan tendangan penalti. Pierre-Emerick Aubameyang yang maju sebagai eksekutor sukses melakukan tendangan penaltinya tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang, mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Arsenal.

Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Arsenal menang 2-0 atas Manchester United dan naik ke posisi empat dengan mengumpulkan 60 poin. Sedangkan Manchester United harus turun ke posisi lima dengan poin 58. Dalam pertandingan tersebut Manchester United sebenarnya unggul 54% penguasaan bola dengan 14 kali melepaskan tembakan dan 4 tembakan tepat ke gawang. Sedangkan Arsenal tercatat 46% penguasaan bola dengan 14 kali melepaskan tembakan dan 3 tembakan tepat ke gawang serta 2 diantaranya berbuah gol. Persaingan perebutan peringkat tiga dan empat masih sengit sepertinya hingga akhir musim, yang diperebutkan oleh Tottenham Hotspur, Arsenal, Manchester United dan Chelsea.

Susunan Pemain:

Arsenal: Leno, Maitland-Niles, Sokratis, Koscielny, Monreal, Xhaka, Ramsey, Aubameyang (D. Suarez), Mesut Ozil (Iwobi), Kolasinac, Lacazette (Nketiah).

Manchester United: De Gea, Dalot (Martial), Lindelof, Smalling, Shaw, Pogba, Fred, Matic (Greenwood), Young, Lukaku, Rashford.