Menu

Alvaro Morata Cetak 2 Gol Bantu Spanyol Kalahkan Malta 2-0 di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Setelah meraih kemenangan tipis 2-1 atas Norwegia dilaga perdana Grup F kualifikasi Piala Eropa 2020, timnas Spanyol berhasil meraih kemenangan kedua saat bertandang ke markas Malta. Bermain di Ta’ Qali National Stadium pada hari Rabu (27/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. Spanyol berhasil mengkandaskan perlawanan tuan rumah dengan skor 2-0 lewat dua gol yang dicetak oleh Alvaro Morata. Tuan rumah Malta dipaksa harus bekerja keras mempertahankan gawang dari kebobolan lebih banyak lagi. Sementara tim tamu Spanyol begitu mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 84%, melepaskan 23 tembakan melebar dan 7 on target. Berbanding terbalik dengan tuan rumah Malta yang hanya 16% penguasaan bola, 2 tembakan melebar dan 1 on target. Sehingga praktis permainan dikuasai Spanyol dan bola lebih banyak bergulir di daerah pertahanan Malta.

Sejak awal babak pertama tuan rumah Malta sudah tertekan tak diberi kesempatan untuk melakukan rancangan serangan. Belum empat menit pertandingan berlangsung Spayol sudah mengancam melalui tandukan kepala Sergio Ramos memanfaatkan tendangan bebas Juan Bernat, tapi bola masih melayang di atas gawang. Tuan rumah Malta benar-benar tak diberi kesempatan mengembangkan permainan terkurung di daerah sendiri. Menit 16 dan 18 ancaman bagi tuan rumah kembali datang melalui kerja sama Saul Niguez dan Sergi Roberto, tapi dua kali tembakannya selalu gagal menjebol gawang.

Kebuntuan baru terpecahkan pada menit ke-30 lewat Alvaro Morata. Bermula dari umpan lambung Mario Hermosso ke kotak penalti, dari sudut sempit Alvaro Morata berhasil menguasai bola dan melakukan sepakan bola ke arah gawang yang sempat membentur penjaga gawang, tapi bola yang bergulir masuk ke dalam gawang, mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Spanyol. Di sisa waktu pertandingan babak pertama, Spanyol hampir menambah gol keunggulan melalui peluang dari Saul dan Marco Asensio, tapi masih bisa diselamatkan para pemain Malta. Hingga akhir babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta, Spanyol tetap unggul 1-0 atas tuan rumah Malta.

Memasuki babak kedua Spanyol semakin gencar menggempur pertahanan Malta. Morata dan Asensio beberapa kali menebar ancaman didepan gawang Malta. Tuan rumah yang mati-matian bertahan dari serbuan para pemain tim tamu masih bisa mempertahankan gawangnya dari kebobolan lagi. Akan tetapi pada menit ke-73 pertahanan tangguh Malta berhasil dijebol juga, berawal dari umpan silang lambung Jesus Navas yang masuk menggantikan Saul, bola berhasil disundul dengan sempurna oleh Alvaro Morata dan membuat bola masuk kedalam gawang Malta tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Spanyol.

Strategi bertahan tuan rumah yang menumpuk banyak pemain di kotak penalti membuat kesulitan para pemain Spanyol untuk menembusnya. Berbagai strategi serangan dirancang dari berbagai arah tapi selalu membentur dinding kokoh pertahanan tuan rumah. Kombinasi umpan satu dua yang tidak jarang mengelabui para pemain tuan rumah selalu mentok di dalam kotak penalti. Alhasil hingga akhir pertandingan, Spanyol harus puas dengan keunggulan 2-0 atas tuan rumah Malta. Mestinya dengan dominasi yang begitu kuat sepanjang laga Spanyol bisa meraih kemenangan dengan gol yang lebih banyak. Tapi sejauh ini pelatih Spanyol yang bernama lengkap Luis Enrique Martínez García masih belum maksimal menerapkan formula agar tidak terlalu banyak membuat peluang dan mengkonversinya menjadi gol.

Berkat kemenangan ini Spanyol bertengger diposisi pertama Grup F dengan 6 poin, disusul Swedia diposisi kedua dengan 4 poin setelah bermain imbang 3-3 atas Norwegia, diperingkat tiga ditempati Rumania dengan 3 poin setelah menang 4-1 atas Kepulauan Faroe, Malta di posisi keempat dengan 3 poin, Norwegia diposisi kelima dengan 1 poin dan Kepulauan Faroe yang belum meraih poin di posisi keenam.

Susunan Pemain:

Malta: Bonello, Mbong (Muscat 65′), Muscat, Caruana (Micallef 85′), Borg, Zerafa, Mintoff (Mifsud 70′), Fenech, Guillaumier, Corbalan, Nwoko

Spanyol: Kepa, Gaya, Hermoso, Sergio Ramos, Sergi Roberto, Saul (Navas 65′), Rodri, Canales, Bernat (Muniain 56′), Asensio, Morata (Rodrigo 79′)

tokoisipulsa agenpulsa