Menu

AC Milan Menang 2-1 di Markas Chievo Verona

AC Milan bertandang ke markas Chievo Verona dengan kepercayaan diri tinggi menjaga tren positif dalam empat pertandingan sebelumnya yang selalu meraih kemenangan, sehingga kian mantap di peringkat ketiga dan terus menjaga jarak dengan Inter Milan di peringkat keempat. Sementara Chievo Verona yang menjadi juru kunci di papan klasemen tidak ingin menyerah kalah begitu saja, walau sulit sebagai tuan rumah tentu tetap ingin mengusahakan meraih kemenangan atau paling tidak bermain imbang. Dari catatan 24 terakhir pertemuan mereka di Seri A, AC Milan menang di 21 laga dan 3 lainnya bermain imbang. Bahkan AC Milan selalu menang atas Chievo di 5 pertandingan terakhir Seri A dengan mencetak tiga gol walau tidak pernah menang dengan clean sheet.

Chievo Verona menjamu AC Milan di Marc Antonio Bentegodi pada hari Minggu (10/3/2019) dini hari mulai pukul 02.31 WIB. Sejak kick-off babak pertama meskipun AC Milan tim tamu tapi langsung menekan dan mengendalikan permainan. Perbedaan posisi di klasemen begitu terlihat dipermainan kedua tim di lapangan. Beberapa peluang tercipta tapi gagal dikonversi menjadi gol. Chievo hanya beberapa kali dapat melakukan serangan balik yang dengan mudah dapat dipatahkan para pemain belakang AC Milan. Hampir 30 menit AC Milan mengurung pertahanan Chieve dan baru bisa menjebol gawang Chievo pada menit ke-31 melalui Lucas Biglia yang melakukan tendangan bebas dari luar kotak penalty melewati pagar hidup dan bola masuk ke pojok kanan atas gawang tanpa bisa diblok Stefano Sorrentino penjaga gawang Chievo. AC Milan memimpin lebih dahulu dengan skor 1-0.

Dalam upaya mempertahankan keunggulan sekaligus menambah keunggulan, AC Milan malah harus kehilangan pelatihnya. Gennaro Gattuso pelatih AC Milan itu diusir wasit ke bangku penonton karena melakukan proses yang dianggap keras setelah kejadian Lucas Paqueta mengalami cidera karena terjangan pemain Chievo. Praktis sejak menit ke-36 AC Milan tidak didampingi pelatihnya di pinggir lapangan hingga akhir pertandingan. Saat ini tim AC Milan mungkin saja sedang harap-harap cemas akan adanya hukuman tambahan terhadap pelatihnya. Walaupun mereka juga percaya pelatihnya tidak akan terkena hukuman berat. Mengingat saat ini permainan AC Milan sedang dalam perfoma terbaiknya. Kerja keras Gattuso dalam upaya membangun kembali kekuatan AC Milan agar bisa segera bersaing di papan atas sudah dalam track yang benar dan dalam tren positif.

Sepuluh menit berselang setelah gol pertama yang dicetak Lucas Biglia pemain AC Milan, Chievo baru mendapat kesempatan dari sebuah serangan balik yang sangat jarang didapatkan sepanjang laga, Mehdi Leris mendapat kesempatan melepaskan umpan silang yang langsung disambut dengan sundulan kepala Perparim Hetemaj dan bola meluncur masuk ke pojok gawang tanpa bisa diselamatkan Gianluigi Donnarumma kiper AC Milan. Gol tercipta pada menit ke-41 yang mengubah skor menjadi sama kuat 1-1. Tersentak dengan gol penyama kedudukan Chievo, para pemain AC Milan semakin meningkatkan intensitas serangan mencoba untuk menambah gol agar bisa kembali unggul. Tapi hingga akhir babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga skor 1-1 menjadi penutup babak pertama.

Memasuki babak kedua para pemain AC Milan langsung tancap gas menggempur dan mengacak-acak pertahanan Chievo agar bisa segera mungkin mencetak gol tambahan. Tapi gol yang ditunggu-tunggu baru tercipta 12 menit setelah kick-off babak kedua. Tepatnya pada menit ke-57 bermula dari serangan para pemain AC Milan yang gagal diantisipasi pemain belakang Chievo. Castillejo menyundul bola liar ke depan gawang yang langsung dicocor Krzysztof Piatek dan berhasil melesakan bola ke dalam gawang Chievo yang mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan AC Milan. Gol Krzysztof Piatek pada pertandingan ini merupakan golnya yang ke-19 di Seri A dan menjadi top skor sementara bersama Cristiano Ronaldo. Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta, AC Milan menang di markas Chievo dengan skor 2-1.

Sepanjang pertandingan AC Milan mendominasi permainan dengan unggul dalam penguasaan bola sebanyak 62%, melakukan 11 tembakan dan 3 tembakan mengarah ke gawang dengan 2 diantarnya berbuah gol. Sedangkan Chievo Verona hanya 38% dalam penguasaan bola, melepaskan 8 tembakan, satu tembakan terarah ke gawang dan berbuah gol. Berkat kemenangan AC Milan atas Chievo membuat AC Milan tetap berada di posisi 3 dengan mengumpulkan 51 poin hingga pekan ke-27 Seri A Liga Italia 2018/2019. Sedangkan bagi Chievo dengan kekalahan dari AC Milan makin tenggelam di dasar klasemen dengan 10 poin.

Susunan Pemain:

Chievo: Sorrentino; Depaoli, Bani (Pucciarelli 88′), Andreolli, Barba; Leris, Hetemaj, Dioussé (Kiyine 77′); Giaccherini; Meggiorini (Djordjevic 77′), Stepinski

AC Milan: Donnarumma; Conti (Calabria 64′), Musacchio, Romagnoli, Laxalt; Kessie, Biglia, Paquetá (Calhanoglu 54′); Suso (Borini 84′), Piatek, Castillejo