Menu

AC Milan Makin Percaya Diri Setelah Menang 3-1 atas Atalanta

AC Milan menjalani laga tandang ke markas Atalanta pekan ke-24 dalam lanjutan Seri A Liga Italia 2018/2019 dengan optimisme tinggi setelah dipekan sebelumnya menang 3-0 atas Cagliari terlebih dengan adaptasi yang cepat penyerang anyar mereka, Krzysztof Piatek yang langsung berkontribusi besar menambah kepercayaan diri para pemain Milan lainnya berkat gol-golnya. Seperti pada laga menghadapi Atalanta, Krzysztof Piatek sukses menyumbang dua gol dan membawa AC Milan menaklukan tuan rumah Atalanta dengan skor 3-1. Gol-gol yang dicetak Piatek membuat AC Milan semakin percaya diri untuk bisa bersaing di Seri A dan Eropa pada musim depan.

Bertanding di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, kandang Atalanta pada hari Minggu (17/2/2019) pukul 02.33 WIB. dini hari. Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso menurunkan kekuatan penuh dengan formasi 4-3-3. Sementara tuan rumah Atalanta meladeni tim tamu dengan formasi 3-4-1-2. Kedua tim saling jual beli serangan dan tampak berimbang, beberapa peluang terjadi. Diawal-awal laga babak pertama para pemain Atalanta menciptakan beberapa peluang yang membahayakan pertahanan Milan. Namun para pemain Milan membalas dengan serangan-serangan yang merepotkan pertahanan Atalanta. Bahkan pada menit ke-13 AC Milan nyaris saja unggul lebih dulu, setelah diawali umpan silang lambung yang dilepaskan Suso dari sisi kanan ke kotak penalti. Franck Kessie yang berdiri tak terkawal di depan gawang sebelah kiri menyambut datangnya bola dengan sundulan kepala, tapi sangat disayangkan bola tidak terarah dengan sempurna, melenceng beberap centimeter dari gawang sebelah kiri.

Atalanta berhasil mencetak gol lebih dahulu setelah kombinasi serangan di sebelah kanan mengobrak-abrik pertahanan Milan hingga masuk kotak penalti yang diakhiri dengan sebuah umpan datar matang oleh Josip Ilicic pada Remo Fueler yang disambut dengan tendangan keras mendatar ke pojok kiri gawang Milan. Penjaga gawang AC Milan Gianluigi Donnarumma sebenarnya mampu mencegah bola masuk ke gawang, tapi bola tidak sempurna ditangkap sehingga bola liar masuk ke pojok sedikit membentur tiang gawang dan akhirnya masuk ke dalam gawang. Gol tercipta pada menit ke-33 dan membuat Atalanta sementara unggul dengan skor 1-0.

Menjelang akhir babak pertama, sebuah serang balik Milan dari sisi kiri dari sepertiga lapangan Ricardo Rodriguez melepaskan umpan lambung ke titik penalti yang langsung disambut dengan tendangan voli kaki kiri Piatek dengan mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang Atalanta yang tak bisa diselamatkan penjaga gawang dan membuat skor imbang 1-1 yang bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua AC Milan tancap gas semakin meningkatkan intensitas serangan. sepuluh menit setelah kick-off babak kedua akhirnya AC Milan mampu berbalik unggul setelah tendangan keras Hakan Calhanoglu dari luar kotak penalti sebelah kiri, bola menembus gawang sebelah kanan tanpa bisa ditahan pemain belakang dan penjaga gawang Atalanta. Gol tercipta pada menit ke-55 dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan AC Milan. Enam menit berselang AC Milan kembali menjauh tepatnya pada menit ke-61 berawal dari tendangan sudut yang dilakukan Hakan Calhanoglu melengkung tepat ke depan gawang Atalanta, disambut dengan tandukan kepala Krzysztof Piatek yang berhasil memenangkan perebutan bola dengan para pemain dan penjaga gawang Atalanta bola meluncur masuk kedalam gawang, skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan AC Milan dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Dalam pertandingan tersebut sebetulnya tuan rumah Atalanta menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 60% dengan 14 tendangan melebar dan 5 tendangan mengarah ke gawang dan hanya 1 yang berbuah gol. Sedangkan AC Milan kalah dalam penguasaan bola dengan 40%, 7 tendangan melebar dan 3 terarah ke gawang tapi ketiganya berbuah gol. Berkat kemenangan ini, kini AC Milan tetap berada di posisi ke-4 Seria A dengan 42 poin, sedangkan Atalanta berada di posisi ke-7 dengan 38 poin.

Susunan Pemain:

Atalanta: Berisha; Djimsiti, Palomino, Toloi; Castagne, Freuler, De Roon, Hateboer (Gosens 65′); Gomez (Kulusevski 59′); Zapata (Barrow 78′), Ilicic

AC Milan: Donnarumma; Rodriguez, Romagnoli, Musacchio, Calabria; Paqueta (Laxalt 87′), Bakayoko, Kessie; Calhanoglu, Piatek, Suso (Castillejo 77′)